SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, February 1, 2012

problematika pengajaran al qur'an hadits dan usaha penyelesaiannya | Contoh Skripsi

Contoh Skripsi
Penulis    : -
Kode    : 135
Judul    : Problematika Pengajaran Al Qur'an Hadits dan Usaha Penyelesaiannya di MI Miftahul Islam Sukodadi Paiton Probolinggo
==============================================



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan peningkatan mutu pendidikan, maka tugas guru semakin kompleks, guru menduduki posisi sentral sebab peranannya sangat menentukan. Seorang guru diharapkan mampu menerjemahkan isi yang terdapat dalam kurikulum melalui pengajaran. Guru dituntut memiliki wawasan yang berhubungan bidang studi atau mata pelajaran yang diajarkan dan wawasan yang berhubunan dengan kependidikan dalam rangka menyampaikan isi pengajaran kepada siswa. Kedua wawasan tersebut merupakan satu kesatuan sehingga dapat disebut wawasan profesionalme keguruan. Begitulah seorang guru khususnya guru pendidikan agama Islam harus memiliki wawasan keagamaan dalam arti menguasai materi pengajaran dan wawasan kependidikan yang berarti mampu mengajarkan materi pendidikan agama Islam kepada siswa di sekolah (Depag RI., 1997:2).
Contoh Skripsi
Demikian halnya dengan penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), berbagai upaya di bidang pendidikan ditempuh dengan harapan agar potensi yang telah dimiliki siswa dapat berkembang seoptimal mungkin, tetapi munculnya berbagai tantangan dan hambatan yang menjadi kendala pelaksanaan pendidikan tidak bisa dihindari. Diantara kendala-kendala dalam proses pendidikan anak itu ada yang bersifat internal menyangkut keterbatasan waktu, media, personalia dan dana. Sedangkan yang bersifat eksternal berupa lingkungan anak, terutama pengaruh budaya anak dan pergeseran nilai agama yang tumbuh di lingkungan sekitarnya. (Muhaimin, 1997:238).Contoh Skripsi
Disamping itu kesulitan serta prestasi belajar rendah siswa masih sering kita jumpai dan masih banyak lagi problem yang lainnya yang merupakan indikator adanya tantangan dan hambatan dalam upaya mengembangkan potensi siswa secara maksimal.Contoh Skripsi
Peneliti tertarik memilih judul “Problematika Pengajaran Al Qur’an Hadits dan Upaya Penyelesaiannya di MI Miftahul Islam Sukodadi Paiton Probolinggo”. Masalah pengajaran Al Qur’an Hadits merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Al Qur’an selain sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi manusia juga dapat membimbing dan menuntun manusia ke arah jalan yang lurus, jalan keselamatan dan kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat.Contoh Skripsi
Sebagaimana kita ketahui, bahwa wahyu pertama turun atau ayat-ayat Al Qur’an yang pertama kali diturunkan Allah SWT., kepada Nabi Muhammad SAW. adalah menyangkut perintah membaca, menelaah, meneliti, menghimpun dan mencari-cari sesuatu, yang kemudian direalisasikan dalam bentuk perbuatan dan hanya bagi orang yang sungguh-sungguh dan bertaqwa. Sebagaimana firman-Nya.Contoh Skripsi
 
“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan, Dia menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah, yang telah mengajarkan (manusia) dengan perantaraan qalam (tulis baca). Dia mengajarkan manusia apa  yang tidak diketahui.” (QS. Al Alaq, 1-5)

Begitu juga dalam Undang-undang sistem pendidikan nasional dijelaskan bahwa :Contoh Skripsi

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara”. (UU. Sisdiknas, 2003:1).

Untuk menumbuhkan dan menjadikan manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah SWT. maupun di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tersebut, maka salah satu jalan adalah melalui pendidikan Agama Islam khususnya bidang studi Al Qur’an Hadits.
Mata pelajaran Al Qur’an Hadits adalah salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah yang digunakan untuk mengarahkan pemahaman dan penghayatan isi yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits yang diharapkan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam prilaku yang memancarkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. sesuai dengan ketentuan Al Qur’an dan Hadits. (Depag RI., 1994)

Pengajaran Al Qur’an Hadits diberikan anak melalui tiga lembaga, dimana yang paling penting dan mendasar sekali adalah keluarga, yang merupakan tempat pertama dan utama serta fundamen tempat berpijak bagi anak dalam memperoleh pengajaran Al Qur’an Hadits. Selanjutnya di sekolah dan masyarakat, namun tidak berarti bahwa kedua lembaga pendidikan lainnya tidak penting. Semua itu telah diatur dalam kurikulum, dimana pendidik menerapkannya disesuaikan dengan situasi, kondisi serta kemampuan anak didik.Contoh Skripsi
Al Qur’an Hadits adalah merupakan sumber ajaran Islam. Pembelajaran Al Qur'an Hadits di MI bertujuan untuk memberikan kemampuan-kemampuan dasar kepada siswa dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca Al Qur'an Hadits juga bertujuan untuk mendorong membina dan membimbing akhlaq dan perilaku siswa dengan berpedoman kepada Al Qur'an Hadits (Depag RI.,:1994).Contoh Skripsi
Untuk mencapai keberhasilan pendidikan, khususnya bidang studi Al Qur'an Hadits bukanlah hal yang mudah, sebab untuk mencapai tujuan yang diinginkan itu harus ditunjang oleh berbagai faktor, yaitu faktor anak didik itu sendiri, orang tua di rumah, serta para guru sebagai pendidik di sekolah, tetapi yang paling dominan adalah anak didik itu sendiri.
Memang ada anak yang belajar karena kesadarannya sendiri, atau yang tumbuh dari dalam dirinya berupa minat dan perhatian, rasa ingin tahu, rasa ingin berhasil, dan sebagainya, sehingga ia belajar dengan rajin, tekun tanpa disuruh ole orang lain atau dari luar dirinya.
Dengan mengetahui problema-problema atau masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang studi Al Qur'an Hadits, mala dapatlah sedini mungkin untuk mengantisipasi.

B.     Perumusan Masalah

Bertitik tolak dari latar belakang di atas, maka dapat diungkapkan permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, yaitu tentang “Problematika Pengajaran Al Qur'an Hadits dan Usaha Penyelesaiannya di MI Miftahul Islam Sukodadi Paiton Probolinggo”. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut :
1.      Apa saja problem pelaksanaan pengajaran Al Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Islam Sukodadi Paiton Probolinggo ?
2.      Usaha apa saja yang dilakukan oleh guru bidang studi Al Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Islam Sukodadi Paiton Probolinggo ?

=================================== 
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware: 
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html


No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive