SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, May 9, 2012

pembelajaran matematika realistik terhadap materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :181
Judul     : Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV SDN Tegalgondo Karangploso Malang
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah






Peningkatan  mutu  pendidikan  termasuk  pendidikan  matematika

merupakan   suatu   hal   yang   mutlak   harus   terus   diupayakan,   karena

pendidikan  memegang  peranan  penting  untuk  meningkatkan  kualitas

sumber   daya   manusia.   Pendidikan   yang   bermutu   dapat   memberikan

bekal kepada siswa agar dapat memenuhi tuntunan hidup menyelesaikan

permasalahan-permasalahan    dalam    kehidupan.    Secara    lebih    luas,

pendidikan   yang   bermutu   dapat   menyiapkan   siswa   untuk   menjadi

manusia masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.Contoh Skripsi


Matematika  dipelajari  hampir  disetiap  jenjang  pendidikan.  Ini

merupakan  wujud  dari  pangakuan  bahwa  matematika  sangat  dibutuhkan

dalam  pengembangan  pengetahuan  dan  kehidupan  sehari-hari.  Sekolah

merupakan salah satu lembaga yang memberikan kesempatan pada siswa

untuk mempelajarinya, menghargai dan memperoleh nilai, tetapi banyak

permasalahan-permasalahan yang menghambat siswa berhasil malakukan

hal-hal  tersebut.  Hal  ini  tentunya  tidak  terlepas  dari  bagaimana  seorang

guru  menggunakan  srategi  mengajar  yang  baik,  serta  memperhatikan

pendekatan    mengajar    yang    sesuai    dengan    keadaan    siswa,    bukan

pendekatan   mengajar   yang   bersifat   monoton   serta   kurang   bervariasi,

karena  hal  ini  dapat  membuat  siswa  kurang  motivasi  atau  keinginan

untuk mempelajari matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu

diteliti   suatu   pendekatan   lain   dalam   pembelajaran   matematika   yang

memungkinkan  siswa  dapat  mengoptimalkan  kemampuannya.  Hal  ini

sesuai dengan pendapat Soedjadi (1999:6), bahwa pendidikan merupakan

upaya sadar yang dilakukan agar peserta didik atau siswa dapat mencapai

tujuan  tertentu,  maka  diperlukan  wahana  yang  dapat  menggambarkan

sebagai  kendaraan.  Lebih  jauh  (Setyosari  dalam  Arindawati  &  Huda,

2004:39)   menyatakan   bahwa   Pembelajaran   merupakan   suatu   usaha

manusia  yang  dilakukan  dengan  tujuan  untuk  membantu  memfasilitasi

belajar  orang  lain.  Secara  khusus,  pembelajaran  merupakan  upaya  yang

dilakuakan  oleh  guru,  instruktur,  pelaku  pembelajaran  dengan  tujuan

untuk membantu siswa atau peserta didik agar ia belajar dengan mudah.Contoh Skripsi
merupakan   ilmu   dasar   yang   mempunyai   peranan

penting   dalam   perkembangan   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi,   baik

sebagai  alat  bantu  dalam  penerapan  bidang  ilmu  lain  maupun  dalam

pengembangan  ilmu  matematika  itu  sendiri.  Hal  ini  mengimplikasikan

bahwa   seharusnya   siswa   dapat   menguasai   matematika   dengan   baik.

Namun secara umum kenyataannya menunjukan bahwa mutu pendidikan

matematika  sampai  saat  ini  masih  rendah,  siswa  belum  menunjukan

keberhasilan yang menggembirakan (Inganah,2004:1).

Soedjadi  (1999:101)  menyatakan  guru  sebagai  pendidik  harus

menyadari  bahwa  kemajuan  pendidikan  lebih  tergantung  pada  dedikasi

guru   serta   kreativitasnya.   Oleh   karena   itu   rendahnya   pembelajaran

matematika  disekolah  sangat  ditentukan  oleh  guru,  karena  guru  sebagai

ujung  tombak  kegiatan  pembelajaran  dikelas.  Kondisi  ini  disebabkan

belum    efektifnya    penggunaan    strategi,    pendekatan    mengajar,    dan

lemahnya  kemampuan  guru  matematika  SD  dalam  menguasai  materi

pelajaran tertentu.
Kebanyakan  siswa  mengalami  kesulitan  dalam  mengaplikasikan

matematika ke dalam situasi kehidupan real.   Hal lain yang menyebabkan
matematika  bagi  siswa  adalah  karena  pembelajaran  matematika

kurang    bermakna.     guru    dalam    pembelajarannya    di    kelas    tidak

mengaitkan  dengan  skema  yang  telah  dimiliki  oleh  siswa  dan  siswa

kurang     diberikan     kesempatan     untuk     menemukan     kembali     dan

mengkonstruksi   sendiri   ide-ide   matematika.    Mengaitkan   pengalaman

kehidupan nyata anak dengan ide-ide matematika dalam pembelajaran di

kelas  penting  dilakukan  agar  pembelajaran  bermakna.  Bila  anak  belajar

matematika terpisah dari pengalaman mereka sehari-hari maka anak akan

cepat      lupa      dan      tidak      dapat      mengaplikasikan      matematika.

(http://www.depdiknas.go.id/jurnal/38/matematika%20)

Berdasarkan  pendapat  di  atas,  pembelajaran  matematika  di  kelas

ditekankan  pada  keterkaitan  antara  konsep-konsep  matematika  dengan

pengalaman   anak   sehari-hari.    Selain   itu,   perlu   menerapkan   kembali

konsep  matematika  yang  telah  dimiliki  anak  pada  kehidupan  sehari-hari

atau pada bidang lain sangat penting dilakukan.   Salah satu pembelajaran

matematika  yang  berorientasi  pada  matematisasi  pengalaman  sehari-hari

(mathematize   of   everyday   experience)   dan   menerapkan   matematika
kehidupan  sehari-hari  adalah   pembelajaran  Matematika  Realistik

(MR).

Pemilihan   materi   penelitian   operasi   hitung   bilangan   bulat   ini

dengan pertimbangan bahwa materi ini sangatlah esensial yang diajarkan

di  SD,  SMP,  dan  SMA,  bahkan  sampai  keperguruan  tinggi.  Selain  itu

siswa juga masih merasa kesulitan dan merasa belum begitu teliti dalam

menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.

Pendekatan     Matematika     Realistik     (PMR)     atau     Realistic

Mathematics    Education    (RME)    merupakan    konsep    belajar    yang

membantu  guru  mengaitkan  antara  materi  yang  diajarkannya  dengan

situasi   dunia   nyata   siswa   dan   mendorong   siswa   membuat   hubungan

antara   pengetahuan   yang   dimilikinya   dengan   penerapannya   dalam

kehidupan  mereka  sebagai  anggota  keluarga  dan  masyarakat.  Dengan

konsep  itu  hasil  pembelajaran  diharapkan  lebih  bermakna  bagi  siswa.

Sejalan  dengan  teori  yang  berkembang  saat  ini,  seperti  konstruktivisme

maupun   kontekstual   mewakili   teori   pembelajaran   umum,   pendidikan

metematika   realistik   adalah   suatu   pembelajaran   yang   dikembangkan

khusus  untuk  matematika.  Selanjutnya  juga  bahwa  konsep  pendidikan
matematika realistik    sejalan dengan kebutuhan memperbaiki pendidikan

matematika   di   Indonesia   yang   didominasi   oleh   persoalan   bagaimana

meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dan pengembangan

daya nalar. (http://www.depdiknas.go.id/jurnal/38/matematika%20)

Berdasarkan  uraian  diatas  maka  perlu  diadakan  suatu  penelitian

dengan judul

"Pembelajaran       Matematika       Realistik       Terhadap       Materi

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV

SDN Tegalgondo Karangploso Malang".

1.2   Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  maka  rumusan  masalah  dalam

penelitian ini adalah:

1.     Bagaimana     aktivitas     guru     dan     siswa     selama     proses

pembelajaran matematika realistik berlangsung?

2.   Bagaimana   ketuntasan   belajar   siswa   dengan   menggunakan

pembelajaran    matematika    realistik    pada    materi    hitung

penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat?
3.   Bagaimana  respon  siswa  terhadap  pelaksanaan  pembelajaran

matematika   realistik   pada   materi   hitung   penjumlahan   dan

pengurangan bilangan bulat?


=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah


No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive