SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Friday, November 11, 2011

upaya pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode    : 093
Judul    : upaya pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa di smk pgri turen
 ==============================================


BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah


Landasan dan cita-cita yang ingin dicapai oleh pemerintah adalah menjadikan rakyat dan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang agar menjadi manusia yang berpendidikan, cerdas, terampil dan berakhlak mulia.

Sebagaimana disebutkan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea keempat, bahwa salah satu tujuan pembangunan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Penjabaran tersebut kemudian dituangkan dalam batang tubuh UUD 1945 Bab XIII tentang pendidikan, pasal 31 ayat 1 dan 2 yang berbunyi sebagai berikut:

  1. Tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran
  2. Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional yang diatur dengan Undang-undang[1]
Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap insan sebagai upaya untuk mengarahkan dan mengembangkan dirinya menjadi sosok makhluk yang mempunyai kepribadian utama. Dalam upaya untuk mencapai cita-citanya  pemerintah meningkatkan taraf hidup rakyat pada tingkat yang lebih baik. Maka pemerintah memberikan kesempatan kepada seluruh warga Negara untuk mendapatkan pengajaran (pendidikan) tanpa memandang status sosial, golongan dan lain sebagainya.
Adapun tujuan pendidikan Nasional yang dijelaskan dalam Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II pasal 3 yang berbunyi:Contoh Skripsi
"Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab". [2]Contoh Skripsi

Contoh Skripsi
Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka diperlukan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai guna mempermudah dalam proses belajar mengajar dan sekaligus untuk mengangkat serta meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapun salah satu dari sarana dan prasarana pendidikan adalah Perpustakaan, dimana perpustakaan adalah salah satu sumber informasi dan ilmu pengetahuan.
Karena perpustakaan adalah sumber informasi dan ilmu pengetahuan, oleh karena itu perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari Sekolah. Mengingat begitu pentingnya keberadaan perpustakaan dalam upaya untuk mengembangkan intelektual siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa, maka perlulah kiranya digalakkan adanya perpustakaan pada semua jenis dan tingkat sekolah. Hal ini sesuai dangan ketetapan MPR No. II/MPR/1993 yang berbunyi sebagai berikut:
"Sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, sarana ketrampilan dan penelitian, media pengajaran, teknologi pendidikan serta fasilitas jasmani dikembangkan dan disebar luaskan secara merata untuk membantu terselenggaranya dan meningkatkan kwalitas pendidikan sesuai dangan persyaratan pendidikan serta kebutuhan pembangunan."[3]

Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di negara kita ini, maka penyelenggaraan (pengelolaan) perpustakaan harus dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan yang berlaku, agar sesuai dengan tujuan didirikannya perpustakaan itu sendiri, antara lain agar tumbuh (timbul) kecintaan terhadap membaca, memupuk dan menanamkan kebiasaan membaca sehingga tumbuh kecintaan terhadap buku.Contoh Skripsi
Kemampuan membaca yang dimiliki oleh seseorang merupakan modal utama dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain kemampuan membaca merupakan prasyarat utama dan merupakan kebutuhan pokok bagi seseorang untuk mencapai keberhasilan. Karena dengan membaca seseorang dapat dengan mudah untuk mengkaji berbagai ilmu pengetahuan.
Aktifitas membaca ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mendorong terwujudnya kegiatan tersebut. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan membaca adalah minat. Minat mempunyai peran sangat penting dan menempati posisi vital dalam aktifitas membaca (belajar) siswa, karena minat mempunyai daya dorong yang kuat terhadap terwujudnya suatu aktifitas.
Minat mempunyai arti sikap jiwa seseorang termasuk tiga fungsi jiwanya yaitu kognitif (pengenalan), emosi (perasaan), dan konasi (kemauan) yang tertuju pada sesuatu, dan dalam hal ini unsur emosi adalah yang terkuat.[4] Namun apabila pembaca tidak mempunyai minat atau daya dorong untuk membaca, maka kegiatan membaca tidak akan terlaksana.
Besar kecilnya minat baca itu sendri juga dipengaruhi beberapa faktor, baik yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri (faktor intern), maupun dari luar diri siswa (faktor ekstern). Adapun faktor internal menyangkut kerajinan, kecakapan dasar (skill), dan kecerdasan. Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah keadaan keluarga, kondisi sekolah dan kondisi masyarakat.
Agar minat baca siswa tumbuh dan berkembang, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melengkapi koleksi (bahan pustaka) yang ada, mengatur situasi dan kondisi dengan sebaik mungkin, melaksanakan tata kerja (mengorganisir) perpustakaan sesuai dangan sistem penyelenggaraan yang ada, sehingga siswa merasa betah dan nyaman serta senang berada (membaca) di dalam perpustakaan.
Untuk mengetahui seberapa jauh manfaat dan fungsi perpustakaan di sekolah dalam upaya untuk membantu meningkatkan prestasi dan minat baca siswa, maka perlu adanya penelitian dan penjajakan pada perpustakaan tersebut secara ilmiah serta sampai sejauh mana peranan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa. Dalam hal ini penulis akan melihat secara langsung dan mengadakan penelitian di SMK PGRI Turen.
Berangkat dari paparan latar belakang di atas, maka terumuslah suatu judul: “UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMK PGRI TUREN”

B.     Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut diatas dapat dirumuskan beberapa permasalahan:
1.      Bagaimana keadaan perpustakaan di SMK PGRI Turen?
2.      Upaya apa yang dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMK PGRI Turen?
3.      Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa di SMK PGRI Turen?
===================================    
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah

[1]  UUD 1945, Dengan Penjelasanya, Surabaya,  PN Apollo
[2]  Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Citra Umbara, hlm. 7
[3] Kumpulan ketetapan MPR RI 1993 Bersama GBHN 1993, PN Sinar Wijaya, hlm. 98.
[4] Abu Ahmadi, Psikologi Umum. Surabaya, PT Bina Ilmu, hlm. 103

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive