SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Thursday, November 10, 2011

efektifitas pembelajaran bahasa arab dalam membentuk bi’ah al-‘arabiyah | Contoh Skripsi

Penulis : -
Kode    : 092
Judul    : efektifitas pembelajaran bahasa arab dalam membentuk bi’ah al-‘arabiyah di-ma’had sunan ampel al-‘ali uin malang
==============================================


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Efektifitas dalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang direncanakan ataudapat diinginkan dapat terlaksana atau tercapai. Bila ada sepuluh jenis kegiatan yang kita rencanakan, dan tercapai hanya empat kegiatan yang dapat dilaksanakan, maka efektifitas kegiatan kita masih belum memadai. Demikian pula bila ada sepuluh tujuan yang kita inginkan dan ternyata hanya lima yang tercapai, maka usaha untuk mencapai tujuan tersebut masih dipandang kurang efektif. [1]

            Dalam bidang pendidikan, efektifitas ini dapat kita tinjau dari dua segi: Pertama: Efektifitas mengajar seorang guru terutama mencakup sejauh mana jenisi-jenis kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua: Efektifitas belajar murid terutama menyangkut sejauh mana tujuan-tujuan pelajaran yang diinginkan telah dapat dicapai melalui kegiatan belajar mengajar yang ditempuh.[2]
            Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu apabila padanya telah terjadi perubahan tertentu, mislanya semula tidak mampu berbahasa arab kemudian menjadi mahir berbahasa arab, dan dapat meenggunakannya dengan baik, semula tidak mengenal sopan santun, kemudian menjadi seorang yang sangat sopan. Demikian seterusnya sesuai dengan apa yang dipelajarinya. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua perubahan yang terjadi pada diri seseorang terjadi karena proses belajar. Ada perubahan yang terjadi karena proses belajar, ada pula perubahan yang terjadi karena proses kematangan.[3]Contoh Skripsi
Ketika di bangku sekolah, anda tentu pernah mengalami pengajaran guru yang amat menarik dan ada pula yang begitu membosankan. Kalau anda ditanya apakah itu pengajaran efektif, tentu anda akan menyatakan ia adalah pengajaran yang mudah difahami serta menyeronokkan. Ada pula di antara anda yang cuba mengaitkan pengajaran berkesan dengan guru dan menyatakan guru itu adalah baik hati, bertimbang rasa, demokratik serta pandai berjenaka.Contoh Skripsi
Menurut Hunter (1969) dalam bukunya Teach More, Faster pengajaran yang berkesan ialah pengajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran dalam diri murid-murid. Pembelajaran yang efektif berlaku dalam suasana yang sihat serta bersemangat.Contoh Skripsi
           Oleh itu, pengajaran efektif boleh ditakrifkan sebagai satu sistem aktiviti yang dapat meningkatkan lagi hasil pembelajaran terakhir yang dikehendaki di dalam suasana yang sihat, demokratik dan bersemangat. Hasil pembelajaran terakhir yang dimaksudkan ialah perubahan tingkah laku murid, akibat penerimaan pengetahuan atau kepercayaan baru. Ia juga merangkumi perkembangan seseorang dari segi jasmani, emosi, rohani dan intelek.
            Universitas Islam Negeri (UIN) Malang memandang keberhasilan pendidikan mahasiswa, apabila mereka memiliki identitas sebagai seseorang yang mempunyai: (1) Ilmu pengetahuan, (2) Penglihatan yang tajam, (3) Otak yang cerdas, (4) Hati yang lembut dan (5) Semangat yang tinggi karena Allah.[4]Contoh Skripsi
            Untuk mewujudkan harapan tersebut salah satunya adalah dibutuhkan keberhasilan ma'had yang secara intensif mampu memberikan resonansi dalam mewujudkan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam yang Ilmiah-Religius, sekaligus sebagai bentuk penguatan terhadap pembentukan lulusan yang Intelek Profesional yang Ulama’ atau Ulama’ yang Intelek Profesional.[5]
            Sebab sejarah telah mengabarkan bahwa, tidak sedikit keberadaan ma’had telah mampu memberikan sumbangan besar pada hajad besar bangsa ini melalui alumninya dalam mengisi pembangunan manusia seutuhnya. Dengan demikian keberadaan ma’had dalam komunitas Contoh SkripsiPerguruan Tinggi Islam merupakan keniscayaan yang akan menjadi pilar penting dari bangunan akademik.[6]Contoh Skripsi
            Saat ini, dilihat dari keberadaannya, asrama mahasiswa indonesia dapat diklarifikasikan dalam tiga model. Pertama, asrama mahasiswa sebagai tempat tinggal sebagian mahasiswa aktif dan berprestasi dengan Indeks Prestasi (IP) tinggi. Kegiatan yang ada diasrama model ini ialah kegiatan yang diprogramkan oleh para penghuninya, sehingga melahirkan kesan terpisah dari cita-cita Perguruan Tinggi. Kedua, asrama mahasiswa merupakan sebagai tempat tinggal pengurus atau aktivis Intra dan Ekstra kampus. Kegiatan yang ada diasrama model kedua ini banyak terkait dengan kegiatan rutinitas Intra dan Ekstra kampus tanpa ada kontrol dari Perguruan Tinggi. Ketiga, asrama mahasiswa sebagai tempat tinggal sebagian mahasiswa yang memang berkeinginan untuk berdomisili diasrama kampus, tanpa ada persyaratan tertentu. Oleh sebab itu, kegiatan yang disrama model ketiga inipun tidak terprogram secara baik dan terkadang kurang mendukung terhadap visi dan misi Perguruan Tinggi-nya.[7]Contoh Skripsi
            Adapun Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang merupakan salah satu strategi dalam mencakup kelembagaan khususnya dalam bidang bahasa yang harus diikuti oleh mahasiswa baik putra maupun putri dengan mewajibkan seluruh mahasiswa baru berdomisili di Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang selama kurang lebih satu tahun (semester 1 dan 2). Dengan keberadaan Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran Bahasa Arab dan Pembentukan Bi’ah al-‘Arabiyah sebagai bahasa komunikasi mahasiswa sehari-hari.Contoh Skripsi
            Dengan keberadaan Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang dijadikan landasan asumsi dalam hal pembentukan lingkungan atau Milieu Bahasa (Bi’ah al-Lughawiyah) khususnya Bahasa Arab dengan diadakannya program Yaumul al-Lughah pada hari Jum’at dan Sabtu yang dilaksanakan setelah sholat shubuh serta program Intensif Bahasa Arab selama 5 hari dalam satu minggu yang berlangsung sejak pukul 14.00-20.00 WIB. Contoh Skripsi
            Dengan fenomena tersebut diatas sering terdengar ungkapan:“Katanya Ma’had menerapkan dua Bahasa (Arab dan Inggris)” tapi kok malah bahasa Madura yang menonjol”. [8] Akan tetapi yang terjadi dilapangan menjadi lain seiring dengan berjalannya sistem ma’had selama 5 tahun berjalan (sejak tahun 2000) ma’had dinilai masih belum berhasil dalam membentuk lingkungan berbahasa arab sebagaimana asumsi awal didirikan Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang.
            Demikian sekilas refleksi yang penulis paparkan diatas, ada alasan pemilihan untuk membahas masalah ini dalam skripsi yang berjudul: Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dalam Membentuk Bi’ah al-‘Arabiyah di-Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang ”.Contoh Skripsi

B.     RUMUSAN MASALAH

            Dengan latar belakang tersebut di atas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dalam Membentuk Bi’ah al-‘Arabiyah di-Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali UIN Malang”, dengan identifikasi masalah sebagai berikut:
a.       Usaha-usaha apa yang akan dilakukan oleh Ma'had Sunan Ampel al-‘Ali dalam mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab?
b.      Faktor-faktor apa saja  yang mendukung dalam membentuk lingkungan yang berbahasa Arab (Bi’ah al-Lughah al-‘Arabiyah) di Ma'had Sunan Ampel al-‘Ali?
c.       Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Ma'had Sunan Ampel al-‘Ali dalam membentuk lingkungan yang berbahasa Arab (Bi’ah al-Lughah al-‘Arabiyah)?

 
===================================    
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah



[1] Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Penerbit: Bina Aksara Jakarta,  1986, Hal. 50
[2] Ibid, Hal. 51
[3] Muhaimin, H. Abd. Ghofir, dan Nur Ali Rahman, Strategi Belajar Mengajar, CV Citra Media, Surabaya, 1996, Hal. 45  
[4] STAIN, Tarbiyah Uli al-Albab, Dzikir, Fikir, dan Amal Sholih, Penerbit STAIN Malang 2000, Hal. 5
[5] UIN, Pedoman Ma'had Sunan Ampel al-‘Ali, UIN Malang, 2004-2005, Hal. 11
[6] Ibid, Hal. 12
[7] Ibid, Hal. 13
[8] Pesan dan Kesan yang di Sampaikan saat Laila al- Wada’, MSAA 2003-2004

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive