SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Thursday, January 12, 2012

penggunaan remedial teaching sebagai upaya ketuntasan belajar siswa kelas x-f pada mata pelajaran al-qur’an hadits | Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode     : 125
Judul     :  penggunaan remedial teaching sebagai upaya ketuntasan belajar siswa kelas x-f pada mata pelajaran al-qur’an hadits di man kota probolinggo 2
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang MasalahContoh Skripsi
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha
dan dana yang cukup besar. Hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa
demi kelangsungan masa depan yang harus ditata, disiapkan dan diberi sarana
maupun prasarananya. Tetapi sampai saat ini pendidikan di Indonesia masih
terpaku pada permasalahan dalam pendidikan terutama pada pembelajaran.
Indikator utama yang digunakan untuk menilai kualitas pembelajaran adalah
tingkat kelulusan pada sebuah lembaga.
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai salah satu mata pelajaran yang
merupakan unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada
Madrasah Aliyah yang memberikan pendidikan kepada siswa supaya dapat
memahami isi dari Al-Qur’an dan Hadits dan penerapan nilai-nilai dalam
kehidupannya, oleh karenanya tujuan dari pengajaran Al-Qur’an Hadits tidak
hanya berhenti pada membentuk sikap, kepribadian dan mengamalkan isi
kandungan dari Al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk hidup dalam
kehidupannya sehari-melainkan sekaligus penguasaan ilmu secara teoritis.
Sedangkan masalah pendidikan dalam pembelajaran itu sendiri banyak
seginya seperti masalah yang terdapat dalam guru baik dari mutu guru yang
kurang baik, metode mengajar yang kurang kurang sesuai, hasil pelaksanaan
pendidikan dan pengajaran yang kurang optimal. Hal tersebut tersebut
memberi dampak yang sangat fatal salah satunya yaitu besarnya tingkat
ketidaklulusan bagi siswa yang menempuh ujian nasional dan tertundanya


pelaksanaan pembelajaran program berikutnya bagi siswa pada tahap
pembelajaran selanjutnya. Lebih lanjut disebutkan dampak-dampak tersebut
dapat ditangani sedini mungkin dengan beberapa upaya antara lain dengan
menggunakan metode yang sesuai dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh
siswa seperti: memberikan pembelajaran ulang dengan metode yang berbeda,
pemberian bimbingan secara khusus, pemberian tugas-tugas latihan secara
khusus dan pemanfaatan tutor sebaya2.
Pentingnya Al-Qur’an Hadits bagi seorang siswa, Al-Ghozali
menempatkan Al-Qur’an Hadits sebagai ilmu yang pertama yang harus
diajarkan kepada siswa.
Contoh Skripsi
“yang menjadi titik perhatian Al-Ghozali dalam mengajarkan ilmu
pengetahuan dari dalam kandungan kitab suci Al-Qur’an sendiri karena
ilmu yang diajarkan oleh Al-Qur’an dapat bermanfaat untuk kehidupan
manusia di dunia dan di akhirat, karena dapat memberikan ketenangan
jiwa dan memperindah akhlak serta mendekatkan diri kepada Allah
SWT”3.
Demikian juga dalam firman Allah dalam Al-Qur’an
Contoh Skripsi

Artinya, Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di
antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan
beberapa derajat4.
2 Ilam-Maolani, Pembelajaran Remedial (http: blogspot.com, diakses 11 April 2008)
3 H.M.Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta,2000,hlm.88
4 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Mahkota,
Surabaya,1974,hlm.911
Contoh Skripsi
Dari firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan Al-Ghazali di atas,
menunjukkan bahwa mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an Hadits adalah
sanagat penting sekali dan menjadi tanggung jawab bagi semua umat Islam
karena Al-Qur’an Hadits adalah inti dari ajaran Islam. Oleh karena itu peranan
dan efektivitas di lembaga pendidikan, mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di
Madrasah Aliyah mutlak harus ditingkatkan karena asumsinya adalah tanpa
mempelajari Al-Qur’an Hadits terlebih dahulu, maka untuk mempelajari
agama Islam akan menemukan kesulitan. Hal tersebut secara tidak langsung
memfungsikan peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-
Qur’an Hadits, dimana guru harus mampu menyampaikan pengetahuan agama
(Al-Qur’an Hadits) dan juga menanamkan dan membina akhlak siswa agar
mempunyai kepribadian yang mulia.
Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian di sebuah lembaga yang
memiliki nilai kriteria ketuntasan di atas rata-rata dan telah menerapkan
remedial teaching secara berkala pada setiap UAS (Ujian Akhir Sekolah)
dalam hal ini yang menjadi obyek penelitian tersebut adalah MAN Kota
Probolinggo 2. setelah melalui berbagai tahap wawancara dengan guru bidang
studi Al-Qur’an Hadits ternyata menggunakan remedial teaching
pelaksanaannya sendiri dilakukan setelah diketahui ada siswa yang mengalami
ketidaktuntasan pada ujian semester. Remedial teaching adalah suatu bentuk
pengajaran khusus yang membuat menjadi baik5, Menurut sejarah masa
lampau perkembangan remedial teaching sekitar tahun 1930-an diketahui
5 Abu Ahmadi dan widodo supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rineka
Cipta,1991) hlm.144
bahwa kemampuan (ability) itu bisa diukur dan dalam pengelompokan siswa
dapat dilakukan secara pengajaran klasikal. Remedial teaching mulai
terorganisasi melalui kebijakan-kebijakan pemerintah dan butir-butir
aspirasinya dapat dimasukkan ke dalam UU Pendidikan. Remedial teaching
itu memberikan harapan baik kepada siswa yang mengalami ketidaktuntasan
belajar. Apabila ketidaktuntasan belajar tidak ditangani secara serius, maka
kegagalan akan dialami selama-lamanya6. Adapun fungsi dari remedial
teaching tersebut antara lain: dapat memperbaiki cara belajar siswa dan cara
mengajar guru, meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan
dan kekurangan dirinya, menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik
siswa, mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, membantu
mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi7, siswa yang tidak
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) harus melalui beberapa
tahapan remedial teaching, sehingga didapatlah nilai ketuntasan belajar yang
diharapkan. Lebih lanjut, ketuntasan belajar siswa pada setiap materi
mempunyai dampak positif dengan rentang waktu yang lebih panjang yaitu
pada setiap semester.
Oleh karenanya penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait
dengan pelaksanaan remedial teaching di Madrasah tersebut dengan
mengambil judul: Penggunaan remedial teaching sebagai upaya ketuntasan
6 Cece Wijaya, Pendidikan Remidial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya
Manusia, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 1995. hal 46
7 Sofa, Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan Untuk Perbaikan
Pembelajaran (http: Id.wordpress.com, diakses 20 Januari 2008)
belajar siswa kelas X-F pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN kota
probolinggo 2.
Contoh Skripsi
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang ingin diangkat
dalam rumusan masalah sebagai berikut:
B. Rumusan Masalah
Contoh Skripsi
1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X-F di
MAN kota probolinggo 2 ?
2. Bagaimana pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits kelas X-F di MAN kota probolinggo 2 sebagai upaya ketuntasan
belajar ?

           
=================================== 
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive