SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, May 9, 2012

studi komparasi hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open ended dan pembelajaran konvensional | Contoh Skripsi

Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode     :182
Judul     : Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dan Pembelajaran Konvensional
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah


Mengajar    dan    belajar    merupakan    proses    kegiatan    yang    tidak    dapat
dipisahkan.   Proses   kegiatan   tersebut   dipengaruhi   oleh   faktor-faktor   yang   sangat
menentukan    keberhasilan    belajar    peserta    didik.    Salah    satu    faktornya    adalah
penggunaan keterampilan pengajaran yang tepat oleh seorang guru.Contoh Skripsi
Matematika   merupakan   disiplin   ilmu   yang   mempunyai   sifat   khas   kalau
dibandingkan   dengan   disiplin   ilmu   lain,   Herman   Hudoyo   (1990:1).   Oleh   karena
itu   perlu   adanya   upaya   yang   terus   menerus   dalam   pengembangan   pembelajaran
matematika   di   sekolah.   Apalagi   sudah   menjadi   gejala   umum   bahwasanya   mata
pelajaran  matematika  kurang  disukai  oleh  kebanyakan  siswa.  Menurut  Wahyudin
(1999:253)  matematika  merupakan  mata  pelajaran  yang  sukar  dipahami.  Dengan
demikian    ketidaksenangan    siswa    terhadap    pelajaran    matematika    kemungkinan
disebabkan oleh sukarnya memahami mata pelajaran matematika.Contoh Skripsi 

Pendekatan  pembelajaran  merupakan  salah  satu  factor  yang  penting  dalam
meningkatkan     suatu     hasil     belajar     matematika,     sehingga    diperlukan    adanya
pendekatan-pendekatan   yang   baru   dalam   pelaksanaannya.   Untuk   melaksanakan
pembelajaran   matematika   tersebut,   guru   hendaknya   berupaya   agar   siswa   dapat
memahami  ide-ide  atau  konsep-konsep  abstrak  yang  tersusun  secara  hirarkis  yang
terkandung di dalam matematika itu sendiri.Contoh Skripsi
Pembelajaran     matematika     secara     konvensional     adalah     salah     satu
pembelajaran  yang  dirancang  secara  khusus  untuk  menunjang  proses  belajar  siswa
yang  berkitan  dengan  pengetahuan  prosedural  dan  deklaratif  tersusun  dengan  baik
dan dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap.
Ada   tiga   asumsi   utama   tentang   pengajaran   Matematika   yang   mendasari
pengajaran konvensional:Contoh Skripsi
a.    Hasil   yang   relatif   singkat   diharapkan   dan   siswa   ketimbang   jawaban   -
jawaban    pertanyaan    selama    proses    pengajaran;    pemberian    tugas    /
pekerjaan  rumah  dan  butir-butir  soal  diterima  sebagai  instrumen  penelitian
yang memadai tentang keberhasilan pengajaran.
b.   Pada  umumnya  guru  hanya  dapat  melaksanakan  rencana  dan  rutinitasnya
sambil  memeriksa  apakah  jawaban  siswa  masih  berada  dalam  batas-batas
yang   diharapkan,   serta   melakukan   revisi   pengajaran   bila   jawaban   siswa
melewati batas-batas tersebut.
c.    Tanggung   jawab   untuk   menentukan   tercapai   tidaknya   tingkat   pemahaman
yang memadai sangat bergantung pada guru.
Suatu   kenyataan   bahwa   Pengajaran   langsung   tidak   dapat   memperbaiki
kemampuan    dasar    untuk    pengembangan    siswa    yang    memiliki    keterampilan
kognitif yang lebih tinggi, Doyle, Sanford dan Emme (1983).
Pendekatan  open-ended  adalah  salah  suatu  pendekatan  pembelajaran  yang
memberi  keleluasaan  berpikir  siswa  secara  aktif  dan  kreatif  dalam  menyelesaikan
suatu   permasalahan.   Pernyataan   im   didasan   oleh   pendapat   Heddens   dan   Speer
(1995:30)   yang   menyatakan   bahwa   pendekatan   open-ended   bermanfaat   untuk
meningkatkan cara berpikir siswa.
Menurut   Shimada   (1997:1)   pendekatan   open-ended   adalah   pendekatan
pembelajaran   yang   menyajikan   suatu   permasalahan   yang   memiliki   metode   atau
penyelesaian  yang  benar  lebih  dan  satu.  Pendekatan  open-ended  dapat  memberi
kesempatan       kepada       siswa       untuk       memperoleh       pengetahuan/pengalaman
menemukan, mengenali, dan memecahkan masalah dengan beberapa teknik.
Dalam   pendekatan   open-ended  dapat  dilakukan  dengan  cara  memadukan
pengetahuan,    yang    sedang    dan    telah    dipelajari    siswa.    Dalam    menyelesaikan
masalah,   kebenaran   penyelesaian  tidak   hanya   bergantung   pada   hasil   akhir,   tapi
tergantung pada proses yang dilaluinya dalam menemukan penyelesaian tersebut.
Pendekatan   open-ended   akan   memberikan   kesempatan   lebih   luas   pada
siswa    yang    prestasinya    kurang    untuk    dapat    menyelesaikan    soal-soal   dengan
menggunakan   caranya   sendiri.   Siswa   di   sini   sangat   berperan   aktif   dan   memiliki
kesempatan     lebih     luas     untuk     menerapkan     pengetahuan     dan     kemampuan
matematikanya  secara  lebih  lengkap  dengan  baik.  Siswa  secara  awal  termotivasi
untuk   dapat   memberikan   kebenaran   atas   jawabannya,   kesempatan   siswa   untuk
memperoleh  pengalaman  Iebih  banyak  dalam  upaya  menentukan  cara-cara  efektif
dalam menyelesaikan masalah.
Berdasarkan    permasalahan.    di    atas    maka    peneliti    ingin    menuangkan
masalah   tersebut   kedalam   judul:   "Studi   Komparusi   Hasil   Belajar   Matematika
Antara  Siswa  Yang  Diajar  Dengan  Menggunakan  Pendekatan  Pembelajaran    Open
- Ended Dan Pembelajaran Konvensional"
1. 2 Rumusan Masalah
Dari    uraian    pada    latar    belakang    masalah    di    atas,    maka    peneliti
rnerumuskan beberapa permasalahan sebagai benkut:
1.  Apakah  pembelajaran  yang  menggunakan  pendekatan  open-ended  lebih  efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional mata pelajaran matematika.??

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive