untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Saturday, January 7, 2012
korelasi antara keprofesionalan guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak | Contoh Skripsi
Penulis : -
Kode : 119
Judul : benarkah ada korelasi antara keprofesionalan
guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak di mts
mambaul ulum tulupari tiris probolinggo
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang Masalah
Salah satu komponen lembaga pendidikan yang tertua dan
terpenting adalah guru atau pendidik. Secara historis, pendidikan memang
dimulai ketika orang tua mendidik anaknya untuk berbuat dan berperilaku
tertentu. Ketika beban kehidupan bertambah berat dan rumit, serta para orang
tua mengalami kesulitan dalam mendidik anak, maka muncul peran guru sebagai
pembantu orang tua dalam mendidik anak.Contoh Skripsi
Peran seorang guru dalam proses belajar mengajar sangat
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, karna peran seorang guru dalam
proses belajar mengajar merupakan komponen yang tidak bisa dilepaskan dalam
dunia pendidikan. Dalam hal ini sosok guru yang bagaimanakah yang kita harapkan
dizaman sekarang ini. Secara konseptual guru yang diharapkan adalah sosok guru
yang ideal artinya yang diterima oleh setiap pihak yang terkait. Dipandang dari
segi siswa, guru yang ideal adalah guru yang memiliki penampilan sedemikian
rupa, sebagai sumber motivasi, belajar yang menyenangkan[1]. Dari
sudut pandang orang tua murid, guru yang diharapkan adalah guru yang mampu
menjadi mitra pendidik bagi anak-anak yang dititipkan untuk dididik. Orang tua
sangat mengharap agar guru menjadi orang
tua di sekolah sehingga dapat melengkapi, menambah, memperbaiki, pola-pola
pendidikan dalam keluarga. Dari sudut pandang pemerintah, menginginkan agar
guru mampu berperan secara profesional sebagai unsur penunjang dalam kebijakan
program pemerintah terutama dibidang pendidikan. Dari sudut pandang masyarakat
luas, pada hakekatnya guru adalah wakil masyarakat dilembaga pendidikan dan
wakil lembaga pendidikan di masyarakat. Guru merupakan unsur masyarakat yang
diharapkan mampu mempersiapkan anggota masyarakat yang sebaik-baiknya. Dari
sudut pandang budaya, guru merupakan subyek yang berperan pewaris budaya dari
generasi satu ke generasi berikutnya dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
Sedangkan dari sudut pandang guru sendiri, mereka sangat mengharapkan adanya
pengakuan terhadap keberadaan dirinya sebagai pribadi insani pendidikan dan
diberikan peluang untuk mewujudkan otonomi pedagogisnya, guru mengharapkan agar
memperoleh kesempatan untuk mewujudkan kinerja pribadi dan profesional melalui
pemberdayaan diri secara kreatif.Contoh Skripsi
Jadi yang kita butuhkan sekarang bukan hanya sekedar orang
yang bisa mengajar saja, tetapi kita butuh orang yang profesional dalam
mendidik dan mengajar, yaitu para guru yang dapat memadukan tiga isi pendidikan
: pertama, mempertinggi mental-moral-budi pekerti dan memperkuat
kenyakinan beragama ; kedua, mempertinggi kecerdasan dan keterampilan; ketiga,
membina / memperkembangkan fisik yang kuat dan sehat[2].
Point kedua dan ketiga terkandung dalam hadits Nabi SAW: ”ajarilah
anak-anakmu berenang dan memanah” (HR.Baihaqi). berenang berarti melakukan
sesuatu untuk menyehatkan tubuh. Memanah berarti mengasah kecerdasan dan
keterampilan. Untuk memperoleh guru yang profesional.Contoh Skripsi
Guru yang profesional adalah guru yang dapat mencetak manusia
yang berprestasi, dapat mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan agama
guna menyongsong masa depan yang lebih cerah. Sehingga manusia memiliki
kecerdasan intelektual dan spiritual, berimtaq dan beriptek. Dan yang paling
mendasar adalah prestasi siswa, bukan hanya dilihat dari segi kecerdasan
akal saja, tetapi juga kecerdasan
moralnya. Akal dan moral dua unsur penting dalam diri manusia maju. Akal adalah
penggerak kemajuan, moral adalah kemudi gerak kemajuan tadi. Moral tanpa akal
lumpuh, sedangkan akal tanpa moral akan menjerumuskan.Contoh Skripsi
Dalam hubungannya dengan profesi guru, paling tidak ada tiga
karakter yang harus dikuasai untuk menjadi guru profesional, yaitu : (a) harus
menguasai bidang keilmuan, pengetahuan dan keterampilan yang akan diajarkan
kepada murid. Sebagai guru yang profesional, ilmu pengetahuan dan keterampilannya
itu harus terus ditambah dan dikembangakan dengan melakukan kegiatan
penelitian, baik penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan. Kemampuan
penelitian ini semakin penting dimiliki dan dilakukan mengingat perkembangan
ilmu pengetahuan sudah demikian pesat. Dengan cara demikian ilmu pengetahuan
yang diajarkan oleh guru kepada siswanya akan tetap up to date, aktual, dan
relevan dengan kebutuhan masyarakat, (b) harus memiliki kemampuan penyampaian
pengetahuan yang dimilikinya secara efektif dan efisien. Untuk itu, sebagai
guru profesional harus mempelajari ilmu keguruan dan ilmu pendidikan, terutama
yang berkaitan dengan Dedaktik dan Metodik serta Metodologi pembelajaran yang
didukung oleh pengetahuan dibidang psikologi anak atau psikologi pendidikan.
(c) harus memiliki kepribadian dan budi pekerti yang mulia yang dapat mendorong
para siswa untuk mengamalkan ilmu yang diajarkannya dan agar guru dapat
dijadikan sebagai suri tauladan atau panutan dalam setiap prilakunya[3].Contoh Skripsi
Berdasarkan penjelasan diatas, maka penulis merasa tertarik
untuk meneliti permasalahan tentang “Benarkah ada korelasi antara
keprofesionalan guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Aqidah
akhlak di MTs Mambaul Ulum Tulupari Tiris Probolinggo”.
1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah bertujuan untuk
mempertegas dan membatasi permasalahan yang diteliti serta mempermudah
pelaksanaan penelitian. Dalam merumuskan masalah dalam skripsi ini, peneliti
hanya mengambil dua dari tiga karakter yang diungkapkan oleh Abuddin Nata, diantaranya
sebagai berikut :
1. Seberapa besar korelasi antara keterampilan (skill) guru dengan prestasi
belajar siswa dalam bidang Aqidah Akhlak di MTs Mambaul Ulum?
2. Seberapa besar korelasi antara Attitud sikap guru dengan prestasi belajar
siswa dalam bidang Aqidah Akhlak di MTs
Mambaul Ulum ?
===================================
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah
[1] Departemen Agama, petunjuk peningkatan mutu pendidikan
dimadrasah ibtdaiyah.(Jakarta:Dirjen Kelembagaan pembinaan Agama
Islam,2000),14
[2] H.Zainal
Abidin,”memperkembangna dan mempertahankan Pendidikan Islam di indonesia”(jakarta: Bulan Bintang,1976
)
[3] Abuddin Nata,
Paradigma
Pendidikan Islam, (Jakarta : PT Grasindo,
2001 cet-1) 139-140
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
No comments:
Post a Comment