SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Monday, April 23, 2012

penerapan model pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan motivasi belajar sosiologi | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :169
Judul     : penerapan model pembelajaran berbasis portofolio untuk  meningkatkan motivasi belajar sosiologi kelas x-a di man malang i.
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A Latar Belakang Masalah

Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan
perkembangan peningkatan kemampuan siswa, situasi dan kondisi lingkungan
yang ada, pengaruh informasi dan kebudayaan, serta  berkembangnya ilmu
pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu
pendidikan di Indonesia, pemerintah selalu merevisi kurikulum yang sudah
ada selaras dengan perkembangan zaman, demikian pula dengan model
pembelajaran yang diterapkan selalu mengalami perkembangan.
1
 
Seiring dengan berkembangnya zaman dengan adanya teknologi yang
canggih kemungkinan besar siswa tidak hanya belajar didalam kelas akan
tetapi juga belajar diluar kelas supaya  siswa itu tidak merasa bosan, misalnya
saja siswa di beri tugas untuk mencari data atau jurnal di internet atau di
media masa sesuai dengan pelajarannya.
Suasana atau iklim belajar mengajar harus diciptakan dalam proses
pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk  senantiasa belajar
dengan baik dan bersemangat. Sebagaimana diketahui  bahwa metode
mengajar merupakan sarana interaksi guru dengan siswa di dalam kegiatan
belajar mengajar. Dengan demikian, yang perlu diperhatikan adalah ketepatan
metode mengajar yang dipilih dengan tujuan, jenis, dan sifat materi pelajaran
dengan kemampuan guru dalam memahami dan melaksanakan metode
tersebut.

2
 
Dalam proses kegiatan pembelajaran sosiologi seringkali mengalami
hambatan seperti adanya rasa jenuh, timbulnya rasa  bosan pada diri siswa,
kurangnya minat siswa terhadap materi pembahasan, dan salah satu faktor
penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang
bervariasi, sehingga menyebabkan jalannya proses pembelajaran kurang
kondusif dan efektif, kemudian hasil yang dicapai menjadi tidak maksimal
atau belum memenuhi target (kompetensi dasar) sebagaimana yang
diharapkan.  Contoh Skripsi
Dalam pembelajaran disekolah dituntut keaktifan siswa dalam
menggali potensi, peran guru tidak kalah pentingnya dalam mencapai tujuan
pendidikan. Dalam kaitannya belajar aktif guru harus dapat menciptakan suatu
kondisi dimana siswa atau peserta didik tidak merasakan kebosanan,
kejenuhan, dan mata pelajaran yang diterima terkesan monoton dan tidak
menarik selama proses belajar mengajar berlangsung. Untuk mencapai tujuan
tersebut maka guru perlu memahami sedalam-dalamnya  tentang pengetahuan
yang akan menjadi tanggung jawabnya dan menguasai dengan baik metode
dan teknik mengajar. Metode dan teknik mengajar disini tidak berarti  berdiri
sendiri satu sama lain, melainkan saling berkaitan. Justru proses belajar mengajar yang baik adalah mempergunakan berbagai jenis metode secara
bergantian atau saling bahu membahu satu sama lain.
3
   Contoh Skripsi
Hasil observasi dikelas X-A MAN Malang I peneliti dapat
menyimpulkan bahwa guru yang mengajar mata pelajaran sosiologi hanya
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta mengerjakan LKS.
Maka banyak siswa yang masih pasif dikelas dan malu untuk mengemukakan
pendapatnya didepan kelas.
Salah satu model pembelajaran yang dapat mewujudkan tujuan
tersebut adalah model pembelajaran berbasis portofolio. Dalam model
pembelajaran ini siswa dituntut untuk berpikir cerdas, aktif, kreatif,
partisipatif, prospektif dan bertanggung jawab.
Menurut Arnie Fajar menyebutkan pengertian portofolio sebagai
berikut. 
Portofolio merupakan suatu kumpulan pekerjaan peserta didik dengan
maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut  panduan-panduan
yang ditentukan. Panduan-panduan itu beragam tergantung pada mata
pelajaran dan tujuan penilaian portofolio. Biasanya portofolio merupakan
karya terpilih dari seorang siswa, tetapi dalam model pembelajaran ini
setiap portofolio berisi karya terpilih dari satu kelas siswa secara
keseluruhan yang bekerja secara kooperatif memilih, membahas, mencari
data, mengolah, menganalisa dan mencari pemecahan terhadap suatu
masalah yang dikaji.Contoh Skripsi
4


Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan suatu bentuk dari
praktik belajar, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk
membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui
pengalaman belajar praktik-empirik. Praktik belajar ini dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, tanggung jawab, dan partisipasi
siswa, belajar menilai dan mempengaruhi kebijakan umum, memberanikan
diri untuk berperan serta dalam kegiatan antar siswa, antar sekolah, dan antar
anggota masyarakat. 
Dengan model berbasis portofolio diharapkan bisa meningkatkan
motivasi belajar siswa. Hal ini diperkuat dengan penelitian terdahulu oleh
Andhar Tri Adhy (01160005) lulusan tahun 2005 di UIN Malang, yang
berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk
Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Pasar Abstrak Siswa Kelas X-2
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Batu”, bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran abstrak di kelas X-2
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Batu dapat menigkatkan kualitas hasil
belajar siswa, disamping itu juga dapat menunjukkan peningkatan yang
bermakna baik pada aktivitasnya, maupun hasil belajar, dan dapat memotivasi
serta mengarahkan siswa agar mampu melakukan pembelajaran pasar abstrak
dengan baik.
Dan metode ini juga diperkuat dari penelitian Ni’matul Khoiriyah yang
berjudul “ Penggunaan Portofolio dalam Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan
Motivasi dan Prestasi Belajar Konsep Ciri-ciri Mahkluk Hidup Siswa Kelas I
C SMPN 2 Beji Pasuruan”, bahwa dengan menerapkan metode Portofolio ini
bisa meningkatkan motivasi dan prestasi belajar konsep Ciri-ciri Mahkluk
Hidup Siswa Kelas I C SMPN 2 Beji Pasuruan”. Dalam  siklus I siswa yang
tuntas belajar sebanyak 31 orang siswa (67,39%) dan pada siklus II sebanyak
34 orang siswa (73,91%) yang tuntas belajar. Dari sini bisa dilihat bahwa pada
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Begitu juga motivasi belajar
siswa, pada siklus I keaktifan siswa mencapai 60% sedangkan siklus II 68%,
aspek keantusiasan mencapai 70% dan siklus II 80%,  aspek keaktifan dan
keantusiasan pada siklus I mencapai 64 % sedangkan pada siklus II mencapai
73,3%. dari sini juga mengalami peningkatan. Jadi metode berbasis portofolio
ini bisa meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa Kelas I C SMPN 2
Beji Pasuruan. Contoh Skripsi
Dari uraian diatas peneliti tertarik untuk meneliti di MAN Malang I
yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi Kelas X-A di MAN Malang I.
Peneliti bermaksud supaya menerapkan metode pembelajaran
portofolio sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi di
sekolahan tersebut.

B.  Rumusan Masalah Contoh Skripsi
Dengan mengacu pada latar belakang masalah diatas,  maka dapat
dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 
1.  Bagaimanakah proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan motivasi
belajar sosiologi kelas X-A di MAN Malang I?
 2.  Bagaimankah proses pelaksanaan pembelajaran dengan  menggunakan
metode pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan motivasi
belajar sosiologi kelas X-A di MAN Malang I? 
3.  Bagaimanakah proses dan hasil penilaian pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran berbasis portofolio untuk
meningkatkan motivasi belajar sosiologi kelas X-A di MAN Malang I? 

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet