SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Friday, September 23, 2011

Kontribusi Khutbah Jum’at Dalam Pembinaan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama | Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode     : 074 Kontribusi Khutbah Jum’at Dalam Pembinaan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Dalam Hidup Bermasyarakat Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI Siswa
 -------------------------------------------------



BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

            Dalam hidup bermasyarakat, keanekaragaman tidak bisa kita hindari karena itu semua sudah menjadi sunnatullah. Mulai dari beraneka ragamnya warna kulit sampai pada bermacam-macamnya agama, semua itu selalu menyertai kehidupan kita di dunia. Kita sebagai umat manusia yang berbudaya dan berakal dituntut untuk lebih bijaksana dalam menyikapi keadaan tersebut. Karena dalam kegiatan kita sehari-hari keanekaragaman atau pluralitas itu menjadi sesuatu yang sangat wajar dan bahkan harus. Tanpa keanekaragaman itu mungkin hidup kita akan terasa membosankan dan statis.
            Pluralitas yang dewasa ini marak dibahas adalah tentang pluralitas agama. Bahkan belakangan ini wacana tentang pluralitas agama dan masalah-masalah yang mengitarinya semakin muncul ke permukaan. Buku-buku, tulisan-tulisan, media-media, dan acara-acara seminar, serta dialog seputar agama makin sering kita saksikan dalam berbagai tingkat, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Kecenderungan meningkatnya perbincangan seputar pluralitas agama dan hubungan antar umat beragama ini seakan tiada putusnya dan tidak akan mengalami masa kadaluarsa.
            Banyak hal yang melatar-belakangi mengapa wacana ini semakin marak, pertama: perlunya sosialisasi bahwa pada dasarnya semua agama datang untuk mengajarkan dan menyebarkan damai dan perdamaian dalam kehidupan manusia. Kedua: wacana agama yang pluralis, toleran, dan inclusive merupakan bagian tak terpisahkan dari ajaran agama itu sendiri. Sebab pluralitas apapun, termasuk pluralitas agama, dan semangat toleransi dan inklusivisme adalah kesenjangan Tuhan yang tidak bisa diubah, dihalangi, dan ditutupi. Ketiga: ada kesenjangan yang jauh antara cita-cita agama dan realitas empirik kehidupan umat beragama di tengah masyarakat. Keempat: semakin menguatnya kecenderungan eksklusivisme dan intoleransi di sebagian umat beragama yang pada gilirinnya memicu terjadinya konflik dan permusuhan yang berlabel agama. Kelima:  perlunya dicari upaya-upaya penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan kerukunan dan perdamaian antar umat beragama.[1]              
Umat Islam sekarang ini telah mengalami kebangkitan yang sudah sejak lama bisa disaksikan oleh berbagai kalangan, termasuk oleh umat agama lain. Keberadaan Islam di dunia ini yang sebagai pencerah kehidupan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi siapa saja yang hidup berdampingan dengannya, termasuk menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan masyarakat. Contoh Skripsi
            Demikian pentingnya menjaga kerukunan tersebut, maka umat Islam tidak merasa enggan bila harus berhubungan langsung atau bekerja sama dengan pemeluk agama lain. Justru mereka menganggap bahwa cara itulah yang terbaik yang  mungkin harus dilakukan selama itu tidak melanggar batas-batas yang telah ditentukan oleh masing-masing agama yang mereka anut, dan mereka berharap hal tersebut bisa mempererat tali persaudaraan antar umat beragama dalam kehidupan mereka di masyarakat.

            Kehidupan masyarakat yang heterogen menuntut kita untuk cepat dan tanggap dalam menyikapi suatu masalah, misalnya saja konflik antar agama yang pada waktu yang lalu menjadi konflik intern yang menghebohkan di negara kita. Banyak yang menjadi korban karena perselisihan itu. Jika kita lihat semua itu disebabkan karena masing-masing dari kita telah kehilangan harga diri, dan telah jauh dari agama Contoh Skripsiyang kita anut tersebut. Ketika semua itu terjadi, kita hanya memikirkan satu hal yakni bagaimana supaya kita bisa menguasai orang lain, bukan berusaha untuk menciptakan suasana tentram dan hidup damai berdampingan dengan perbedaan yang memang sulit untuk kita hindari.
            Dalam hidup bermasyarakat kita juga telah mengenal akan toleransi. Dengan adanya toleransi, kita sebagai makhluk yang berbudaya tentunya tidak akan gampang untuk mencela terhadap aktifitas yang dilakukan oleh pemeluk agama lain. Meskipun menurut kita umat Islam hal-hal yang mereka lakukan tidak sesuai dengan keyakinan kita, akan tetapi kita harus tetap berusaha untuk menghargai dan mengormatinya, karena hal ini bisa membuktikan bahwa manusia yang mempunyai akal budi serta budaya mampu menggunakan kemampuan dan potensi yang dimiliki untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping itu, hal tersebut sudah menjadi kewajiban kita sebagai makhluk Tuhan yang menganut agama, yaitu menjaga perdamaian dunia.
            Sifat toleransi menghendaki agar perbedaan agama, perlainan kepercayaan, perbedaan keyakinan dan pendirian, perbedaan penilaian dan lain-lain, sekali-kali tidak boleh menjadi sebab untuk mengadakan garis pemisah dalam pergaulan. Harus dapat diciptakan hubungan yang harmoni, menjauhkan sikap yang kaku, apalagi yang menunjukkan sikap pertentangan, harus menahan diri dan meletakkan segala sesuatu pada proporsinya.Contoh Skripsi
 Islam adalah agama dakwah yang universal, dan agama risalah bagi semua umat manusia, yang dibawa oleh Muhammad saw. Untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan ke cahaya yang terang-benderang dan memberikan petunjuk kepada mereka ke jalan yang lurus dan benar. Karena sebelum Muhammad diutus sebagai rasul, kehidupan umat manusia diliputi oleh kedzaliman. Sikap permusuhan yang disertai pertumpahan darah terus merajalela. Kekuatan yang mereka miliki hanya dipergunakan untuk kedzaliman dan pemerasan, lebih-lebih akal dan daya pikir manusia telah merosot sehingga menjadikan dirinya laksana batu, yang kemudian mereka menciptakan Tuhannya sendiri selain Allah swt.
Dalam agama selalu dapat ditemui tentang suatu ajaran perdamaian, dan tidak bisa dipungkiri kalau seruan itu berlaku bagi semua pemeluk agama. Itu berarti bahwa semua agama di muka bumi ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu menciptakan perdamaian. Akan tetapi seruan tentang perdamaian tersebut bisa pula hilang musnah disebabkan karena kelalaian kita dalam bersikap, yang pada akhirnya memunculkan konflik antar agama yang menggunakan agama sebagai dalihnya. Ketika hal itu terjadi, maka yang perlu dipertanyakan adalah keberadaan agama itu sendiri, apakah agama sebagai sumber perdamaian ataukah malah sebagai pemicu adanya konflik di masyarakat.
Berbagai cara telah diupayakan untuk dapat terus menyerukan perdamaian, baik itu secara lisan maupun tulisan. Seruan secara lisan  di antaranya adalah dengan cara khutbah jum’at. Khutbah yang dilaksanakan setiap menunaikan ibadah sholat jum’at tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk tetap menjaga perdamaian di kalangan umat. Karena kontinuitas dalam menyampaikan kebaikan sangat mendukung tercapainya maksud dari apa yang disampaikan. Oleh karena itu dalam skripsi ini yang perlu dipertanyakan adalah apakah dalam khutbah jum’at yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Tlogosari ini sudah mengarah pada pembinaan kerukunan dan beberapa permasalahan sosial yang terjadi. Dan apa sajakah pengaruh positif dari khutbah jum’at terhadap perilaku kehidupan masyarakat di desa Tlogosari? Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang “ Kontribusi Khutbah Jum’at Dalam Pembinaan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Dalam Hidup Bermasyarakat”. Dengan penelitian ini diharapkan nantinya akan membawa manfaat bagi umat di desa Tlogosari khususnya  agar lebih bisa meningkatkan kerukunan antar umat beragama demi terwujudnya perdamaian dunia.

B. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang melatar-belakangi kerukunan hidup antar umat beragama di masyarakat malang selatan khususnya di desa tlogosari kecamatan donomulyo?
2.      Kontribusi apa yang diberikan oleh khutbah jum’at dalam rangka pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama di masyarakat desa tlogosari kecamatan donomulyo?

===================================             
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

Penting untuk di ingat pada seluruh visitor, bahwa semua file yang ada di blog ini tidak murni milik kami, untuk itu dalam mengambil data dari file tersebut harus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang baku, mohon di jadikan referensi. Admin tidak mendukung aksi plagiatisme dan jika ada plagiatisme, itu bukan tanggung jawab kami. Kepada semua pemilik file yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat. Dan kesuksesan selalu bersama Mu. contohmakalah






[1] NUR AHMAD, PLURALITAS AGAMA (Kerukunan dalam Keragaman), KOMPAS, Jakarta,  
   2001: ix

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive