SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Tuesday, June 7, 2011

contoh skripsi


Kode     : 011
Judul     : Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Malang I.
=====================================

BAB I 
PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
            Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Prilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap guru baik secara individu maupun sebagai kelompok (Mulyasa, 2003: 107).    
Kepala sekolah sebagai pimpinan di lingkungan sekolah tidak hanya wajib melaksanakan tugas administratif. Namun juga menyangkut tugas bagaimana mengatur seluruh program sekolah. Dia harus mampu memimpin dan mengarahkan aspek-aspek baik administratif maupun proses kependidikan di sekolahnya. Sehingga kepemimpinan di sekolah harus digerakkan sedemikian rupa sehingga pengaruh prilakunya sebagai orang yang memegang kunci dalam perbaikan administratif dan pengajaran harus mampu menggerakkan kegiatan-kegiatan dalam rangka inovasi di bidang pengajaran.
            Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah dapat mewujudkan misi dan visi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Maka dari itu kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
            Untuk kepentingan itu kepala sekolah harus mampu memobilisasikan sumber daya sekolah dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program sekolah. Pengembangan kurikulum pembelajaran, sarana dan sumber belajar, hubungan sekolah dan masyarakat dan pencipta iklim sekolah.
            Pidarta (1985) mengemukakan ada tiga macam ketrampilan yang harus dimiliki kepala sekolah untuk menyukseskan kepemimpinannya. Ketiga ketrampilan tersebut adalah ketrampilan konseptual yaitu ketrampilan untuk memahami dan mengoprasikan organisasi, ketrampilan manusia yaitu ketrampilan untuk bekerja sama, memotivasi dan memimpin serta ketrampilan teknik yaitu ketrampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik serta untuk menyelesaikan tugas tentang masalah tersebut. Untuk itu kepala sekolah memiliki kemampuan terutama ketrampilan konsep, kepala sekolah diharapkan melakukan kegiatan-kegiatan:                 
1.      Senantiasa belajar dari pekerjaan sehari-hari terutama dari kerja para guru dan pegawai
2.      Melakukan observasi kegiatan manajemen secara terencana.
3.      Membaca berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan.
4.      Berfikir untuk masa yang akan datang.
5.      Merumuskan ide-ide yang dapat diuji coba. Selain itu kepala sekolah harus dapat menerapakan gaya kepemimpinan yang efektif sesuai dengan situasi dan kebutuhan serta motivasi para guru dan pekerja lainnya (Mulyasa, 2003: 127)
Melalui kerja sama orang tua, guru dan masyarakat sekitar sekolah, kepala sekolah mengatur keuangan untuk program pengembangan sekolah. Dia membuat sistem manajemen  sekolah setransparan mungkin agar dapat memperoleh kepercayaan dari orang tua. Kemudian kepala sekolah giat meningkatkan hubungan antara orang tua, guru dan siswa. Di dalam program pengembangan, kepala sekolah melaksanakan ekstrakurikuler sebanyak mungkin dapat memenuhi kebutuhan siswa dan masyarakat.
Kepala sekolah memperkenalkan gaya baru manajemen sosial pada orang tua dan guru. Ia membentuk panitia yang melibatkan semua pemegang peranan dalam proses pengembangan sekolah. Kepala sekolah juga menerapkan manajemen top down pada tingkat sekolah. Ia mendelegasikan tanggung jawab pada empat wakil kepala sekolah dan juga pada para guru. Para guru dan staf mempunyai hak dan tanggung jawab untuk menyampaikan berbagai pendapat yang membawa hasil yang baik pada peningkatan lingkungan sekolah.
Dari semua itu sekolah telah mengalami perkembangan dalam beberapa hal. Siswa menjadi lebih aktif di kelas, kehadiran guru lebih meningkat, kesejahteraan guru dan staf dan kondisi kerja mereka juga lebih meningkat. Kepala sekolah menambahkan rumusannya untuk seluruh peningkatan sekolah yang didapatkan dari hasil pelatihan kepala sekolah yang pernah ia ikuti.   
Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan MBS adalah segala upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Sehubungan dengan itu, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam MBS dapat dilihat berdasarkan kriteria sebagai berikut:1. mampu memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar dan produktif, 2. dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, 3. berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.             
Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil judul tentang : Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Malang I.

 

B. Rumusan Masalah

            Berpijak pada latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan penulis bahas dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTsN Malang I.
2.      Bagaimana Usaha-usaha Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di MTsN Malang I.

===================================  
Silahkan download, file aslinya setelah menghubungi admin…..
klik disini  Hanya mengganti pengetikan,  50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive