SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Thursday, June 30, 2011

pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa

Penulis : -
Kode : 042
Judul : pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa di SMPN 1 Ngoro Mojokerto.
-------------------------------------------------

Kata kunci : pengelolaan kelas, kemampuan belajar

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Untuk itu guru seyogyanya memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi belajar mengajar yang baik. Salah satu kemampuan yang sangat penting adalah kemampuan dalam mengelola kelas.
Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Keberhasilan pengajaran, dalam arti tercapainya tujuan-tujuan intruksional sangat bergantung pada kemampuan mengelola kelas. Kelas yang baik dapat menciptakan situasi yang memungkinkan siswa belajar sehingga merupakan titik awal keberhasilan pengajaran (Semiawan dkk, 1992: 63).
Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Mereka memerlukan bimbingan dan bantuan untuk mamahami bahan pengajaran dalam berbagai kegiatan belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengorganisasian atau pengelolaan kelas yang memadai. Pengorganisasian kelas adalah suatu rentetan kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi yang efektif, yang meliputi: tujuan pengajaran, pengaturan penggunaan waktu yang tersedia, pengaturan ruangan dan perabotan pelajaran, serta pengelompokan siswa dalam belajar (Semiawan dkk, 1992: 64).
Pengorganisasian kelas yang berhubungan dengan siswa, berkaitan dengan minat, kecakapan, kehendak dan kegiatan mereka. Suatu kondisi belajar yang optimal dicapai apabila guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikan dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran. Kadang-kadang pengaturan yang dimaksud bersifat lebih langsung berkenaan dengan menyampaikan pesan pengajaran. Agar pesan pengajaran dapat diterima oleh subyek belajar dengan baik, perlu adanya suatu kondisi yang memungkinkan untuk itu (Suparno dkk, 1987:74).
Apabila pengaturan kondisi belajar maksimal dengan sendirinya, besar kemungkinan proses pembelajaran akan berlangsung secara maksimal pula. Sebaliknya, apabila terdapat kekurangan antara tugas dan sarana atau alat, atau terputusnya antara satu keinginan dengan keinginan lain, atau kebutuhan dengan pemenuhannya, maka terjadilah gangguan terhadap proses belajar yang dimaksud. Gangguan dapat bersifat sementara dan ringan dan dapat pula bersifat serius dan terus menerus. Gangguan yang pertama mempersyaratkan ketrampilan mendisiplin untuk mengembalikan iklim belajar yang serasi, sedangkan gangguan yang kedua menuntut keterampilan melakukan tindakan rasional remedial (Suparno dkk, 1987:74).
Jadi pengelolaan kelas merupakan rangkaian tingkah laku kompleks yang digunakan oleh guru untuk memelihara suasana kelas sehingga memungkinkan murid belajar dengan hasil yang efisien dan berkualitas tinggi. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat utama untuk mencapai tujuan pengajaran yang efektif. Pengelolaan kelas dapat dianggap sebagai tugas yang paling pokok dan sekaligus paling sulit yang harus dilakukan oleh guru.
Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menjadikan SMPN 1 Ngoro Mojokerto sebagai obyek penelitian. SMPN 1 Ngoro memang bukan satu-satunya sekolah menengah pertama yang ada di daerahnya. Akan tetapi, sekolah yang sarat prestasi akademik maupun non akademik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa-siswi yang berprestasi. Tentunya salah satu faktor yang tidak dapat ditinggalkan dalam keberhasilan ini adalah pengelolaan kelasnya yang mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Itulah yang membuat grafik kemampuan belajar siswa yang berorientasi pada prestasi belajarnya dari tahun ke tahun semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi bidang akademik siswa pada perolehan nilai EBTANAS/UAN murni SMPN 1 Ngoro dalam enam tahun terakhir yang selalu termasuk 10 besar tingkat kabupaten, dalam tabel sebagai berikut:

===================================
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah


no
Tahun Pelajaran
Bidang Studi
Rata 2
Keterangan
PPKN
BIN
MAT
IPA
IPS
BIG
1
1999 - 2000
6.46
6.20
5.78
5.63
6.52
6.21
5.97
Lulus 100%
2
2000 - 2001
6.59
5 87
5 95
6 11
5 79
6 09
6 07
Lulus 100%
3
2001 - 2002
6.02
5.95
6.05
6.05
5.74
6.04
6.08
Lulus 100%
4
2002 - 2003
-
6.40
6.05
-
-
6.15
6.02
Lulus 100%
5
2003 - 2004
-
7.64
6.55
-
-
7.17
7.12
Lulus 100%
6
2004 - 2005
-
8.32
8.33
-
-
7.29
7.98
Lulus 100%
Sumber data: Dokumentasi SMPN 1 Ngoro tahun pelajaran 2005-2006

Dengan latar belakang masalah di atas, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengelolaan kelas yang ada di SMPN 1 Ngoro Mojokerto dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa, sehingga peneliti mengambil judul, pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa di SMPN 1 Ngoro Mojokerto.


  1. Rumusan Masalah
Mengacu pada latar belakang tersebut diatas, maka dapat kami rumuskan beberapa masalah yang akan dibahas yaitu:
  1. Bagaimanakah pengelolaan kelas di SMPN 1 Ngoro ditinjau dari segi pengelolaan ruangan dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa ?
  2. Bagaimanakah pengelolaan kelas di SMPN 1 Ngoro ditinjau dari segi pengelolaan siswa dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa ?
  3. Bagaimanakah keadaan sarana dan prasarana yang ada di SMPN 1 Ngoro dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas ?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive