untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Saturday, January 7, 2012
manajemen pengembangan kualitas dosen | Contoh Skripsi
Penulis : -
Kode : 120
Judul : manajemen pengembangan kualitas dosen (studi
kasus stain malang)
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Otonomi pendidikan pada lembaga
Pendidikan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) berupa perubahan status dari
fakultas cabang IAIN menjadi STAIN yang telah berjalan sejak tahun 1997, di
satu sisi berimplikasi positif dalam dinamika pendidikannya tetapi di sisi lain
otonomisasi yang diberikan itu justru memunculkan sejumlah persoalan ketika
para sivitas adademika tidak secara cerdas merespon perubahan tersebut dan
mempersiapkan instrumen kependidikannya. Bergulirnya otonomi pendidikan bagi
STAIN tersebut menuntut lembaga bersangkutan harus dikelola secara profesional.
Profesionalisme sebuah lembaga pendidikan terletak pada kemampuannya dalam
melakukan fungsi-fungsi manajemen dan kepemimpinan, sehingga memiliki
kemampuan kompetitif. Contoh Skripsi
Setelah berjalan 4 tahun, mulai
kelihatan adanya perbedaan dinamika di beberapa STAIN. Dari hasil pengamatan
penulis, terdapat beberapa STAIN yang kurang dinamis meskipun telah menyandang
status mandiri, sebaliknya ada juga beberapa STAIN yang menunjukkan
perkembangan yang cukup pesat dan dinamis. Perbedaan tersebut dapat diukur dari
kemampuan masing-masing dalam mengembangkan aspek-aspek instrumental raw in
put dalam proses manajemen pendidikan. Aspek-aspek tersebut meliputi:
mahasiswa, tenaga dosen, sarana dan prasarana, kurikulum, dan administrasi.
Kelambanan dalam mengembangkan instrumen tersebut akan berimplikasi pada
lambatnya dinamika perkembangan pendidikannya, sebaliknya kemampuan dalam
mengembangkan instrumen dan dibarengi dengan profesionalitas menejerialnya akan
berimplikasi pada dinamika dan prestasi bagi lembaga bersangkutan. STAIN Malang
misalnya, telah mengalami kemajuan pesat bahkan mulai sanggup untuk bersaing
dengan perguruan tinggi Islam yang sebelumnya menjadi induk STAIN, yakni IAIN
Surabaya, adalah karena STAIN Malang mampu merespon otonomisasi tersebut dan
secara bersamaan mempersiapkan dan mengembangkan komponen kependidikannya.
Walaupun masih ditemukan beberapa kelemahan, tetapi STAIN Malang dinilai sanggup menampilkan diri sebagai sosok STAIN
yang memiliki kelebihan di bidang instrumen raw in put manajemen jika
dibandingkan dengan STAIN lain. Nilai banding tersebut menjadi ukuran bahwa
STAIN Malang lebih berprestasi dibanding yang lain. Contoh Skripsi
Salah satu instrumen penting yang
menjadi perhatian dalam proses manajerial adalah mahasiswa dan dosen, karena
dalam kegiatan pendidikan kedua unsur tersebut sangat menentukan ketercapaian
tujuan pendidikan yang diharapkan bersama.Contoh Skripsi
Pendidikan, seperti yang disebutkan
dalam UUSPN No. 2 tahun 1989, pada dasarnya merupakan kegiatan menyiapkan
peserta didik melalui bimbingan, pengajaran atau latihan bagi peranan peserta
didik yang akan datang. Melalui proses pendidikan itu, STAIN Malang memberikan
target lulusannya supaya memiliki empat kekuatan yakni : (a) kemantapan akidah
dan kedalaman spiritual; (b) keagungan ahklak atau moral; (c) keluasan ilmu
pengetahuan (kekokohan intelektual); dan (d) kematangan profesional (Pedoman
Pendidikan STAIN Malang 2000/2001: 4). Dengan target tersebut diharapkan muncul
sosok “ulama intelek profesional, dan intelek profesional yang ulama” .Contoh Skripsi
Kedudukan dan peran dosen adalah
berusaha mengantarkan mahasiswa pada empat target lulusan di atas melalui
keseluruhan tugas dan tanggung jawabnya sebagai dosen. Sebab itu dosen harus
memiliki berbagai kompetensi antara lain kompetensi di bidangnya dan kompetensi
sebagai pendidik, pembimbing dan atau pengajar, di samping itu juga perlu
memiliki integritas moral dan keilmuan yang tinggi yang pada akhirnya mempunyai
imbas terhadap lulusan (out comes) yang dapat dipertanggungjawabkan
hasilnya kepada masyarakat di lingkungan akademik maupun non akademik.
Ketercapaian tujuan pendidikan
sangat bergantung pada mahasiswa dan dosen. Ukuran keberhasilan mahasiswa
terletak pada seberapa jauh dapat menginternalisasikan pengetahuan, nilai,
sikap dan ketrampilan (skill) yang ada di sekitarnya. Sedangkan
keberhasilan dosen sebagai subjek
mengajar selain ditentukan oleh kualitas individualnya, juga sangat dipengaruhi
jumlah dosen, yang ukurannya diadaptasikan dengan jumlah mahasiswa. Dalam
melihat kualitas dosen, ukuran yang dipakai adalah ijazah pendidikan terakhir,
kualifikasi jabatan akademik dan pengalaman pengajar, pengalaman research dan
praktek pengabdian masyarakat (Sanusi Uwes, 1999: 1).
Di STAIN Malang misalnya, tingkat
keberhasilan dosen dan mahasiswa diindikasikan dengan lulusan (out comes)
yang memiliki beberapa kualifikasi sebagai berikut: (1) kemandirian; (2) siap
kompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain; (3) berwawasan akademik global;
(4) mampu memimpin atau sebagai penggerak ummat; (5) bertanggung jawab dalam
mengembangkan agama Islam di tengah-tengah masyarakat; (6) berjiwa besar,
selalu peduli pada orang lain/gemar berkorban untuk kemajuan bersama; dan (7)
mampu menjadi tauladan bagi masyarakat sekeliling-nya (Pedoman Pendidikan STAIN
Malang 2000/2001). Kualifikasi tersebut dimungkinkan dapat tercapai jika STAIN
Malang mampu mengkolaborasikan potensi-potensi yang dimiliki dosen dan
mahasiswa, dan pada saat bersamaan selalu berupaya mengembangkan kualitas dosen
melalui berbagai macam kegiatan pengembangan dan pembinaan baik secara formal
maupun non formal.Contoh Skripsi
Sementara itu masih ditemui beberapa
dosen di perguruan tinggi Islam, termasuk STAIN Malang yang relatif masih
menggunakan metode dan pendekatan konvensional dalam sistem pembelajarannya,
yang oleh Freire (1999:12) dikatakan dengan the banking concept. Konsep
tersebut memberlakukan anak didik atau mahasiswa sebagai bejana yang kosong
yang akan diisi sebagai sarana tabungan
atau investasi ilmu pengetahuan yang akan dipetik kelak. Jadi guru atau dosen
menjadi subyek aktif sementara mahasiswa atau peserta didik hanya menjadi obyek
pasif. Karena itu, Freire (1999:12) berusaha mendekonstruksi pola pembejaran di
atas dengan mengembangkan visi pembebasan yang menempatkan masusia sebagai
manusia yang merdeka, bebas, dan aktif. Metode dan pendekatan konvensional
tersebut terlihat pada performansi dosen dalam menyampaikan materi-materi
perkuliahan yang lebih banyak memakai sistem ceramah layaknya seperti
“pengajian” bukan “pengkajian”, sementara materi-materi yang diberikan masih
relatif “kuno”, artinya apa yang diajarkan oleh dosen-dosen pada sepuluh tahun
yang lalu masih diajarkan sekarang tanpa modifikasi dan pengembangan yang
disesuaikan dengan konteks yang dihadapi sekarang, keadaan demikian berarti
kontra produksi dengan peran dan tugas pendidikan yang seharusnya proaktif
terhadap perkembangan tidak sebaliknya bersikap pasif, reaktif, dan
antisipatif, terlebih lagi jika dilihat peran dan tugas perguruan tinggi sebagai
agen of cange dalam kerangka pengabdian masyarakat, maka metode dan
pendekatan seperti tersebut di atas tidak malah mencerdaskan mahasiswa atau
peserta didik malah justru mematikan kretifitas mahasiswa.
Persoalan lain adalah masih
ditemukan adanya ketidaksesuaian antara keahlian/disiplin ilmu dosen dengan
mata kuliah yang diajarkan, akibatnya proses pembelajaran berjalan seiring
dengan proses pencarian dosen terhadap materi pembelajaran yang akan
disampaikan, dan yang paling ironis adalah ketika mahasiswa lebih cepat
memeperoleh pengetahuan tentang materi pembelajaran dari pada dosen
pembimbingnya, sehingga pada akhirnya kepercayaan mahasiswa terhadap
kredebilitas dosen akan turun.
Di samping itu, dibukanya jurusan
dan program studi baru juga menjadi problem tersendiri manakala pada saat yang
sama tidak diimbangi dengan langkah-langkah cepat terhadap perubahan tersebut
dengan menyiapkan tenaga dosen yang mempunyai disiplin ilmu tertentu dalam
mengajar agar dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Dibukanya jurusan
baru membutuhkan dosen baru yang sesuai dengan kebutuhan jurusan dengan
mempertimbangkan rasio jumlah mahasiswa dan mata kuliah dengan jumlah SKS yang
harus diselesaikan mahasiswa. Dimaklumi bahwa STAIN Malang saat ini menerima
mahasiswa dengan jumlah yang lebih besar dengan periode sebelumnya. Pada
periode 2000/2001 ini STAIN Malang menerima mahasiswa baru sejumlah seribu lima puluh lima empat (1054) mahasiswa
(Buku Laporan Ikoma STAIN Malang 2000/2001: 49).
Dari uraian di atas terdapat dua persoalan
mendasar yang dihadapi STAIN Malang kaitannya dengan pengembangan kualitas
dosen: pertama, adalah problem pengadaan tenaga dosen baru, yang
meliputi; penentuan kebutuhan, rekrutmen dan seleksi, serta pengangkatan dan
penugasan; kedua, problem pembinaan dan pengembangan, yang meliputi
berbagai program dan kegiatan yang dimaksudkan untuk pengembangan kualitas
dosen.
B.
RUMUSAN
MASALAH DAN FOKUS PENELITIAN
Berdasarkan pada persoalan dan
tantangan STAIN Malang seperti diuraikan pada latar belakang di atas, maka
penelitian ini difokuskan pada persoalan tentang pengembangan STAIN Malang
menjadi beberapa jurusan dan program studi dan kegiatan manajemen pengembangan
kualitas dosen terkait dengan pengembangan STAIN Malang yang meliputi;
perencanaan dalam pengadaan, seleksi dan pengangkatan; dan pembinaan serta
pengembangan kualitas dosen STAIN Malang. Untuk itu permasalahan penelitian ini
dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:
1.
Mengapa STAIN
Malang membuka Jurusan dan atau Program Studi baru?
2.
Bagaimana
manajemen pengembangan kualitas dosen kaitannya dengan pembukaan jurusan dan
atau Program Studi di atas ?
a.
Bagaimana proses perencanaan yang dilakukan STAIN Malang dalam pengadaan, seleksi dan pengangkatan dosen baru ?
b. Bagaimana proses pembinaan dan pengembangan yang
dilakukan STAIN Malang dalam peningkatan kualitas dosen ?
3.
Apa yang
mempengaruhi proses perencanaan dan pembinaan serta pengembangan kualitas dosen STAIN Malang ?
===================================
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
No comments:
Post a Comment