SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Tuesday, November 22, 2011

pendidikan agama dalam al-qur'an | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode    : 099
Judul    : pendidikan agama dalam al-qur'an surat luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-mishbah
==============================================

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia yang sekaligus membedakan manusia dengan hewan lainnya. Hewan juga belajar tetapi hewan ditentukan oleh instink, sedangkan manusia belajar merupakan rangkaian kegiatan menuju “pendewasan” guna menuju kehidupan yang lebih berarti (Karim,1999,hal:27). Pengembangan SDM atau human resources development terutama terfokus pada ketrampilan sikap dan kemampuan produktif manusia sebagai sumber untuk dimanfaatkan. Idealnya pendidikan itu dapat mengembangkan dan mewujudkan manusia (Human Caapati Development). Artinya tugas pendidikan adalah untuk membuka kemampuan yang dimiliki seseorang seoptimal mungkin melalui sharing of information untuk menjadi yang bukan saja pintar, tetapi juga kreatif, inovatif, kritis, dan memiliki ketahanan mental hidup yang kuat. (Ah-Sanaky, 2003: 04).Contoh Skripsi

            Banyak ragam pendapat tentang arti atau makna pendidikan, Salah satu yang banyak dianut ialah pendidikan sebagai hasil suatu peradaban  suatu bangsa yang dikembangkan atas dasar pandangan hidup bangsa itu yang berfungsi sebagai filsafat  pendidikannya. Suatu cita-cita atau tujuan yang menjadi motif  dan cara berfikir dalam berkelakuan suatu bangsa yang berlaku turun temurun. (Crow and Crow, 1999: 02). Untuk lebih jelasnya dalam hal ini akan diambil suatu pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh Driyakara, bahwa pendidikan ialah memanusiakan manusia. (Idris, 1992: 02).
            Kalau dilihat dari konsep dasar pendidikan Islam adalah konsep atau gambaran umum tetang pendidikan, sebagaimana dapat dipahami atau bersumber dari sumber dari ajaran Islam, Al-Qur'an dan As-Sunnah. Sebagai sumber dasar ajaran  Islam, Al-Qur'an memang diturunkan oleh Allah kepada umat manusia melalui nabi Muhammad saw. Untuk memberikan petunjuk dan penjelasan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan permasalahan hidup dan perikehidupan umat manusia di dunia ini. Diantara pemasalahan hidup manusia adalah yang berkaitan dengan proses pendidikan.Contoh Skripsi Sedangkan As-Sunnah berfungsi untuk memberikan penjelasan secara operasional dan terperinci tentang berbagai permasalahan yang ada dalam Al-Qur'an tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan situasi dan kondisi kehidupan nyata(Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Malang, 1996, 58).
            Proses pendidikan sebagaimana yang biasa dipahami sebagai proses dimana orang tua berusaha untuk mengasuh dan membimbing anak agar menjadi dewasa dan menyiapkannya agar mampu melaksanakan tugas-tugas hidupnya, biasa dilihat  dan dipahami sebagai gejala dan proses yang bersifat alami. Dalam arti proses pendidikan tersebut berlangsung secara apa adanya , menurut ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, serta tidak terpisahkan dari proses dan gejala alamiah lainnya. Proses dan gejala pendidikan itu pun ada dan berlangsung pada setiap masyarakat dimana dan kapanpun mereka berada.
            Sebagai aktifitas yang bergerak dalam proses pembinaan kepribadian muslim, maka pendidkan Islam memerlukan asas atau dasar yang dijadikan landasan kerja. Dengan dasar ini akan memberikan arah bagi poelaksanaan pendidikan yang telah diprogramkan. Dalam kontek ini, dasar yang menjadi acuan pendidikan Islam hendaknya merupakan sumbernilai kebenaran dan kekuatan yang dapat menghantarkan peserta didik kearah pencapaian pendidikan. Oleh karena itu, dasar yang terpenting dari pendidikan Islam adalam Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah. Menetapkan Al-Qur'an dan hadist sebagai dasar pendidikan Islam bukan hanya dipandang sebagai kebenaran yang didasarkan pada keimanan semata. Namun justru karena kebenaran yang terdapat dalam kedua dasar tersebut dapat diterima oleh nalar manusia dan dapat dibuktikan dalam sejarah atau pengalaman manusia (Nizar,2002.        hl:34-35).Contoh Skripsi
            Mengacu pada dasar-dasarnya dapat dipahami bahwa pendidikan Islam adalah suatu system yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan idiologi Islam. melalui pendekatan ini, ia akan dapat dengan mudah membentuk kehidupan dirinya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang diyakininya.
Isu tentang krisis pendidikan dan beberapa permasalahan didunia pendidikan  telah  membuat resah dikalangan umat Islam. Hal ini sesuai dengan pendapat Syed Sajad Husein dan Syed Ali Ashraf dalam bukunya “Crisis In Muslim Education,” terjemahan Astuti bahwa  dikalangan dunia Islam telah muncul kepermukaan berbagai isu tentang krisis pendidikan  serta problem yang sangat mendesak menuntut pemecahan yang serius (Husein dan Asrhaf 1986: 02)
Keprihatinan bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis dalam berbagai aspek kehidupan membuat peran pendidikan, khususnya pendidikan di sekolah-sekolah dipertanyakan kembali. Dengan melihat realitas yang ada, seperti maraknya tawuran pelajar, merebaknya narkoba dan beberapa perilaku yang menyimpang  dari norma-norma agama dan budaya, seperti pergaulan bebas membuat peran pendidikan menjadi semakin  dipersoalkan, seolah pendidikan di sekolah yang bertanggung jawab terhadap berbagai permasalahan yang menyelimuti generasi penerus bangsa  pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pendidikan sering dijadikan kambing hitam terhadap ketidakberhasilan untuk dikatakan gagal dalam membentuk moral bangsa. (Azra, 1999: 61) Contoh Skripsi
            Diantara persoalan-persoalan yang dihadapi di dunia pendikan Islam  pada masa kini adalah tantangan yang paling berat. Masa depan dunia Islam akan sangat tergantung kualitas pendidikan sehingga dapat membentuk manusia-manusia unggul dalam semua bidang. Sehingga kemudian mampu keluar dari  persoalan-persoalan yang selama ini menjadi sorotan dari banyak pihak (Husein, 1983: ix).
            Dari munculnya beberapa penyimpangan yang terjadi dalam masyarakat yang terjadi dalam beberapa dekade mencerminkan potret pendidikan kita masih belum mampu mencetak manusia yang sempurna (insan kaml). Sehingga kemudian muncul suatu persepsi masyarakat bahwa pendidikan agama Islam masih diklem gagal dalam membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta didukung oleh ahlakul karimah. Dengan demikian para praktisi pendidikan agama Islam berusaha mencari paradigma baru yang sekiranya dapat mengangkat keterpurukan pendidikan agama Islam. Sebenarnya dalam dasar-dasar konsep pendidikan agama Islam yang terdapat dalam Al-Qur,an dan Hadist sudah banyak yang membahas tentang pendidikan mulai dari metode pembelajaran, tugas pendidik, materi, dan proses pendidikannya. Contoh Skripsi
Dari latar belakang di atas, juga dari beberapa literatur-literatur yang erat kaitannya dengan masalah-masalah pendidikan agama Islam khususnya yang terdapat dalam Al-Qur'an, yang kesemuanya mengupayakan bagaimana kualitas pendidikan agama Islam lebih baik dan berkualitas. Dengan demikian penulis tertarik untuk mengkaji tentang "Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Al-Mishbah"
Dengan adanya keterbatasan waktu, literatur, dan kemampuan analisis yang penulis miliki. Sehingga perlu penulis membatasi pembahasannya dengan surah Luqman ayat 12-19.  Penulis mengambil surat Luqman, karena proses pendidikan yang digambarkannya adalah alami mengandung nilai-nilai yang patut dijadikan acuan dalam dunia pendidikan kita. Mulai dari kegigihan, kesabaran, dan kesungguhannya demi tercapainya tujuan pendidikan.   Contoh Skripsi 
                

B. Rumusan Masalah
            Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan sebagai berkut:
  1. Bagimana konsep pendidikan agama dalam Al-Qur'an?
  2. Bagaimana pandangan pendidikan agama dalam al-Qur'an surat Lukman ayat 12-19 menurut Tafsir Al-Misbah?
  3. Metode apa saja yang terdapat dalam pendidikan agama dalam al-Qur'an surat Lukman ayat 12-19 menurut Tafsir Al-Mishbah?
 
===================================    
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah



1 comment:

  1. tolong kl ada daftar pustaka skripsi judul Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Al-Mishbah.
    Hub 081803130927.

    ReplyDelete

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive