SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Saturday, February 11, 2012

penggunaan biota laut sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa | Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode     :147
Judul     :  penggunaan biota laut sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang biologi kelas vii-b di smp negeri 1 sapeken
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Proses kegiatan pembelajaran biologi pada saat ini lebih ditekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh sebab itu, siswa harus selalu aktif dalam pengikuti semua pelajaran yang diberikan, dan siswa perlu dibantu untuk mengembangkan  sejumlah  keterampilan  proses  agar  mampu  mempelajari  dan memahami  alam  sekitar,  dan  manfaat  apa  saja  yang  bisa  didapatkan  dalam pembelajaran  biologi  dengan  langsung  melakukan  pengamatan  di  luar  kelas. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan pengamatan dengan seluruh indra, pengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara benar dengan selalu mempertimbangkan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan   data,   dan   mengkomunikasikan   hasil   temuan   secara   beragam, memilah dan memilih  informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan- gagasan  atau  memecahkan  masalah   sehari-hari.  lingkungan  sebagai  sumber belajar khususnya dalam hal ini masalah biota laut   dapat memberi pengalaman yang sangat berarti untuk siswa dan dapat memberi wawasan yang  sangat luas mengenai          Biota-Biota Laut  yang sangat  banyak dan siswa dapat  mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang terdapat dalam dunia laut yang merupakan bagian terbesar dari pada daratan, sehingga siswa dapat terampil dalam mengamati dan mengajak    siswa    aktif   dalam    proses    pengajaran    yang    diharapkan    dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa khususnya dalam bidang biologi.Contoh Skripsi

Belajar    akan    lebih    bermakna    jika    anak    mengalami     apa    yang


1






dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Terutama  saat pembelajaran mata pelajaran IPA. Karena IPA merupakan pendidikan sains yang terdiri dari produk dan proses sains bukan hanya menguasai kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. (Hartono,

Pembelajaran yang berorentasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil,  namun  gagal  dalam  membekali  siswa  dalam  memecahkan  masalah dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak siswa mampu mengajikan banyak tingkat hafalan yang baik terhadap materi yang diterima, tetapi pada kenyataannya mereka sering kali tidak memahami  dalam substansi materinya. Sebagian besar dari  siswa  tidak  mampu  menghubungkan  antara   apa  yang  mereka  pelajari denmgan  bagaimana pengetahuan tersebut  akan  digunakan atau  dimanfaatkan. mereka sangat butuh untuk memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat, kerja, dan masyarakat pada umumnya di mana mereka akan hidup dan bekerja. (Nurhadi, 2004)
Pengajaran  biologi  pada  hakikatnya  adalah  ilmu  yang  mempelajari mahluk   hidup   dan  alam  sekitar,  maka  hal  ini  akan  terasa  janggal  apabila mempelajari ilmu tersebut tanpa mempelajari kesempatan bagi siswa untuk dapat mencari dan mempelajari dari  sumber-sumbernya. Karena sebenarnya sumber- sumber belajar itu banyak sekali dan terdapat di mana saja, misalnya: di sekolah, di halaman di pedesaan, di pusat kota, dan bahkan laut merupakan sumber belajar yang tidak kalah penting dengan sumber  belajar yang lainnya, banyak yang dapat kita pelajari tentang kehidupan di laut. Pemanfaatan sumber-sumber pengajaran






tersebut tergantung daripada kreativitas dari guru, waktu, biaya, serta kebijakan- kebijakan yang lain.
Berdasarkan  hasil  observasi  atau  pengamatan  awal,  tentang  proses pembelajaran  IPA  khususnya  biologi  di  SMP  Negeri  1  Sapeken,  dan  hasil wawancara  dengan  guru   bidang  studi  IPA  kelas  V11-B.  kurikulum  yang digunakan di SMP Negeri 1 Sapeken  adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Untuk prestasi belajar sangat  rendah dan ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata di bawah 75%, dari keseluruhan jumlah siswa sekitar 36 siswa yang terdiri dari 1 kelas. Pada pelajaran IPA hal ini dapat dilihat dari pasifnya siswa saat  mengikuti pelajaran di  dalam  kelas,  hal  ini     disebabkan  dari  kurangnya pengetahuan siswa mengenai prosedur pembelajaran yang diberikan oleh guru. Karena  selama  kegiatan  belajar  mengajar  siswa  cenderung  berbicara  dengan temannya sehingga mereka kurang memperhatikan informasi yang diberikan oleh guru.
Kegiatan   pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah saja, oleh sebab itu siswa hanya memperoleh pengetahuan langsung dari guru selama pembelajaran   berlangsung   siswa   hanya   mendengarkan   dan   memperhatikan menjelasan dari guru dan kemudian mereka mencatatnya, hal ini menggambarkan bahwa perolehan materi hanya bersumber pada guru saja. Sehingga pembelajaran yang diterapkan masih cenderung berpusat pada (teaching centered),  sehingga kelas menjadin sangat tidak produktif. Selain mendapatkan materi langsung dari guru,  siswa  juga  diberikan  pelatihan  dengan  soal untuk  dikerjakan  pada  saat pembelajaran sedang berlangsung.
Pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang terikat






dalam  kegiatan  belajar  mengajar  masih  sangat  rendah  sehingga  ketika  guru membetikan pertanyaan, hanya bebrapa siswa saja yang aktif dalam menjawab hal ini  disebabkan  karena   siswa   tidak  dapat  menerima  dengan  jelas  apa  yang dijelaskan guru pada saat menjelasan materi.
SMP Negeri 1 Sapeken    merupakan sekolah yang sangat dekat sekali dengan laut, tetapi kegiatan belajar yang melibatkan peran siswa belum tampak, khususnya  pada  pembelajaran  biologi  dengan  meteri  tentang  biota  laut  dan keanekaragaman biota laut, padahal banyak yang dapat mereka amati dari hidupan laut  yang  sangat  dekat  sekali  dengan   mereka  bahkan  laut  adalah  tempat berinteraksi mereka setiap hari, mungkin yang dibutuhkan  di sini adalah peran seorang  guru  agar  sehingga perlu dikembangkan  lebih  lanjut  untuk  mendapat hasol yang terbaik.Contoh Skripsi
Lingkungan baik yang tergelar, maupun yang dirancang kedua-duanya dapat  digunakan sebagai sumber belajar,   hanya saja untuk dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien, maka penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar akan lebih baik bila dilakukan rancangan terlebih dahulu, sebelum pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.Contoh Skripsi
Menurut  Sudirman  (1991),  lingkungan  yang  disebut  sebagai  sumber belajar  adalah   ltempat  atau  ruang  yang  dapat  mempengaruhi  belajar  siswa. Tempat  dan  ruang   yang  dirancang  untuk  khusus  belajar  siswa  dan  tujuan pengajaran misalnya, bangunan sekolah, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, sedangkan tempat atau ruangan (lingkungan) yang buakn dirancang secara khusus untuk tujuan belajar namun dapat dimanfaatkan untuk  sumber belajar misalnya,






gedung  bersejarah,  bangunan  industri,  lingkungan  pertanian,  museum,  kebun binatang, tempat-tempat suaka yang dilindungi dan lingkungan kelautan. Dengan menerapkan lingkungan (Biota Laut) sebagai sumber belajar pada pembelajaran biologi maka siswa akan lebih mengerti dan memahami  materi keanekaragaman biota laut secara menyeluruh, karena siswa dapat melihat obyek secara langsung bukan hanya sekedar melihat pengertiannya di buku sangat lebih efektif dan bila siswa     pelakukan   pengamatan   secara   langsung   dan                                                          siswa   akan    memiliki pengetahuan yang sangat luas tidak hanya sekedar mengira dan membayangkan bentuk obyek yang dipelajari.

1.2  Rumusan Masalah

Latar  belakang  masalah  yang  telah  diuraikan  diatas  maka  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah    penggunaan    biota    laut    sebagai    sumber     belajar     dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa dalam bidang biologi (materi klasifikasi mahluk hidup (biota laut)?


           
=================================== 
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware: 
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive