SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Friday, May 11, 2012

pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :185
Judul     :  PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah


Terwujudnya keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Untuk dapat mewujudkan  keadaan  sehat  tersebut  banyak  hal  yang  diperlukan,  salah  satu diantaranya   yang   dinilai   mempunyai   peran   yang   cukup   penting   adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan.
Rumah sakit sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan memiliki tiga fungsi yaitu fungsi sosial, fungsi ekonomi dan fungsi ilmu pengetahuan teknologi. Rumah sakit bertanggungjawab memberikan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, terjangkau dan bermutu sesuai standar dan etika profesi, sehingga dapat menjadi acuan dan informasi serta memenuhi harapan dan kepuasan masyarakat.Contoh Skripsi

Rumah sakit sebagai organisasi pelayanan kesehatan masyarakat, berfungsi melayani masyarakat secara luas dalam bentuk jasa. Untuk mencapai sasaran yang diinginkan  manajemen,  rumah  sakit  menuntut  karyawan  untuk  meningkatkan kinerjanya. Pasien yang datang baik untuk pelayanan rawat inap ataupun rawat jalan akan  memberikan  respon  yang  positif  terhadap  pelayanan  pegawai  yang  baik, sehingga mampu meningkatkan kunjungan pasien ke rumah sakit. Hasil akhir dari keberhasilan pelayanan   rumah sakit dapat dilihat dari tingkat Bed Occupancy Rate (BOR). Semakin tinggi tingkat BOR yang dicapai rumah sakit, dapat dijadikan 
indikator untuk menilai kinerja karyawan dalam melaksanakan pengobatan maupun perawatan pasien.
indikator untuk menilai kinerja karyawan dalam melaksanakan pengobatan maupun perawatan pasien.Contoh Skripsi
Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan  utama  di  kabupaten  Rokan  Hulu,  merupakan  rumah  sakit  kelas  C. Berdasarkan data yang diperoleh dari RSUD Rokan Hulu pada tahun 2007, jumlah tempat tidur 109 TT, jumlah kunjungan rawat jalan di RSUD ini sebanyak 14.867 orang, serta rawat inap 2.900 orang. Sedangkan hasil pelayanan nya dapat di lihat pada tabel 1.1.
Tabel 1.1.  Hasil Pelayanan RSUD Rokan Hulu 2005 S.D. 2007

No          Tahun  BOR    LOS    TOI     BTO
1 2005    33,39   2,68     2,99     45,43
2 2006    34,30   3,34     3,09     31,37
3 2007    35,42   3,25     5,74     41,09
Sumber : Rekam Medik RSUD Rokan Hulu, 2007
Pada Tabel 1.1. dapat dilihat bahwa tingkat pemanfaatan Rumah Sakit masih rendah  pada  tahun 2007  yaitu  Bed  Occupancy  Rate (BOR) yaitu  persentase pemakaian tempat tidur pada satu satuan waktu tertentu yang hanya 35,42 % (Standar Depkes, > 75%), Length Of Stay (LOS) yaitu rata-rata lama rawatan seorang pasien 3,25 (Standar Depkes 5-12 hari), Turn Over Interval (TOI) yaitu rata-rata hari, tempat tidur tidak ditempati dari saat terisi ke saat terisi berikutnya 5,74 (Standar Depkes 1-3 hari), Bed Turn Overl (BTO) yaitu frekuensi pemakaian tempat tidur 41,09 (Standar 40-50 kali). Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa tingkat pemanfaatan Rumah Sakit  masih  rendah.  Dari  hasil  wawancara  dengan  bagian  kepegawaian RSUD

didapat fakta bahwa para karyawan sering meninggalkan tugas pada saat jam kerja,
pulang sebelum jam kerja habis, tingkat kehadiran karyawan di rumah sakit yang
hanya rata-rata 75% (bagian kepegawaian RSUD Rokan Hulu) dan beban kerja tidak merata. Disamping itu didapatkan juga bahwa sebagian karyawan di RSUD Rokan Hulu  saat  ini  adalah  karyawan  yang  sebelumnya  bekerja  di  Pusat  Kesehatan Masyarakat  (Puskesmas) dan sebagian lagi adalah karyawan yang baru diangkat rumah sakit hampir tidak ada. Belum lagi sorotan dari masyarakat tentang buruknya pelayanan yang diberikan para karyawan.
Rumah Sakit untuk mencapai sasaran yang diinginkan yaitu peningkatan kunjungan pasien , karyawan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya (Gibson,  1997). Mengingat pentingnya kinerja karyawan dalam mencapai kinerja organisasi,  maka  perlu  dikaji  faktor-faktor  yang  dapat  meningkatkan  kinerja karyawan untuk menunjang keberhasilan Rumah Sakit di kemudian hari.
Upaya peningkatan  kinerja  karyawan  menuntut  peran  manajemen  dalam melakukan pendekatan kepemimpinan yang efektif, bahwa keberhasilan Rumah Sakit sangat  tergantung  pada  kemampuan  pemimpinnya.  Dengan  kemampuan  yang dimilikinya pemimpin dapat mempengaruhi karyawannya untuk melakukan pekerjaan sesuai   dengan   apa   yang   diinginkannya.   Kemudian  dalam  mengantisipasi permasalahan  diperlukan  seorang  pemimpin  yang  dapat  melihat  kondisi  dan Upaya peningkatan  kinerja  karyawan  menuntut  peran  manajemen  dalam melakukan pendekatan kepemimpinan yang efektif, bahwa keberhasilan Rumah Sakit sangat  tergantung  pada  kemampuan  pemimpinnya.  Dengan  kemampuan  yang dimilikinya pemimpin dapat mempengaruhi karyawannya untuk melakukan pekerjaan sesuai   dengan   apa   yang   diinginkannya.   Kemudian  dalam  mengantisipasi permasalahan  diperlukan  seorang  pemimpin  yang  dapat  melihat  kondisi  dan
kebutuhan karyawan (Porte - Lawller, dalam Steers RM, 1996). Dan dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa mengerti perilaku organisasi yang sedang dihadapinya sehingga ia mampu membawa organisasinya mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama melalui pencapaian visi organisasi. Menurut Steers (dalam Saribu, 2006) manajer sebagai seorang pemimpin harus mampu menciptakan budaya organisasi yang kondusif, saling mendukung satu sama lain, saling menguatkan yang akan membangkitkan energi organisasi dalam menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif.  Dalam  mencapai  tujuan  organisasi,  pimpinan  menggunakan  gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan adalah prilaku dan strategi, sebagai hasil kombinasi dari falsafah, keterampilan, sifat, sikap, yang sering diterapkan seorang pemimpin ketika mencoba mempengaruhi kinerja bawahannya (Rivai, 2004).
Peranan  gaya  kepemimpinan, dalam  mempengaruhi kinerja karyawannya adalah  pentingnya  kepuasan  kerja.  Robbin (2003)  menyatakan  Kepuasan Kerja merupakan sikap umum yang merupakan hasil dari beberapa sikap khusus terhadap faktor-faktor pekerjaan, penyesuaian diri dan hubungan sosial individu di luar kerja. Menurut Sunarto (2004) kepentingan para manajer pada kepuasan kerja cenderung berpusat pada efeknya terhadap kinerjanya. Rumah Sakit perlu memperhatikan dan menciptakan  kondisi  adanya  keseimbangan  antara  pencapaian  tujuan  individual karyawannya  dimana  salah  satu  tujauan  individu  karyawan  adalah  tercapainya kepuasan dalam bekerja. Pihak manajemen perlu mengetahui yang diinginkan oleh karyawan untuk meningkatkan kontribusi mereka dalam bekerja. Seorang karyawan dengan tingkat kepuasan kerja yang tinggi akan menunjukkan sikap yang positif terhadap pekerjaannya, dan seorang karyawan yang tidak puas akan menunjukkan sikap  yang negatif  terhadap  pekerjaannya.  Jika  karyawan  merasa puas terhadap perlakuan yang diterimanya di tempat kerja, maka mereka akan bersemangat untuk bekerja sebagaimana yang diharapkan sehingga akan meningkatkan kinerja mereka dan selanjutnya akan meningkatkan kinerja organisasi (Nursiah, 2004).


1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian diajukan adalah:
1.  Apakah gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja di RSUD Rokan Hulu.
2.  Apakah gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di RSUD Rokan Hulu. 

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah



No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive