SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Tuesday, November 22, 2011

pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam proses penyampaian pendidikan islam | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode    : 102
Judul    : pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam proses penyampaian pendidikan islam terhadap motivasi belajar siswa
==============================================


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam kegiatan dan proses belajar mengajar sangatlah penting untuk dikaji karena kegiatan ini merupakan proses yang betul-betul harus dikuasai oleh seorang guru erat kaitannya dengan tugas kesehariannya seperti yang diungkapkan oleh Moh. Uzer Usman dalam bukunya Menjadi Guru Profesional "Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajari berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa."
Salah satu upaya seorang guru untuk meningkat mutu pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan pesan-pesannya. Hal ini diperuntukkan bagi siswa yang belum dapat menerima pesan yang disampaikan guru, maka penggunaan media sangat dianjurkan. Dengan demikian penggunaan media untuk menyampaikan pesan pembelajaran akan lebih di hayati tanpa menimbulkan kesalah pahaman bagi keduanya yaitu murid dan guru.
Contoh Skripsi
Proses belajar mengajar, guru sebagai sumber menuangkan  pesan ke dalam simbol-simbol tertentu dan siswa sebagai penerima pesan menafsirkan simbol-simbol tersebut, sehingga dipahami sebagai pesan. Agar pesan yang disampaikan oleh sumber atau pesan tadi bisa juga sampai pada penerima pesan, maka dibutuhkan adanya wadah yang disebut dengan “Media” media ini disebut saluran (chanel). Biasanya dalam proses komunikasi walaupun pesan (message) atau informasi sudah diberikan oleh sumber dan ditujukan kepada penerima melalui media akan tetapi tidak ada umpan balik maka proses komunikasi tidak sempurna. (Arif S. 1993 : 11)Contoh Skripsi
Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama diperlukan media pengajaran. Media pengajaran pendidikan agama adalah perantara/pengantar pesan guru agama kepada penerima pesan yaitu siswa. Media pengajaran ini sangat diperlukan dalam merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian sehingga terjadi proses belajar mengajar serta dapat memperlancar penyampaian pendidikan agama Islam. (Muhaimin, dkk. 1996 : 91)
Media pembelajaran merupakan berbagai macam jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar walaupun bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perangsang kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar. Contoh Skripsi
Penggunaan media pembelajaran ini bukanlah sekedar upaya untuk membantu guru, namun juga membantu siswa dalam belajar. Karena dengan menggunakan media pikiran siswa akan lebih terfokus pada apa yang disampaikan oleh pendidik atau guru dan dapat meningkatkan pemahaman siswa serta dapat menerima pesan dengan baik dan benar.  
Hamalik dalam Arsyad (2003:15) mengemukakan bahwa pemakaian media pengajar dalam proses belajar mengajar membangkitkan kemajuan dan minat yang baru, bangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa.Contoh Skripsi
Dari pernyataan diatas semakin jelas bahwa penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi materi pelajaran pada saat itu.
Dalam proses pendidikan banyak sekali media yang digunakan seperti media garafis, media audio, media visual dan masih banyak lagi. Sedangkan landasan penggunaan media menurut Mahfud Shalahuddin ada beberapa landasan penggunaan media yaitu dasar religius, dasar psikologis, dan dasar teknologis.Contoh Skripsi
Untuk pemilihan kriteria media menurut Arif S. Sadiman dalam  bukunya Media Pendidikan yaitu "Faktor yang perlu dipertimbngkan dalam pemilihan media adalah tujuan instruksional yang ingin dicapai, karakteristik siswa, jenis rangsangan belajar yang diinginkan, keadaan latar belakang dan lingkungan siswa, situasi kondisi tempat dan luas jangkauan yang ingin dilayani. Faktor-faktor tersebut pada akhirnya harus diterjemahkan dalam norma/kriteria keputusan pemilihan" (1993: 83-84).
Media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat digunakan untuk peningkatan interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu harus diperhatikan prinsip-prinsip penggunaannya. Dan penggunaan media pembelajaran ini juga harus bermanfaat bagi peserta didik khususnya dan pendidik karena keduanya akan mendapat pengetahuan yang baru.
Salah satu prinsip penggunaan media pembelajaran bahwa dalam penggunaan media siswa harus dipersiapkan dan diperlakukan sebagai peserta yang aktif serta harus ikut bertanggung jawab selama kegiatan pembelajaran, merupakan upaya dalam menimbulkan motivasi dalam bentuk menimbulkan atau menggugah minat siswa agar mau belajar, mengikat perhatian sisawa agar senantiasa terikat kepada kegiatan belajar mengajar (Karti Soeharto, dkk,1995 : 114).     
Sehubungan dengan uraian diatas maka penulis mencoba mengangkat tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam. Dalam hal ini penulis ingin membuktikan sebesar apakah pengaruh media terhadap motivasi belajar siswa. Dengan mengadakan penelitian atau studi kasus tentang penerapan media pembelajaran di SMP Kartika V-9 Malang motivasi belajar siswanya. 
 Sehingga dalam hal ini penulis menulis tentang ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Penyampaian Pendidikan Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa" (studi kasus penerapan media pembelajaran di SMP Kartika V-9 Malang) dengan harapan kajian ini dapat dipakai bahan pemikiran untuk kegiatan penggunaan media pembelajaran dalam keberhasilan penyampaian pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan tersebut.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan beberapa uraian dan latar belakang diatas, dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1. Apa saja jenis media pembelajaran yang digunakan di SMP Kartika V-9 Malang ?
2. Apa saja kriteria penggunaan media pembelajaran di SMP Kartika V-9 Malang ?
3. Bagaimana motivasi belajar siswa di SMP Kartika V-9 Malang
4. Bagaimana pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di  SMP Kartika V-9 Malang?

 

===================================    
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah


No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive