SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Wednesday, June 1, 2011

pendidikan berbasis islam

kode : oo2 
judul : pendidikan berbasis islam

PENDIDIKAN NILAI BERBASIS ISLAM
(Proses Penanaman Budi Pekerti dalam Bingkai Pendidikan Agama Islam)

SKRIPSI



Oleh :
Aisyah Wardahlia Kurniawati
Nim. 04110202








JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
JANUARI 2009


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL             ..................................................................................  i
HALAMAN PENGAJUAN ........................................................................ ii
HALAMAN PERSETUJUAN .................................................................... iii
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................... iv
HALAMAN PERSEMBAHAN .................................................................. v
HALAMAN MOTTO .................................................................................. vi
NOTA DINAS ............................................................................................  vii
HALAMAN PERNYATAAN ...................................................................  viii
KATA PENGANTAR ................................................................................. ix
DAFTAR ISI ...............................................................................................  x
ABSTRAK ................................................................................................... xi
BAB I : PENDAHULUAN .......................................................................  1
A.    Latar Belakang Masalah ...............................................................  1
B.     Fokus Penelitian ............................................................................  4
C.     Rumusan Masalah..........................................................................  5
D.    Tujuan Penelitian............................................................................ 5
E.     Manfaat Penelitian.......................................................................    6
F.      Definisi Operasional ..................................................................     7
G.    Desain Penelitian.........................................................................    10
a. Metode penelitian ...................................................................    10       
b. Sumber Data ...........................................................................    13
c. Tehnik Pengumpulan Data ........................................................  14
d. Tehnik Analisis Data.................................................................. 14
H.    Sistematika Pembahasan ..............................................................   15
BAB II : Teori Moralitas dan Konsep Pendidikan Nilai......................... 18
A.    Teori Moral....................................................................................  20
1.      Moralitas, Akhlak, Budi Pekerti dan Perkembangan Moral           20
2.      Konvensi Moralitas....................................................................     25
3.      Moralitas Agama.......................................................................     29
B.     Landasan  Pendidikan Nilai…………………………..................   31
1. Pengertian Nilai…………………………………………...     31
2. Macam-Macam Nilai……...………………………………..    35
3. Proses Pembentukan Nilai………………………………….   37
4. Model Penanaman Nilai…………………………………….   39
C.     Peran Nilai Dalam Proses Pendidikan ………………………..      40
BAB III. Penanaman Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam
  sebagai Perwujudan Diri .......................................................... 42
A.    Manusia dan Pendidikan dalam Pandangan Islam ........................ 42
1.   Konsep Manusia dalam Pandangan Islam ...............................   44
a.Mengenal Ikhwal Manusia.....................................................  64
b. Peran Manusia dalam Kehidupan ............................. .........   69
2.   Pendidikan Islam ....................................................................    75
a. Pengertian Pendidikan Islam ................................................ 76
b. Dasar Pendidikan Islam .......................................................  86
c. Tujuan Pendidikan dalam Islam .........................................    89
d. Pola Pembelajaran di Masa Nabi saw .......................             97
B.     Pendidikan: Upaya Penyadaran Fitrah Manusia.................            110
1.      Cara Memperoleh Nilai............................................          113
2.      Nilai-Nilai Keagamaan..................................................     114  
BAB IV.  Penanaman Budi Pekerti dalam PAI ..........................             132
A.    Integrasi Materi dan Metodologi …………………………….         132
B.     Interaksi Pendidik-Peserta Didik dalam Proses Belajar Mengajar… 141
BAB V PENUTUP ……………………………………………..……..      149
A. Kesimpulan……………………………………………….......        149
B. Saran-saran…………………………………………………..          151

==================================================

Abstrak

Aisyah Wardahlia, 2009, Pendidikan Nilai (Proses Penanaman Budi Pekerti Dalam Bingkai Pendidikan Agama Islam), Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing : Drs. H Farid Hasyim, M.Ag.
 


Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah media dalam membina kepribadian dan mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Pemahaman akan sifat-sifat, karakter dan potensi yang ada pada manusia merupakan salah satu upaya pendidikan dalam membentuk kepribadian manusia. Landasan utama untuk mewujudkan pendidikan yang mampu menghasilkan manusia yang berkualitas, haruslah disandarkan pada nilai-nilai yang hakiki, yang bersumber dari Dzat yang Mahahakiki (nilai ketuhanan) dan nilai kemanusiaan (fitrah yang hanif).
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan mengupas landasan konsep tentang pendidikan nilai akhlak sebagai pendidikan yang berupaya memanusiakan manusia, secara umum maupun perspektif Islam dan implementasinya dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, ada beberpa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode pembahasan yang meliputi metode deduktif, metode induktif, metode komparasi, dan deskriptif. sedangkan yang kedua menggunakan studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, buku-buku, majalah, seminar dan sumber lainnya yang relevan dengan pokok bahasan, setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data-dat tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisi Islam (content analysis)
Berdasarkan hasil dari analisis penulis bahwa konsep pendidikan nilai akhlak merupakan konsep pendidikan yang berangkat dari adanya asumsi bahwa manusia saat ini sedang mengalami degradasi moral yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas manusia, khususnya dari segi moralitas. Dalam pendidikan nilai akhlak, pendidik dituntut untuk senantiasa menjadi tauladan bagi peserta didik serta menanamkan nilai-nilai akhlak atau nilai-nilai budi pekerti baik dari sisi kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan nilai akhlak secara langsung mengajak peserta didik untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan bimbingan dari pendidik (problem possing education).
Islam sebagai agama yang mengajarkan keseimbangan hubungan horizontal (manusia-Tuhan) dan hubungan vertical (manusia-manusia) menjadikannya basis dalam pendidikan nilai akhlak. Keseimbangan itu merupakan landasan dalam menjaga hubungan dengan Tuhan  yang di implementasikan dengan berakhlakul karimah, mempunyai budi pekerti yang baik dan terpuji. Implementasi dari konsep pendidikan nilai akhlak pada proses penanamannya adalah pengintegrasian antara materi dan metodologi yang dituangkan dalam pembelajaran nilai akhlak yang menyeluruh baik kognitif, afektif maupun psikomotorik serta suasana pembelajaran yang mendukung untuk proses penanaman nilai akhlak atau nilai budi pekerti. Sehingga peserta didik dapat bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan degradasi akhlak, moral manusia.

Kata kunci : Pendidikan nilai, Nilai-nilai akhlak dalam Islam.

========================================================

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, A., 1999, Studi Agama Normativitas atau Historisasi, Yogyakarta: Puataka Pelajar,
Abdalati, Hammudah, 1986, Islam n focus, National Offset Printing Press, Riyadh
A.M. Hardjana, 1999, Penghayatan Agama: yang Otentik dan Tidak Otentik, Yogyakarta: Kanisius,
Assegaf, Abd. Rahman, 2004, Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana
Al-Abrasyi, Mohammad Athiyah, 1996, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam,
Yogyakarta: Titian Ilahi Press
Al-Ainainy, Ali Khalil Abu, 1980, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim,, Cet. I, Dar al-Fikr al-‘Araby
Al-juma’natul Ali,2004, Al Qur’an Dan Terjemahannya, , Bandung :CV. Penerbit J-ART
Al-Nahlawy, Abdurrahman, 1996, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asaalibuha, Beirut: Dar al-Fikr
Al-Thabari, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Jarid, tt., Tafsir al-Thabari, al-Musamma Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an,  X, Beirut: Dar al-Kitab al-Ilmiyahlm.
Al-Qurthubi, Ibnu Abdillah Muhammad bin Ahmad Anshor, tt., Tafsir al-Qurthubi, al-Jami’ Liahkam al-Qur’an,VI, Kairo: Daarus Sa’ab
Asmaran as, 2002, Pengantar Studi Akhlaq, Jakarta: PT raja grafindo,
Bashori, 2002, Konsep Manusia dan Pendidikan dalam Al-Qur’an: Tinjauan Filosofis, Skripsi UIIS Malang
Bukhori, Mochtar, Revitalisasi Pendidikan Moral dalam Menghadapi Tantangan Zaman, makalah disampaikan pada Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalies ke-47 FIP UNY, http:www.google.com, diakses 22 juli 2008         
Budiningsih, Asri, Penalararan Moral Hubungannya Dengan Factor-Faktor Budaya: Analisis Karakteristik Peserta Didik Sltp Dan Smu Yogyakarta, dalam Jurnal Kependidikan, Yogyakarta, Lembaga Penelitian UNY, no. I, tahun XXXIII, Mei, 2003 (diakses http: www.google.com pada tanggal 02 September 2007

Burkha, 2008, Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berorientasi Pada Penanaman Nilai Di Smp Negeri 2 Malang, Tesis Sarjana S-2 Program Studi Magister Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang
Darajat, Zakiah, 1996, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
Darmaningtyas, 2002. Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta : LKIS
Depag RI, 1975IkhtisarTentang Research
Ensiklopedi Islam untuk Pelajar, Jilid 6, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hove, 2001
Endarmoko, Eko, 2006, Tesaurus Bahasa Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hadiwardoyo, P., 1990, Moral dan Masalahnya, Yogyakarta: Kanisius
Hadi, Sutrisno, 1990. Metodologi Research II, Yogyakarta: Andi Offset
Hasan, Aminah Ahmad, tt., Nazhariyyah al-Tarbiyah fi al-Qur’an wa Tathbiqatuha fi ‘Ahdi Rasul, Dar al-Ma’arif,
Hasan, M. Tholchah, 2000, Dinamika Kehidupan Religius, Jakarta Utara: PT. Listafariska Putra
Hery Noer Aly dan Munzier, S, 2003, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani
Hitami, Munzir, 2004, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Pekanbaru: Infinite Press
Jalaluddin, 2001, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Katsir, Imaduddin Ibnu Fida’ Ismail Ibnu, tt., Tafsir Ibnu Katsir, III, Dar al-Qalam al-‘Araby

Koesoema, Doni, 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global, Jakarta : Grasindo
Komisi Pendidikan KWI/MNPK, 1993, Pendidikan Nilai memasuki tahun 2000, Jakarta : PT Grasindo,
Langgulung, Hasan, 1980, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 
Hasan Langgulung, 1993, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna
Latif, H. Abdul, 2007, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan, Bandung : PT Refika Aditama
Lubis, Mawardi, 2008, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Ma’luf, Luis, Kamus Al Munjid, Al Maktabah Al Katulikiyyah, Beirut, t.t
Ma’arif et. al., A. Syafi’i, 1991. Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana
Marimba, Ahmad D., 1989, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Ma’arif,
Marianto, Dwi Hastuti,  Pendidikan Karakter Paradigma Baru dalam Pembentukan Manusia Berkualitas, Makalah Falsafah Sains (http:www. Pendidikan network.co.id, diakses 1 agustus 2008
Maskawaih, Ibnu, Tahzib Al-Akhlaq, (Beirut: Mansyurat Dar Maktabat Al-Hayat,1398 H.) cet.II
Moleong, Lexy J., 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung: PT. Rosdakarya
Muhadjir, Noeng, 1989, Metode Penelitian Kualitatif, edisi III, Yogyakarta: Rake Sorosin
Muhaimin dan Abdul Mujib, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigen Karya,
Muhaimin, et.al., 2002, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan,
Muhaimin, 2003, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Penerbit Nuansa
Mulyana, Rohmat, 2004, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta,
Muthahhari, Murtadho, 1992, Perspektif al-Qur’an tentang Manusia dan Agama, Bandung: Mizan
Nata, Abuddin,  2001, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Nizar, Syamsul, 2002, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press
Nuryatno, M. Agus, Mengontruksi Pendidikan Islam Transformatif, dalam Kompas, Jakarta : PT. Kompas, 1 Maret 2002
Poerwadarminta, W.J.S, 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Rosyadi, Khoiron, 2004, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Putaka Pelajar,
Shihab, M. Quraish, 1999, Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan,
Shofan, Moh., 2004, Pendidikan Berparadigma Profetik, Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,Yogyakarta: IRCiSoD
Smith, William A., 2001, Conscientizacao, Tujuan Pendidikan Paulo Freire, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Sumantri, Jujun S., 1998, Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan dan Keagamaan: Mencari Paradigma Bersama dalam Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan antar Disiplin Ilmu , Bandung: Nuansa bekerjasama dengan Pusjarlit Press
Sumarna, Cecep, 2005, Rekonstruksi Ilmu: Dari Empirik-Rasional Ateistik ke Empirik-Rasional tesitik, Bandung: Benang Merah Press
Surahmad, Winarno, 1994, Dasar dan Tehnik Research, Pengantar Metologi Ilmiah, Bandung: CV. Tarsito
Syarkawi, 2006, Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Social sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta, PT. Bumi Aksara
Tafsir, Ahmad, 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya,
Tapangsara, Humaidi, 1981, Kuliah Aqidah Lengkap,Bina Ilmu, Surabaya,
Tilman, Diane, 2004, Living Values ; An Educational Program, Living Values Activities for Young Adults, Pendidikan Untuk Kaum Muda, PT. Grasindo, Jakarta,
Yafie, Ali, 1997, Teologi Sosial: Telaah Kritis Persoalan Agama dan Kemanusiaan, Yogyakarta: LKPSM,
Yunus, Abd. Hamid, Dairah al Ma’arif, II Asy Syab,  Cairo, t.t.


No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet


Tags

tempat sharing

Blog Archive

Blog Archive