-------------------------------------------------
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Thursday, May 17, 2012
pengaruh keaktifan guru pendidikan agama islam (pai) terhadap motivasi belajar siswa korban lumpur lapindo | Contoh Skripsi
Penulis : -
Kode :189
Judul : PENGARUH KEAKTIFAN GURU PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN LUMPUR LAPINDO
DI SDN KEDUNG BENDO, SIDOARJO
-------------------------------------------------
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kurang lebih
sekitar empat tahun
lumpur panas Lapindo
telah memporak porandakan segala segi kehidupan di
lingkungan masyarakat Sidoarjo, Khususnya
masyarakat di wilayah kecamatan Porong dan sekitarnya. Di wilayah Porong dan sekitarnya
yang banyak terdapat
pabrik-pabrik yang sangat berpotensi
bagi penopang perekonomian di daerah Porong dan sekitarnya. Hal itu menyebabkan terjadinya perubahan sosial yang berpola,
yakni perubahannya berlangsung memang direncanakan
dan diprogramkan1. Segala
jenis usaha banyak sekali yang tumbuh subur seiring dengan
peningkatan perekonomian masyarakat.
Usaha industri rumahan yang memproduksi berbagai macam tas adalah
komoditi yang banyak
digeluti oleh masyarakat
sekitar, khususnya masyarakat Porong dan sekitarnya. Contoh Skripsi
Sebagian
besar masyarakat banyak
yang menggunakan sebagian waktunya untuk bekerja di
industri rumahan tersebut, tidak terkecuali bagi para siswa yang berdomisili di
sekitar Porong dan sekitarnya. Mereka bekerja paruh waktu setelah pulang dari sekolah, sehingga mereka bisa membiayai sekolah
mereka sendiri. Namun
empat tahun terakhir seolah-olah menjadi mimpi buruk yang harus
dihadapi oleh mereka, segala aktivitas yang mereka lakukan saat itu harus mereka tinggalkan seiring dengan lumpur panas yang
menerjang desa mereka. Semua sendi
kehidupan mereka carut-marut tak terkecuali segi pendidikan di SDN Kedung Bendo yang berada di kecamatan
Tanggulangin dan berbatasan langsung
dengan kecamatan Porong juga terimbas oleh bencana tersebut.
=================================== ===========
file full asli dan rapi sesuai dengan aslinya klik ;pemesanan
==============================================
Keberhasilan studi siswa dipengaruhi oleh
banyak faktor yang berasal dari dalam dan luar
siswa. Faktor luar misalnya fasilitas belajar, cara mengajar guru, sistem
pemberian umpan balik, dan sebagainya. Faktor-faktor dari dalam siswa
mencakup kecerdasan, strategi belajar, motivasi, dan sebagainya2.
Namun terjadinya luapan lumpur panas inilah
yang membuat studi siswa di SDN Kedung Bendo
menjadi berantakan. Contoh Skripsi
Di sektor
pendidikan, Badan Perencanaan
Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat
setidaknya ada 28 sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 33 sekolah
non TK, dan dua pondok pesantren rusak akibat lumpur dan hingga saat ini
tidak mendapatkan penanganan
serius. Sebagian sekolah
ini tutup dan sebagian
masih aktif dengan nebeng ke gedung sekolah lain.
Kalau
dicari contoh sekolah
yang nebeng ini bisa banyak sekali, contohnya:
TK Ma’arif Jatirejo, Sekolah DaBanyak siswa dan siswi di sekolah SDN Kedung Bendo
menjadi tidak teratur dalam sekolah maupun dalam belajar. Karena diantara syarat
untuk dapat belajar dengan sebaik-baiknya ialah
tersedianya tempat belajar
yang baik.4 Maka dari itu perlu adanya strategi pembelajaran
yang baik, terlebih bagi guru Pendidikan
Agama Islam (PAI) yang banyak mengajarkan tentang pembentukan sifat dan prilaku dalam kehidupan sehari-hari untuk
membuat motivasi belajar siswa
dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran5.
Banyak diantara mereka yang hidup di pengungsian pasar Porong dan sebagian besar lagi harus
terpaksa tinggal di
tenda-tenda darurat yang didirikan
secara swadaya oleh orang tua mereka. Hal ini menyebabkan semangat sekolah dan
belajar mereka berkurang bahkan tidak ada sama sekali, dikarenakan oleh
pikiran mereka yang
rumit dalam memikirkan
kehidupan mereka selanjutnya. Sekolah-sekolah lain yang terendam
lumpur Lapindo nasibnya lebih buruk
lagi. SD Kedung Bendo , misalnya, sejak Januari 2007 nebeng di SDN I Ketapang. Menurut data yang didapat jumlah siswa
di SDN Kedung Bendo turun drastis dari
571 siswa menjadi 87 siswa, bahkan, Kelas 1 dan Kelas 2 sekarang tidak ada siswanya.Kelas 3 ada 28 orang, kelas 4
ada 20 karena ikut orangtuanya yang
mengungsi kelas 5 ada 18 orang dan kelas 6 ada 21 orang. Yang lebih memilukan
pada keadaan data siswa pada tahun ajaran 2010/2011 jumlah siswa sar Negeri II Jatirejo, MI Ma’arif Jatirejo, SDN
Kedung Bendo.3
Contoh Skripsiterakhir
yang diperoleh, hanya tinggal kelas 5 dengan jumlah siswa 9 siswa dan kelas 6 dengan jumlah siswa 4 siswa dengan jumlah
keseluruhan 13 orang siswa. Menyingkapi hal tersebut perlu adanya suatu
pengaruh keaktifan guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) yang maksimal sehingga dapat memotivasi belajar siswa
sebagai pembentuk karakter
sifat dan akhlakul
karimah di pendidikan tingkat
dasar, sehingga dapat
mengarahkan potensi, baik
dasar (fitrah) maupun ajar yang sesuai dengan fitrahnya melalui proses
intelektual dan spiritual berdasarkan nilai
Islam untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat dan juga
dapat membentuk proses atau jalannya berfikir yang mencakup tiga langkah, yaitu: (1) pembentukan pengertian,
(2) pembentukan pendapat, dan (3)
penarikan kesimpulan6 supaya para siswa dapat kembali bersemangat
dalam bersekolah dan belajar untuk menyongsong masa depan mereka yang lebih
baik. Sebab
tujuan dari motivasi
adalah untuk menggerakkan
atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya
untuk melakukan sesuatu sehingga dapat
memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu7, maka dari itu diperlukan
pengeruh keaktifan guru
Pendidikan Agama Islam (PAI)
yang semaksimal mungkin dalam
peningkatan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan
pada uraian di atas maka peneliti hendak melakukan penelitian dengan judul PENGARUH KEAKTIFAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN LUMPUR LAPINDO DI SDN KEDUNG BENDO,
SIDOARJO
B. Rumusan Masalah
Rumusan Masalah ditampilkan sebagai upaya lebih
terarahnya proses penelitian, juga sebagai bahan acuan dalam pembatasan skripsi
dengan judul “ pengaruh keaktifan
guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) terhadap motivasi belajar siswa korban lumpur Lapindo di SDN Kedung Bendo, Sidoarjo.“
Berdasarkan variabel-variabel dan
hubungannya, dapat disusun rumusan
masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
di SDN Kedung Bendo ?
2. Bagaimana motivasi belajar siswa di SDN
Kedung Bendo ?
3. Adakah pengaruh keaktifan guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) terhadap motivasi belajar siswa di SDN Kedung Bendo di
tengah-tengah ancamam bahaya lumpur Lapindo ?
4. Sejauh
mana keaktifan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap motivasi belajar siswa di
SDN Kedung Bendo di tengah-tengah
ancaman bahaya lumpur Lapindo ?
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
No comments:
Post a Comment