untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Saturday, February 11, 2012
penggunaan biota laut sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa | Contoh Skripsi
Penulis : -
Kode :147
Judul : penggunaan
biota laut sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar
siswa dalam bidang biologi kelas vii-b di smp negeri 1 sapeken
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Proses kegiatan pembelajaran biologi pada saat ini lebih ditekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh sebab itu, siswa harus selalu aktif
dalam pengikuti semua pelajaran yang diberikan, dan siswa perlu dibantu untuk
mengembangkan
sejumlah keterampilan proses agar
mampu
mempelajari dan memahami alam
sekitar, dan
manfaat apa saja yang
bisa didapatkan dalam
pembelajaran biologi dengan langsung melakukan pengamatan di
luar kelas.
Keterampilan proses ini meliputi keterampilan pengamatan dengan seluruh indra, pengajukan hipotesis, menggunakan
alat dan bahan secara benar dengan selalu mempertimbangkan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data,
dan mengkomunikasikan hasil temuan secara beragam,
memilah dan memilih informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-
gagasan atau
memecahkan masalah sehari-hari.
lingkungan
sebagai
sumber
belajar khususnya dalam hal ini masalah biota laut dapat memberi pengalaman
yang sangat berarti untuk siswa dan dapat memberi wawasan yang
sangat luas
mengenai Biota-Biota Laut yang sangat banyak dan siswa dapat
mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang terdapat dalam dunia laut yang merupakan bagian terbesar dari pada daratan, sehingga siswa dapat terampil dalam mengamati dan mengajak siswa aktif dalam proses pengajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa khususnya dalam bidang biologi.Contoh Skripsi
Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang
1
dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Terutama saat pembelajaran mata pelajaran IPA. Karena IPA merupakan pendidikan
sains yang terdiri dari produk dan proses sains bukan hanya menguasai kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep
atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. (Hartono,
2007).Contoh Skripsi
Pembelajaran yang berorentasi pada target penguasaan materi terbukti
berhasil,
namun
gagal dalam
membekali siswa
dalam
memecahkan
masalah
dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak siswa mampu mengajikan banyak
tingkat hafalan yang baik terhadap materi yang diterima, tetapi pada kenyataannya
mereka sering kali tidak memahami dalam substansi materinya. Sebagian besar dari
siswa tidak
mampu menghubungkan antara apa
yang mereka pelajari
denmgan bagaimana pengetahuan tersebut akan
digunakan atau
dimanfaatkan. mereka sangat butuh untuk memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat, kerja, dan masyarakat pada umumnya di mana mereka akan hidup dan bekerja. (Nurhadi, 2004)
Pengajaran
biologi pada hakikatnya adalah
ilmu yang
mempelajari
mahluk hidup dan alam
sekitar, maka
hal
ini akan
terasa
janggal apabila mempelajari ilmu tersebut tanpa mempelajari kesempatan bagi siswa untuk dapat
mencari dan mempelajari dari sumber-sumbernya. Karena sebenarnya sumber- sumber belajar itu banyak sekali dan terdapat di mana saja, misalnya: di sekolah,
di halaman di pedesaan, di pusat kota, dan bahkan laut merupakan sumber belajar yang tidak kalah penting dengan sumber
belajar yang lainnya, banyak yang dapat
kita pelajari tentang kehidupan di laut. Pemanfaatan sumber-sumber pengajaran
tersebut tergantung daripada kreativitas dari guru, waktu, biaya, serta kebijakan-
kebijakan yang lain.
Berdasarkan
hasil observasi atau
pengamatan
awal,
tentang
proses
pembelajaran
IPA khususnya biologi di
SMP
Negeri 1 Sapeken, dan
hasil
wawancara dengan guru bidang studi
IPA
kelas V11-B.
kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 1 Sapeken adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Untuk prestasi belajar sangat
rendah dan ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata di bawah 75%, dari keseluruhan jumlah siswa sekitar 36 siswa yang terdiri dari 1 kelas. Pada pelajaran IPA hal ini dapat dilihat dari pasifnya siswa
saat mengikuti pelajaran di
dalam
kelas, hal ini disebabkan dari kurangnya pengetahuan siswa mengenai prosedur pembelajaran yang diberikan oleh guru. Karena
selama
kegiatan
belajar
mengajar
siswa
cenderung berbicara dengan
temannya sehingga mereka kurang memperhatikan informasi yang diberikan oleh
guru.
Kegiatan
pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah saja,
oleh sebab itu siswa hanya memperoleh pengetahuan langsung dari guru selama
pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan dan memperhatikan
menjelasan dari guru dan kemudian mereka mencatatnya, hal ini menggambarkan bahwa perolehan materi hanya bersumber pada guru saja. Sehingga pembelajaran yang diterapkan masih cenderung berpusat pada (teaching centered),
sehingga kelas menjadin sangat tidak produktif. Selain mendapatkan materi langsung dari
guru, siswa juga diberikan
pelatihan
dengan
soal untuk dikerjakan pada saat pembelajaran sedang
berlangsung.
Pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang terikat
dalam kegiatan belajar mengajar masih sangat rendah sehingga ketika guru
membetikan pertanyaan, hanya bebrapa siswa saja yang aktif dalam menjawab hal ini disebabkan
karena siswa tidak dapat menerima dengan
jelas
apa
yang dijelaskan guru pada saat menjelasan materi.
SMP Negeri 1 Sapeken merupakan sekolah yang sangat dekat sekali
dengan laut, tetapi kegiatan belajar yang melibatkan peran siswa belum tampak,
khususnya
pada pembelajaran
biologi
dengan meteri tentang biota laut
dan keanekaragaman biota laut, padahal banyak yang dapat mereka amati dari hidupan
laut yang
sangat
dekat
sekali
dengan mereka
bahkan laut
adalah tempat
berinteraksi mereka setiap hari, mungkin yang dibutuhkan
di sini adalah peran
seorang
guru agar sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut
untuk mendapat
hasol yang terbaik.Contoh Skripsi
Lingkungan baik yang tergelar, maupun yang dirancang
kedua-duanya
dapat
digunakan sebagai sumber belajar, hanya saja untuk dapat dimanfaatkan
secara efektif dan efisien, maka penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar akan lebih baik bila dilakukan rancangan terlebih dahulu, sebelum pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.Contoh Skripsi
Menurut
Sudirman (1991),
lingkungan
yang disebut
sebagai sumber
belajar
adalah ltempat atau
ruang
yang
dapat
mempengaruhi
belajar
siswa. Tempat dan ruang yang dirancang untuk
khusus belajar
siswa dan
tujuan
pengajaran misalnya, bangunan sekolah, ruang perpustakaan, ruang laboratorium,
sedangkan tempat atau ruangan (lingkungan) yang buakn dirancang secara khusus untuk tujuan belajar namun dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar misalnya,
gedung
bersejarah, bangunan
industri,
lingkungan
pertanian,
museum, kebun binatang, tempat-tempat suaka yang dilindungi dan lingkungan kelautan. Dengan menerapkan lingkungan (Biota Laut) sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi maka siswa akan lebih mengerti dan memahami
materi keanekaragaman biota laut secara menyeluruh, karena siswa dapat melihat obyek secara langsung
bukan hanya sekedar melihat pengertiannya di buku sangat lebih efektif dan bila siswa pelakukan
pengamatan secara langsung
dan siswa akan memiliki pengetahuan yang sangat luas tidak hanya sekedar mengira dan membayangkan bentuk obyek yang dipelajari.
1.2
Rumusan
Masalah
Latar
belakang masalah yang
telah
diuraikan diatas
maka rumusan
masalah
dalam penelitian
ini adalah
Apakah penggunaan biota laut sebagai sumber belajar dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa dalam bidang biologi (materi klasifikasi mahluk hidup (biota laut)?
===================================
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware:
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
No comments:
Post a Comment