SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, May 9, 2012

penerapan model pembelajaran matematika berbasis portofolio (portofolio based learning) | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :178
Judul     :  Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (Portofolio Based Learning) di SMP Negeri 13 Malang pada Materi Bilangan Bulat
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah



1.1    Latar Belakang Masalah
Salah  satu  proses  pembelajaran  yang  mengedepankan
daya nalar dari peserta didik adalah matematika. Matematika
merupakan disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh berbagai ilmu
pengetahuan  lainnya,  karena  matematika  adalah  suatu  cara
berfikir  yang  jelas  dan  tepat  sebagai  sarana  pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika merupakan alat
yang  efisien  untuk  membantu  ilmu  pengetahuan  (Sudjono
dalam  Hidayat,  2002:1).  Sebagai  sebuah  materi  pelajaran,
matematika  memiliki  karakteristik,  yaitu  mempunyai  objek
yang bersifat abstrak. Sehingga sifat matematika yang abstrak
ini  menyebabkan  banyak  siswa  mengalami  kesulitan  dalam
memahami matematika.Contoh Skripsi

Seperti       yang       dilaporkan       Third       International
Mathematics   and   Science   Study   (TIMSS)   dalam   Suharta
(2002:1)  bahwa  rata-rata  skor  matematika  di  Indonesia  jauh
di  bawah  rata-rata  skor  matematika  siswa  internasional  yang
berada  pada  ranking  34  dari  38  negara.  Rendahnya  prestasi
matematika    siswa    disebabkan    oleh    faktor    siswa    yang
memahami   matematika   secara   komprehensif   atau   parsial.
Selain    itu,    belajar    matematika    siswa    belum    bermakna,
sehingga  pemahaman  siswa  tentang  konsep  sangat  lemah.
Oleh   karena   itu,   proses   pembelajaran   matematika   yang
diterapkan harus sesuai dengan kondisi siswa.Contoh Skripsi
Pernyataan     di     atas     memberikan     makna     bahwa
pembelajaran  adalah  kegiatan  aktif  siswa  dalam  membangun
makna  dan  pemahaman  (Rohman,  2002:1).  Salah  satu  faktor
yang   penting   dalam   mencapai   tujuan   pendidikan   adalah
proses    pembelajaran.    Selama    ini    model    pembelajaran
matematika    di    sekolah    masih    bersifat    klasikal,    dalam
pelaksanaan  pembelajaran  matematika  di  lapangan  misalnya
sekolah jarang sekali menggunakan alat peraga dan terkadang
seorang    guru    hanya    menggambar    dan    mengajak    siswa
berangan-angan tentang bentuk benda yang tidak ditunjukkan
wujud   nyatanya,   sehingga   dalam   pembelajaran   ini   siswa
harus belajar secara abstrak.Contoh Skripsi
Selain   model   pembelajaran   di   atas,   kita   juga   masih
menemukan  berbagai  model  pembelajaran  matematika  yang
bernuansa   tradisional,   misalnya   siswa   dituntut   menghafal
rumus-rumus yang diajarkan. Model pembelajaran seperti ini
sangat  menjenuhkan  dan  membosankan  bagi  siswa.  Karena
guru  dalam  pembelajarannya  di  kelas  tidak mengkolaborasikan  skema  yang  telah  dimiliki  oleh  siswa dengan   teori   yang   ada   dan   siswa   kurang   diberikan kesempatan  untuk  menemukan  kembali  dan  mengkonstruksi
sendiri  ide-ide  matematika.  Mengkolaborasikan  pengalaman
kehidupan  nyata  anak  dengan  ide-ide  matematika  dalam
pembelajaran  di  kelas  penting  dilakukan  agar  pembelajaran
bermakna.Contoh Skripsi
Melihat  kondisi  ini,  menurut  Zulkardi  (2000:  1)  perlu
diangkat   isue   reformasi   pembelajaran   matematika   yang
menekankan   pada,   pertama,   mereformasi   pembelajaran
dengan  menjabarkan  konsep  matematika  secara  cermat,
kedua,  melakukan  perubahan  pembelajaran  dengan  cara
mempengaruhi  siswa  supaya  terjadi  diskusi;  menemukan
tujuan  pembelajaran,  mencari  penyelesaian,  dan  menemukan
bagian dari teknologi informasi dengan mencari bahan diskusi
bagi  siswa  di  kelas  dalam  upaya  memperdalam  materi
pelajaran.Contoh Skripsi
Dari  sinilah  Model  Pembelajaran  Berbasis  Portofolio
berperan  dengan  menawarkan  suatu  konsep  pembelajaran
yang  menyenangkan  bagi  siswa.  Oleh  karena  itu,  dapat
disimpulkan bahwa karakteristik utama pendekatan ini terdiri
dari (1) menekankan pada prinsip belajar siswa aktif (student
active learning), (2) kelompok belajar kooperatif (cooperative
learning),   (3)   pembelajaran   partisipatorik   (partisipatorik
learning),  (4)  mengajar  yang  reaktif  (reactive  teaching).
(Budimansyah, 2002:8).
Konsep  pendekatan  portofolio  di  atas  akan  sangat
berpengaruh jika diterapkan di Sekolah pada jenjang Sekolah
Menengah  Pertama  (SMP)  yang  secara  psikologis  peserta
didik  berada  pada  usia  12-14  tahun.  Pada  umur  ini  peserta
didik  berada  pada  masa  kritis  pertama  atau  biasa  disebut
periode  pubertas.  Periode  ini  merupakan  masa  transisi  awal
terpenting  dalam  kehidupan  manusia,  rata-rata  mereka  mulai
belajar   secara   berkelompok-kelompok   ketimbang   harus
menyelesaikan  permasalahan  sendiri,  sebab  proses  adaptasi

teori   baru,   ketiga,   menuju   perkembangan   pembelajaran
berbasis  jaringan.  Artinya  siswa  diajak  untuk  memanfaatkan
segala  macam  media  yang  ada  untuk  digunakan  dalam
pembelajaran,   termasuk   pemanfaatan   komputer   sebagai
dengan  lingkungan  sosial  di  sekitarnya  telah  mulai  nampak
(Saiful, 2002: 106-113).Contoh Skripsi
Berdasarkan uraian di atas dan melihat kenyataan yang
terjadi,  maka  penulis  mengambil  judul  "Penerapan  Model
Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (Portofolio
Based  Learning)  di  SMP  Negeri  13  Malang  pada  Materi
Bilangan Bulat".

.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.   Bagaimanakah  penerapan  model  pembelajaran
matematika berbasis portofolio?
2.   Bagaimanakah    persepsi    siswa    terhadap    model
pembelajaran matematika berbasis portofolio?
3.   Bagaimanakah  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  setelah
digunakannya  model  pembelajaran  matematika  berbasis
portofolio?

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah



No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive