SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Monday, September 26, 2011

Penerapan metode resitasi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa | Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode     : 072
Judul     : Penerapan metode resitasi dalam menumbuhkan  motivasi belajar siswa MAN Kota Blitar
-------------------------------------------------


A.    LATAR BELAKANG

Pendidikan  merupakan suatu proses untuk menghasilkan manusia berbudaya tinggi untuk melaksanakan tugas dan kewajibanya dimasyarakat. Namun dalam menjalani pendidikan tidak mudah dan banyak masalah yang dihadapi yang harus diselesaikan. Oleh sebab itu pendidikan perlu dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menyentuh sasaran sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri.[1]
Pendidikan sangat penting dan harus dimengerti oleh semua umat manusia terutama dalam rangka mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya, sebagaimana yang tercantum dalam Tujuan Pendidikan Nasional:
Pendidikan nasional berdasarkan pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkeperibadian, disiplin, bekerja keras, tanggung jawab, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani.[2]

Sebagai seorang pendidik guru dituntut oleh banyak hal, karena tugas guru tidak hanya mengajar (transfer ilmu pengetahuan) saja, tetapi guru juga dituntut untuk bisa memotivasi anak didiknya, sebab motivasi yang diberikan pendidik sangat berpengaruh terhadap anak didiknya. Sedangkan motivasi sendiri sangat beragam salah satunya adalah metode pengajaran yang digunakan oleh guru tersebut.

Kalau bahan merupakan alat untuk mencapai tujuan maka metode adalah cara untuk mewujudkan tindakan belajar mengajar, namun dalam fungsinya juga merupakan alat untuk mencapai tujuan sehingga dalam proses belajar mengajar tidak mungkin dapat berlangsung tanpa adanya metode.
Jika seorang pendidik benar-benar menginginkan agar tujuanya tercapai secara efektif dan efisien maka penguasaan materi saja tidak cukup seorang pendidik harus menguasai beberapa teknis dan metode penyampaian materi yang tepat dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi yang diajarkan dan kemampuan siswa yang menerimanya.Contoh Skripsi
Metode mengajar sebagai alat mencapai tujuan, perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat. Selain kekaburan didalam tujuan yang akan menyebabkan kesulitan dalam memilih dan menentukan metode juga dituntut untuk mengetahui serta  menguasai beberapa metode sehingga selain menguasai metode secara teoritis pendidik dituntut untuk mampu memilih metode yang tepat untuk bisa mengoperasionalkan secara baik.Contoh Skripsi
 Dalam proses belajar mengajar metode resitasi mutlak digunakan karena seorang pendidik tidak hanya mengandalkan informasi ilmu tanpa hasil yang sesuai dengan kurikulum yang sudah ada. Guru profesional akan menuntut suatu hubungan integral antara keselarasan materi praktik yang sudah dijelaskan terhadap peserta didik. Pendidik akan mengetahui sejauh mana anak didiknya bisa mengaplikasikan sikapnya dalam kehidupan.
Metode resitasi sering disebut metode pekerjaan rumah karena disini murid diberi tugas diluar jam pelajaran. Metode ini tidak beda dengan metode lain metode ini juga ada kekurangan dan kelebihanya. Metode ini selain merangsang siswa untuk aktif belajar baik secara individu maupun kelompok juga menanamkan tanggung jawab oleh karena itu bisa diberiakn secara kelompok maupun individu.
Perlu diingat bahwa metode resitasi pada hakekatnya adalah menyuruh anak didik untuk melakukan kegiatan (pekerjaan) belajar, baik berguna bagi dirinya sendiri maupun dalam proses memperdalam dan memperluas pengetahuan dan pengertian bidang studi yang dipelajarinya.
Ada suatu asumsi yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi disekolah tergantung pada pendidik, bagaimana pendidik itu bisa menumbuhkan motivasi anak didiknya dan sebagainya. Disini banyak ditemui berbagai macam pola pikir anak berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar guru menerapkan salah satu metode yang sekiranya bisa membantu anak didik serta guru juga harus paham (kelebihan, kekurangan, serta cara penerapanya dan masih banyak lagi) mengenai metode yang akan digunakan dalam metode pengajaran.
Dari uraian diatas sudah jelas tentang metode resitasi, terlepas dari itu dalam penggunaan metode resitasi berpengaruh besar dalam belajar. Yaitu metode resitasi mampu untuk memotivasi belajar, membuat kebiasaan siswa tahan uji (bersifat persisten).Contoh Skripsi
Kita sering kali mendengar istilah motivasi tapi kita juga sering kebingungan menyimpulkan pengertian dari motivasi itu sendiri. Menurut MC. Donald motivasition is energy change within the person characterized affective arousal and anticipatory goal reaction. Motivasi adalah suatu perubahan energi dari dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif dan reaksi untuk mencapai tujuan. Jadi guru sebagai motivator yang mendorong siswanya untuk melakukan perubahan tingkah laku yang lebih baik. Siswa dapat menunjukkan keinginan bersungguh-sungguh untuk belajar.
Motivasi dapat juga dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi tertentu sehingga ia ingin dan mau untuk melakukan sesuatu dan bila ia tidak suka maka ia akan berusaha untuk mengelakan rasa tidak suka itu. Jadi motivasi dapat dirangsang dari luar tetapi pada dasarnya motivasi tumbuh dari dalam diri seseorang.
Betapa besar peranan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa dalam hal  ini siswa yang kurang memiliki motivasi untuk belajar. Disamping itu guru juga berkewajiban untuk mengetahui apa penyebab kurangnya motivasi dari siswa untuk belajar sehingga akan memudahkan kelancaran dalam proses belajar mengajar, tidak sedikit pelajaran yang diberikan oleh guru tidak menarik minat dan perhatian dari siswa. Guru yang tadinya memulai belajar dengan penuh semangat tidak merupakan jaminan bahwa minat dan konsentrasi siswa akan berlangsung lama.
Banyak keputusan yang dibuat oleh guru berpengaruh pada motivasi siswa, misalnya cara guyru memberikan nilai hal ini bisa mendorong siswa untuk belajar lebih giat atau sebaliknya malah menjadikan siswa putus asa. Motivasi itu bukan hanya berfungsi sebagai penentu terjadinya suatu perbuatan tetapi sebagai penentu dari kegiatan itu sendiri.Contoh Skripsi
Dengan demikian motivasi adalah niat yang ada dalam diri seseorang dimana akan mendorong seseorang untuk bekerja atau melakukan perbuatan dengan bersungguh-sungguh sehingga akan memperoleh hasil yang sempurna. Siswa akan belajar karena dorongan dari mentalnya dimana kekuatan mental itu bisa berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita. Motivasi dipandang sebagai pendorong mental yang menggerakan dan mengarahkanyaperilaku manusia termasuk perilaku untuk belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, mengarahkan, menyalurkan, sikap dan perilaku individu untuk belajar.
Dari latar belakang inilah penulis mengangkat suatu judul tentang penerapan metode resitasi, dengan alasan bahwa pendidikan yang diajarkan di MAN Kota Blitar terlalu banyak dan materi yang diajarkan oleh pendidik kurang bisa maksimal. Oleh karena itu berdasarkan materi yang banyak maka memerlukan  waktu yang banyak pula disini peneliti mengambil alternatif lebih baik dalam pelaksanaan proses  belajar mengajar supaya bisa lebih efektif dan efisien dengan cara menggunakan metode tersebut.
Itulah yang menjadi gagasan penulis dengan kelengkapan judul “Penerapan metode resitasi dalam menumbuhkan  motivasi belajar siswa MAN Kota Blitar”.


B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasrkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar di MAN Kota Blitar?
2.      Bagaimana penerapan metode resitasi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar?

 ===================================  
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

* sekali lagi ditekan kan bahwa file yang ada di web ini adalah milik orang, untuk itu jika anda ingin mengutip atau mengambil beberapa kalimat dalam file tersebut harus sesuai dengan tata cara penulisan yang baku dan di cantumkan nama penulis aslinya



[1] Djamarah, Psikologi belajar, Renika Cipta, Jakarta Tahun 2000, Hal: 22
[2] UUSPN: Undang-undang Pendidikan Nasional

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive