SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Saturday, June 4, 2011

SISTEM PENDIDIKAN PONDOK


kode: 003
judul : PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK MODER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SANTRI
=========================================================
 PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK MODERN
DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SANTRI
 SKRIPSI

 Oleh
Fitri Rahmawati
02110051
 
ABSTRAK

Fitri Rahmawati, Pengembangan Sistem Pendidikan Pondok Modern Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri (Studi Kasus di Pondok Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang), Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Drs. H.M. Irfan. SH. M.Pd.
           
Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan, diakui mempunyai andil yang cukup besar di dalam membesarkan dan mengembangkan dunia pendidikan. Pondok pesantren juga dipercaya dapat menjadi alternatif bagi pemecahan berbagai masalah pendidikan yang terjadi pada saat ini. Pondok pesantren yang ada sekarang pada umumnya telah mengalami perubahan dari dampak modernisasi. Dengan semakin beranekaragam sumber-sumber belajar baru, dan semakin tingginya dinamika komunikasi antara sistem pendidikan pondok pesantren dan sistem yang lain, maka santri dapat belajar dari banyak sumber. 
Salah satu bentuk perubahan pengelolaan pondok pesantren adalah munculnya pondok pesantren modern, yang menggabungkan antara unsur-unsur pendidikan Islam tradisional yang identik dengan kitab-kitab klasik dengan pendidikan Islam modern yang menggunakan sistem dan metode yang modern. Salah satu pondok pesantren yang menggunakan sistem pendidikan pondok modern adalah PM Al-Rifa’ie yang terletak di Gondanglegi Malang. Dari sinilah penulis ingin mengadakan penelitian di PM Al-Rifa’ie dengan judul Pengembangan Sistem Pendidikan Pondok Modern Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sistem pendidikannya, untuk mengetahui kendala yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme santri, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PM Al-Rifa’ie dalam meningkatkan profesionalisme santri
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat sebenarnya. 
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasanya strategi pengembangan sistem pendidikan yang dilakukan PM Al-Rifa’ie dalam meningkatkan profesionalisme santri adalah: melalui program pendidikannya yang terdiri dari pendidikan formal dan pendidikan agama, sistem organisasi yang teratur di pondok modern Al-Rifa’ie, perekrutan karyawan, program pengembangan kurikulum. Sedangkan faktor kendalanya adalah faktor tenaga pengajar, faktor santri/siswi, faktor wali santri/siswi, faktor organisasi, dan faktor lingkungan. Dan upaya yang dilakukan oleh PM Al-Rifa’ie dalam meningkatkan profesionalisme santri adalah: menyediakan fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya  yang mendukung  secara memadai, memberikan pembekalan life skill melalui kegiatan ekstrakurikuler, mengadakan diklat dan pelatihan ataupun seminar bagi semua guru baik guru formal, guru diniyah maupun  guru murottil qur’an, dan  pelatihan, diklat dan seminar bagi para santri.
Adapun saran yang penulis berikan untuk PM Al-Rifa’ie adalah: hendaknya memperhatikan masukan-masukan gagasan dari berbagai pihak. Keterbukaan pondok ini akan mengantarkan lembaga ini mampu berdialog dengan realitas kultural dan sosial dengan gaya yang makin luas. Upaya-upaya menyelami pembaharuan tidak lagi diukur dari norma-norma fiqhiyah yang kaku, tetapi mulai dilihat dari konteks budaya yang berkembang di sekitarnya. Harus sering melakukan studi banding atau karya wisata untuk dapat melakukan perbandingan dengan pondok pesantren yang lain sehingga dapat meniru yang lebih baik tanpa menghilangkan yang sudah ada yang baik. Meskipun berbasis pondok pesantren yang materi agamanya lebih banyak namun dalam kenyataannya pendidikan di PM Al-Rifa’ie hanya menekankan pada segi kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik dan mengenyampingkan pendidikan afektif. Maka PM Al-Rifa’ie harus mulai menekankan pendidikan afektif ini. Sebab pendidikan afektif sangat sulit dibanding dengan kedua pendidikan lainnya. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
Kata Kunci     : Pondok Modern, Profesionalisme Santri
            hubungi kami [[klik]]

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive