SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, May 9, 2012

pembelajaran kooperatif model nht (numbered heads together) pada pelajaran matematika | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :180
Judul     :  Pembelajaran Kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) pada pelajaran Matematika
kelas 1 SLTP
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah



Pemilihan  metode  pembelajaran  sangat  menentukan  kualitas
pengajaran  dalam  proses  belajar  mengajar.  Menurut  Riris  pujiwati
(2003)  untuk  mencapai  tujuan  pengajaran  diperlukan  penggunaan
metode  pembelajaran  yang  optimal.  Hal  ini  berarti  bahwa  untuk
mencapai   kualitas   pengajaran   yang   tinggi   setiap   mata   pelajaran
khususnya     matematika     harus     diorganisasi     dengan     strategi
pengorganisasian  yang  tepat  dan  selanjutnya  disampaikan  kepada
siswa dengan strategi yang tepat pula. Peningkatan kualitas ini sejalan
dengan dasar-dasar teori belajar yang lain (Ruseffendi,1990:18).Contoh Skripsi
Model   pembelajaran   merupakan   salah   satu   penyebab   yang
dapat  mempengaruhi  motivasi  dan  prestasi  belajar  siswa.  Selama  ini
pembelajaran  yang  dilakukan  disekolah  lebih  bersifat  konvensional.
Maksudnya murid hanya mendengarkan apa saja yang dijelaskan oleh
guru. Dalam pembelajaran konvensional biasanya peranan guru sangat
dominan    sedangkan    siswa    biasanya    bersifat    pasif    dan    hanya
menerima.     Penggunaan     model     pembelajaran     tersebut     dapat
mengakibatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran menurun atau
keaktifan  siswa  rendah.  Dalam  hal  ini  siswa  tidak  berperan  sebagai
subyek belajar yang aktif dan kreatif melainkan obyek pembelajaran.
Tanggung   jawab   siswa   dalam   hal   kemampuan   mengembangkan,
menemukan,    menyelidiki,    dan    mengungkapkan    pengetahuannya
menjadi berkurang.Contoh Skripsi

Berangkat   dari   kurang   tepatnya   pembelajaran   konvensional
seperti  diatas,  banyak  penelitian-penelitian  dilancarkan  dan  sampai
pada  kesimpulan  bahwa  pembelajaran  konvensional  dengan  metode
ceramah kurang tepat dengan karakteristik mata pelajaran matematika
dan peningkatan prestasi belajar. Salah satu pembelajaran yang tepat
dan   sesuai   dengan   karakteristik   mata   pelajaran   matematika   dan
peningkatan  prestasi  belajar  adalah  pembelajaran  kooperatif,  karena
pada pelajaran matematika memuat hal-hal yang hanya bukan sekedar
mendengar,   menghafal   atau   mengingat   rumus-rumus   tetapi   harus
menguasi   konsep   yang   diterima,   dengan   metode   pembelajaran
kooperatif ini siswa dapat belajar bekerjasama untuk mencapai tujuan
pribadi     anggota     kelompok     harus     membantu     teman     dalam
kelompoknya dengan cara melakukan apa saja yang dapat membantu
kelompok itu berhasil dan yang lebih penting mendorong  teman  dan
kelompoknya  untuk  melakukan  upaya  maksimum  sehingga  siswa
lebih  berani  mengungkapkan  pendapat  dan  bertanya  satu  sama  lain
serta rasa takut pada diri siswa akan teratasi.
Arends   (Ibrahim   2000:29)   membagi   model   pembelajaran
kooperatif    menjadi    empat    pendekatan    yaitu:    STAD,    Jigsaw,
Investigasi   Kelompok   (IK),   dan   Pendekatan   Struktural.   Dalam
penelitian  ini  penulis  hanya  membahas  pendekatan  struktural  model
NHT  (Numbered  Heads  Together).  Dengan  pendekatan  ini,  siswa
diharapkan   dapat   saling   berinterkasi   dan   bekerja   sama   dalam
kelompok  sehingga  dapat  memecahkan  permasalahannya,  sedangkan
guru    sebagai    pembimbing    atau    memberikan    petunjuk    cara
memecahkan permasalahan.
Kagan  (dalam  Riris  Pujiwati,  2003;3)  menyimpulkan  bahwa
belajar   secara   kooperatif   akan   mendorong   prestasi   belajar   dan
pembelajaran   ketrampilan   siswa   untuk   semua   tingkat   usia.   Serta
memberikan  dampak  positif  pada  penghargaan  individu,  motivasi
yang  tinggi  dan  sikap  yang  lebih  positif  terhadap  pelajaran.  Oleh
karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian lebih
lanjut    mengenai    pembealjaran    kooperatif    dengan    model    NHT
(Numbered Heads Together).
Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  dikemukakan  diatas,
penulis  memberiakan  judul  penelitian  ini  "Pembelajaran  Kooperatif
model NHT (Numbered Heads Together) pada pelajaran Matematika
kelas 1 SLTP ".

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan   masalah   latar   belakang   diatas,    maka   dapat
dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.  Bagaimana   keefektifan   pembelajaran   kooperatif   dengan   model
NHT    (Numbered    Heads    Together)    pada    mata    pelajaran
matematika?
2.  Hambatan-hambatan  apa  saja  yang  terjadi  dalam  pembelajaran
kooperatif model NHT?

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive