SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Thursday, May 17, 2012

pengaruh keaktifan guru pendidikan agama islam (pai) terhadap motivasi belajar siswa korban lumpur lapindo | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :189
Judul     : PENGARUH KEAKTIFAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN LUMPUR LAPINDO DI SDN KEDUNG BENDO, SIDOARJO
  -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah


Kurang  lebih  sekitar  empat  tahun  lumpur  panas  Lapindo  telah memporak porandakan segala segi kehidupan di lingkungan masyarakat Sidoarjo, Khususnya masyarakat di wilayah kecamatan Porong dan sekitarnya. Di wilayah Porong  dan  sekitarnya  yang  banyak  terdapat  pabrik-pabrik  yang  sangat berpotensi bagi penopang perekonomian di daerah Porong dan sekitarnya. Hal itu menyebabkan terjadinya perubahan sosial yang berpola, yakni perubahannya berlangsung  memang  direncanakan  dan  diprogramkan1.  Segala  jenis  usaha banyak sekali yang tumbuh subur seiring dengan peningkatan perekonomian masyarakat. Usaha industri rumahan yang memproduksi berbagai macam tas adalah  komoditi  yang  banyak  digeluti  oleh  masyarakat  sekitar,  khususnya masyarakat Porong dan sekitarnya.Contoh Skripsi


Sebagian  besar  masyarakat  banyak  yang  menggunakan  sebagian waktunya untuk bekerja di industri rumahan tersebut, tidak terkecuali bagi para siswa yang berdomisili di sekitar Porong dan sekitarnya. Mereka bekerja paruh waktu setelah pulang dari sekolah, sehingga mereka bisa membiayai sekolah mereka sendiri. Namun empat tahun terakhir seolah-olah menjadi mimpi buruk yang harus dihadapi oleh mereka, segala aktivitas yang mereka lakukan saat itu harus mereka tinggalkan seiring dengan lumpur panas yang menerjang desa mereka. Semua sendi kehidupan mereka carut-marut tak terkecuali segi pendidikan di SDN Kedung Bendo yang berada di kecamatan Tanggulangin dan berbatasan langsung dengan kecamatan Porong juga terimbas oleh bencana tersebut.
=================================== ===========
file full asli dan rapi sesuai dengan aslinya klik ;pemesanan
==============================================

Keberhasilan studi siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang berasal dari dalam dan luar siswa. Faktor luar misalnya fasilitas belajar, cara mengajar guru, sistem pemberian umpan balik, dan sebagainya. Faktor-faktor dari dalam siswa mencakup kecerdasan, strategi belajar, motivasi, dan sebagainya2. Namun terjadinya luapan lumpur panas inilah yang membuat studi siswa di SDN Kedung Bendo menjadi berantakan.Contoh Skripsi
Di sektor  pendidikan,  Badan  Perencanaan  Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat setidaknya ada 28 sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 33 sekolah non TK, dan dua pondok pesantren rusak akibat lumpur dan hingga saat ini  tidak  mendapatkan  penanganan  serius.  Sebagian  sekolah  ini  tutup  dan sebagian masih aktif dengan nebeng ke gedung sekolah lain.
Kalau dicari  contoh  sekolah  yang nebeng ini bisa banyak sekali, contohnya: TK Ma’arif Jatirejo, Sekolah DaBanyak siswa dan siswi di sekolah SDN Kedung Bendo menjadi tidak teratur dalam sekolah maupun dalam belajar. Karena diantara syarat untuk dapat belajar  dengan  sebaik-baiknya  ialah  tersedianya  tempat  belajar  yang  baik.4 Maka dari itu perlu adanya strategi pembelajaran yang baik, terlebih bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang banyak mengajarkan tentang pembentukan sifat dan prilaku dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat motivasi belajar siswa dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran5. Banyak diantara mereka yang hidup di pengungsian pasar Porong dan sebagian besar lagi  harus  terpaksa  tinggal  di  tenda-tenda  darurat  yang didirikan secara swadaya oleh orang tua mereka. Hal ini menyebabkan semangat sekolah dan belajar mereka berkurang bahkan tidak ada sama sekali, dikarenakan oleh  pikiran  mereka  yang  rumit  dalam  memikirkan  kehidupan  mereka selanjutnya. Sekolah-sekolah lain yang terendam lumpur Lapindo nasibnya lebih buruk lagi. SD Kedung Bendo , misalnya, sejak Januari 2007 nebeng di SDN I Ketapang. Menurut data yang didapat jumlah siswa di SDN Kedung Bendo turun drastis dari 571 siswa menjadi 87 siswa, bahkan, Kelas 1 dan Kelas 2 sekarang tidak ada siswanya.Kelas 3 ada 28 orang, kelas 4 ada 20 karena ikut orangtuanya yang mengungsi kelas 5 ada 18 orang dan kelas 6 ada 21 orang. Yang lebih memilukan pada keadaan data siswa pada tahun ajaran 2010/2011 jumlah siswa  sar Negeri II Jatirejo, MI Ma’arif Jatirejo, SDN  Kedung Bendo.3
Contoh Skripsiterakhir yang diperoleh, hanya tinggal kelas 5 dengan jumlah siswa 9 siswa dan kelas 6 dengan jumlah siswa 4 siswa dengan jumlah keseluruhan 13 orang siswa. Menyingkapi hal tersebut perlu adanya suatu pengaruh keaktifan guru Pendidikan  Agama Islam  (PAI) yang maksimal sehingga dapat memotivasi belajar  siswa  sebagai  pembentuk  karakter  sifat  dan  akhlakul  karimah  di pendidikan  tingkat  dasar,  sehingga  dapat  mengarahkan  potensi,  baik  dasar (fitrah) maupun ajar yang sesuai dengan fitrahnya melalui proses intelektual dan spiritual berdasarkan nilai Islam untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat dan juga dapat membentuk proses atau jalannya berfikir yang mencakup tiga langkah, yaitu: (1) pembentukan pengertian, (2) pembentukan pendapat, dan (3) penarikan kesimpulan6 supaya para siswa dapat kembali bersemangat dalam bersekolah dan belajar untuk menyongsong masa depan mereka yang lebih baik. Sebab  tujuan  dari  motivasi  adalah  untuk  menggerakkan  atau  menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu7, maka dari itu diperlukan  pengeruh  keaktifan  guru  Pendidikan  Agama  Islam (PAI)  yang semaksimal mungkin dalam peningkatan motivasi belajar siswa. 
Berdasarkan pada uraian di atas maka peneliti hendak melakukan penelitian dengan judul PENGARUH KEAKTIFAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN LUMPUR LAPINDO DI SDN KEDUNG BENDO, SIDOARJO


B.  Rumusan Masalah
Rumusan Masalah ditampilkan sebagai upaya lebih terarahnya proses penelitian, juga sebagai bahan acuan dalam pembatasan skripsi dengan judul pengaruh keaktifan  guru  Pendidikan  Agama  Islam  (PAI) terhadap  motivasi belajar siswa korban lumpur Lapindo di SDN Kedung Bendo, Sidoarjo.“
Berdasarkan  variabel-variabel  dan  hubungannya,  dapat  disusun rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kedung Bendo ?
2. Bagaimana motivasi belajar siswa di SDN Kedung Bendo ?
3. Adakah pengaruh keaktifan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap      motivasi belajar siswa di SDN Kedung Bendo di tengah-tengah ancamam      bahaya lumpur Lapindo ?
4. Sejauh mana keaktifan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap motivasi belajar  siswa  di  SDN  Kedung Bendo di tengah-tengah ancaman bahaya lumpur Lapindo ?


DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah





No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive