untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Thursday, May 17, 2012
pengaruh penerapan teknologi informasi dan komunikasi (tik) terhadap prestasi belajar siswa | Contoh Skripsi
Penulis : -
Kode :200
Judul : Pengaruh
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Prestasi Belajar
Siswa
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada masa dahulu,
seorang guru dalam proses belajar mengajar lebih mengandalkan
kata-kata (Simbol Verbal). Cara ini dinilai paling efektif pada masa
itu, karena memang belum adanya sarana pendukung yang memungkinkan untuk
digunakan. Contoh Skripsi
Penyakit paling
berkecamuk disekolah ialah verbalisme.
Bahaya verbalisme terdapat dalam tiap situasi belajar. Yakni
apabila anak-anak diberi kata-kata tanpa memahami artinyat.
Dalam proses belajar
mengajar kehadiran media mempunyai arti penting, karena dalam kegiatan
tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat
dibantu dengan menghadirkan media sebagai penunjang. Contoh Skripsi
Media dapat mewakili apa yang kurang mampu
guru ucapkan melalui kata-
kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan
bahan dapat dikonkritkan dengan kehadiran media. Dengan demikian siswa
lebih mudah mencerna bahan daripada tanpa bantuan media2.
Dunia pedidikan
harus memperkenalkan dan memulai pendidikan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) sebagai basis pembelajaran yang lebih mutakhir dan agar tidak tertinggal oleh
zaman. TIK bagi pembelajaran amat penting karena penggunaan TIK merupakan salah
faktor penting yang
memungkinkan kecekatan transformasi ilmu
pengetahuan kepada para peserta didik secara lebih luas. Contoh Skripsi
Kemajuan teknologi
telah menghasilkan sesuatu yang sangat berharga bagi perkembangan
media pengajaran dalam dunia pendidikan yaitu dengan adanya
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam hal ini Komputer dan Internet
sebagai sarana penunjang aktivitas belajar siswa. Media ini tidak lagi hanya
menggunakan media manusia (Instruktur, tutor, guru), media berbasis cetak
(buku,buku latihan,lembaran), media berbasis visual (gmbar transparansi, grafik,
peta), atau media berbasis audio visual (video, film, televisi) untuk menyajikan
materi. Media ini mampu menyimpan informasi atau materi dalam bentuk
digital bukan dalam bentuk cetakan atau visual semata.
=================================== ===========
file full asli dan rapi sesuai dengan aslinya klik ;pemesanan
==============================================
Proses belajar
mengajar pada hakikatnya adalah komunikasi, yaitu penyampaian
informasi dari berbagai sumber melalui metode tertentu ke penerima
informasi. Informasi yang di komunikasikan adalah isi ajaran atau pendidikan
yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain
ataupun penulis buku, salurannya media pendidikan dan penerima pesannya
adalah siswa atau juga guru.
Pada
tingkat pendidikan SMA, Penggunaan Internet hanya sebagai fasilitas
tambahan dan TIK juga belum menjadi kurikulum utama yang diajarkan kepada siswa. Prospek penggunaan TIK di SMA
cukup cerah selain untuk melayani lembaga
pendidikan secara khusus ada pula yang untuk dunia pendidikan
secara umum.
Dalam proses belajar
mengajar, guru memiliki keterbatasn dalam mengajar siswa. Interaksi guru dan siswa
terlalu banyak sehingga menjadikan aktivitas belajar tidak optimal, karena data
dan informasi yang tersampaikan kepada siswa tidak maksimal. Oleh karena itu
dengan adanya komputer terlebih jika di
lengkapi dengan media internet dan LCD projector, siswa akan mampu mengaktifkan
semua indera dan sensifitasnya melalui melihat, mendengar, dan membaca.
Sebagai seorang pendidik, Guru seharusnya
mengenal apa dan bagaimana serta apakah TIK yang cocok untuk mendukung
peningkatan kualitas pendidikan. Sangat
banyak potensi yang dimiliki guru, Guru yang menguasai TIK dalam melakukan
inovasi pembelajaran.
Oleh karena itu, seorang guru dituntut agar mengembangkan
metode pembelajaran dengan memanfaatkan TIK untuk mengakses
sumber-sumber pembelajaran yang tersedia banyak di internet. Penggunaan TIK bagi
dunia pendidikan di Indonesia khususnya di lihat dari dunia pendidikan islam
menghadapi kendala yang cukup berat, karena dalam lingkaran pendidikan islam
terdapat banyak orang yang belum begitu faham tentang fungsi dari teknologi dan
berpikiran bahwa adanya TIK akan membawa dampak negatif masyarakat khususnya
bagi para pelajar. Terdapat jarak yang cukup jauh antara perkembangan IT dengan
pemahaman mereka, sehingga tidak dapat mengikuti atau memanfaatkan TIK dengan
baik.
Pendidikan di SMK
Persatuan 2 juga membutuhkan TIK sebagai sarana program belajar
mengajar. Sekolah SMK merupakan salah satu sekolah kejuruan tetapi
lebih kepada kejuruan untuk siswa putra, pembelajaran yang diberikan di sekolah
ini tidak hanya ilmu pengetahuan umum saja (ilmu yang hanya untuk UNAS),
tetapi juga ilmu pengetahuan khusus (ilmu tentang teknisi-teknisi) meliputi
: listrik, mekanik, mesin dan lain-lain. Oleh karena itu, kehadiran TIK di sekolah
ini sangat membantu siswa dalam pembelajaran,terutama dalam penggunaan TIK disekolah ini sangat kurang dalam
penguasaan komputer yang dipicu dengan kurangnya tenaga pendidik dalam
bidang TIK dan disekolah ini guru tidak menggunakan komputer ketika
pembelajaran berlansung didalam kelas, komputer disekolah ini hanya sebagai
mata pelajaran saja yang dijadwalkan setiap satu minggu sekali selama
dua jam pelajaran, sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa
media. Selain itu, siswa juga kurang menguasai komputer dan internet. ‘
Berawal dari
beberapa masalah diatas, maka peneliti merasa terdorong untuk mengadakan
penelitian tentang "Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas
X Listrik di SMK Persatuan 2 Tulangan-Sidoarjo B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah diatas, maka diperlukan adanya suatu perumusan masalah. Adapun
perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) kelas X Listrik di SMK Persatuan 2 Tulangan-Sidoarjo?
b.
Bagaimana Prestasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama
Islam kelas X Listrik di SMK Persatuan 2 Tulangan-Sidoarjo ?
c. Adakah pengaruh Penerapan TIK terhadap
prestasi belajar siswa dalam PAI kelas X
Listrik di SMK Persatuan 2 Tulangan-Sidoarjo?
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
kita juga punya nih artikel mengenai media informasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
ReplyDeletehttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3359/1/Perancangan%20Media%20Komunikasi.pdf
semoga bermanfaat