SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Sunday, October 20, 2013

kumpulan judul tesis pysic | skripsi


JUDUL TESIS PASCA SARJANA
PYSIC

CARA PESAN
PASCA#KODE#JUDUL#EMAIL ANDA KIRIM 0857-351-08864 DAN TUNGGU KONFIRMASI KAMI

BIAYA KUSUS TESIS PASCA
@ 75RIBU /1 SKRIPSI
PAKET HEMAT
@200RIBU (3-4 SKRIPSI)
Bank BNI No. Rek: 02-001-557-41 a/n sdr: Muhammad Tajuddin


FILE DIKIRIM VIA EMAIL SETELAH MELAKUKAN ADMINISTRASI WEB
JIKA BUTUH SESUATU SILAHKAN LANGSUNG HUBUNGI ADMIN 0857-351-08864
SALAM MUHAMMAD TAJUDDIN

KODE                                       JUDUL

pysic t 01          PEMODELAN SELF-POTENTIAL UNTUK INVESTIGASI STRUKTUR DANGKAL BAWAH PERMUKAAN DAERAH VULKANIK STUDI KASUS KAWAH DOMAS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU-JAWA BARAT
pysic t 02          APLIKASI SENSOR CAHAYA DAN BUNYI UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN GESEK UDARA PADA BENDA JATUH BEBAS
pysic t 03          RANCANGAN VOLTMETER DIGITAL MENGGUNAAN ICL7107 DAN ANIMASI DENGAN 3DS-MAX 9 UNTUK ALAT PERCOBAAN EFEK FOTOLISTRIK
pysic t 04          SPEKTROMETER SEDERHANA
pysic t 05          DESAIN ALAT EKSPERIMEN UNTUK MEMBUKTIKAN ADANYA PENGARUH GAYA GESEK UDARA PADA GERAK PELURU
pysic t 06          DESAIN ALAT EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENENTUKAN LAJU AWAL GERAK PARABOLIK MENGGUNAKAN GABUNGAN GERAK PARABOLIK DAN GERAK JATUH BEBAS
pysic t 07          PENGUKURAN BERAT BENDA DAN PERCEPATAN GRAVITASI DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR LVDT
pysic t 08          DESAIN ALAT EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENUNJUKAN SIFAT GELOMBANG
pysic t 09          KAJIAN PEREKAMAN OBJEK 3D DENGAN TEKNIK HOLOGRAFI
pysic t 10          PENENTUAN KOEFISIEN VISKOSITAS FLUIDA DENGAN EKSPERIMEN VIRTUAL INTERAKTIF JAVASCRIPT BERBASIS DATA EKSPERIMEN
pysic t 11          SIMULASI GERAK JATUH BEBAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN JAVASCRIPT DAN DATA EKSPERIMEN DALAM MENENTUKAN KOEFISIEN GESEK UDARA
pysic t 12          PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN SOFTWARE EDITING ULEAD VIDEO STUDIO 11.5 UNTUK MATERI PENENTUAN KALOR JENIS ZAT PADAT
pysic t 13          PROTOTIP SENSOR MUAI BERBASIS FLUXGATE MAGNETOMETER
pysic t 14          STUDI AWAL BATERAI BASAH BERBASIS LARUTAN HCl
pysic t 15          PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN
pysic t 16          PENGUKURAN RESISTANSI LOGAM DAN HUBUNGANNYA TERHADAP TEMPERATUR
pysic t 17          PENENTUAN PERCEPATAN GRAVITASI MENGGUNAKAN EKSPERIMEN BANDUL FISIS DAN GERAK PARABOLA
pysic t 18          STUDI ANALISIS GEJALA SELF ORGANIZED CRITICALLY (SOC) DALAM SISTEM PENDIDIKAN MENENGAH DI INDONESIA (SLTA) - (MODEL TRANSISI FASA ORDE DUA CAIR-GAS)
pysic t 19          PEMANFAATAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR UNTUK MENGATASI KEBUTUHAN LISTRIK SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN
pysic t 20          MEMBANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEORI ATOM DENGAN MENGGUNAKAN GUI MATLAB 7.0
pysic t 21          ANIMASI-SIMULASI PERCOBAAN AIR TRACK PADA KONSEP KEKEKALAN ENERGI MEKANIK MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER FLASH 8
pysic t 22          PERANCANGAN ALAT PERCOBAAN EFEK FOTOLISTRIK DENGAN SUMBER CAHAYA LED
pysic t 23          PENERAPAN TAPIS LOLOS PITA UNTUK MENALA FREKUENSI NADA OKTAF KE -4
pysic t 24          PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP GGL INDUKSI PADA KUMPARAN YANG BERADA DALAM MEDIUM AIR
pysic t 25          APLIKASI PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 DALAM PROSES PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI
pysic t 26          PERANCANGAN ALAT EKSPERIMEN GENERATOR TIGA FASA SEDERHANA UNTUK MENENTUKAN GAYA GERAK LISTRIK DAN ARUS INDUKSI
pysic t 27          RANCANG BANGUN LOAD CELL UNTUK MENENTUKAN MODULUS ELASTISITAS BAHAN
pysic t 28          PENGEMBANGAN PROTOTIPE PANEL SEL SURYA UNTUK KEBUTUHAN PENERANGAN BELAJAR MALAM HARI
pysic t 29          SIMULASI OSILASI HARMONIK SEDERHANA DAN TEREDAM PADA PEGAS MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN DELPHI 7.0
pysic t 30          PEMBUATAN DAN PENGUJIAN ALAT DEMONSTRASI PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA
pysic t 31          PROGRAM APLIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR FI S IKA BERBAS I S JARINGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
pysic t 32          MENENTUKAN SIFAT ELASTISITAS SUATU BAHAN DENGAN EKSPERIMEN DAN SIMULASI MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI 7.0
pysic t 33          EKSPERIMEN BOLA BERGERAK MENGAPUNG DI DALAM PIPA UNTUK MENENTUKAN VISKOSITAS FLUIDA MENGGUNAKAN ALAT BANTU KAMERA DIGITAL
pysic t 34          RANCANGAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT DAYA SERAP ENERGI SECARA RADIASI PADA BEBERAPA WARNA PERMUKAAN BENDA
pysic t 35          SIMULASI-ANIMASI PERCOBAAN AIR TRACK PADA KONSEP HUKUM II NEWTON MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8
pysic t 36          PERANCANGAN SISTEM KONVERSI ENERGI ANGIN SKALA KECIL UNTUK PENERANGAN LAMPU BELAJAR
pysic t 37          PEMBUATAN DAN PENGUJIAN ALAT DEMONTRASI PEMBELAJARAN INTERFERENSI-DIFRAKSI MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK DI UDARA
pysic t 38          PEMBUATAN MODUL UNTUK MEMBANTU MENGATASI MISKONSEPSI MATERI MEKANIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH
pysic t 39          Karya Sinematografi sebagai Alat Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA pada Materi Pokok Relativitas Khusus (Studi Pengembangan Model Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Alat Ukur Penilaian)
pysic t 40          RANCANGAN ALAT EKSPERIMEN UNTUK MENENTUKAN CEPAT RAMBAT BUNYI DI UDARA DAN AIR
pysic t 41          PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN GESEKAN SUATU BAHAN DAN PENYEBAB TIMBULNYA GESEKAN
pysic t 42          SIMULASI DIFRAKSI FRESNEL DAN FRAUNHOFER DENGAN PEMROGRAMAN MATLAB R2008b
pysic t 43          DEMONSTRASI UNTUK PEMBELAJARAN GAYA PADA KAWAT BERARUS DALAM MEDAN MAGNET
pysic t 44          MERANCANG ALAT PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN SEDERHANA
pysic t 45          SIMULASI SUPERPOSISI GELOMBANG DENGAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0
pysic t 46          PEMBUATAN SENSOR SUHU DIGITAL MENGGUNAKAN IC LM35 SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN FISIKA
pysic t 47          PENGEMBANGAN MODEL PENGUKURAN INTENSITAS CAHAYA DALAM FOTOMETRI
pysic t 48          PEMBUATAN ALAT UKUR KECEPATAN SUDUT BERBASIS SENSOR FLUXGATE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
pysic t 49          DESAIN ALAT EKSPERIMEN UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN MUAI PANJANG LOGAM
pysic t 50          PERCOBAAN-PERCOBAAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN PROTOTIPE KALORIMETER
pysic t 51          DESAIN PERCOBAAN SEDERHANA MENENTUKAN KOEFISIEN VISKOSITAS ZAT CAIR
pysic t 52          DESAIN ALAT EKSPERIMEN UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN GESEKAN KINETIK DAN KOEFISIEN RESTITUSI TUMBUKAN DUA BENDA
pysic t 53          PENGGUNAAN PROGRAM MATLAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK
pysic t 54          APLIKASI DRY LAB DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK PENENTUAN KOEFISIEN VISKOSITAS FLUIDA
pysic t 55          PENGEMBANGAN SISTEM EKSPERIMEN FISIKA TERKOMPUTERISASI UNTUK KASUS GERAK MENGGELINDING PADA BIDANG MIRING
pysic t 56          DESAIN ALAT EKSPERIMEN UNTUK MENENTUKAN NILAI MEDAN MAGNET PADA KAWAT LURUS BERHINGGA BERARUS LISTRIK
pysic t 57          SIMULASI HOLOGRAFI DENGAN PEMROGRAMAN MATLAB
pysic t 58          DESAIN DAN PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM UNTUK MENENTUKAN KONDUKTIVITAS PANAS LOGAM
pysic t 59          PENGEMBANGAN EKSPERIMAN FISIKA TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER DAN APLIKASINYA UNTUK PENENTUAN KOEFISIEN GESEKAN KINETIK PADA BIDANG DATAR
pysic t 60          PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC UNTUK POKOK BAHASAN DINAMIKA GERAK LURUS
pysic t 61          MEMAHAMI ELASTISITAS BAHAN MENGGUNAKAN KISI DIFRAKSI ELASTIS
pysic t 62          EKSPERIMEN FISIKA SEBAGAI WAHANA PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN EKSPLORASI DIRI PADA SISWA SMP DAN MTs
pysic t 63          ASBUTUUNI: PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGAJARAN FISIKA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DI SMA/MA
pysic t 64          RANCANGAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEDERHANA UNTUK MENENTUKAN HANTARAN KALOR SECARA KONDUKSI, KONVEKSI DAN PANJANG GELOMBANG SECARA RADIASI
pysic t 65          PIONEER : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA
pysic t 66          DESAIN ALAT EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENENTUKAN KECEPATAN ALIRAN DAN JARAK PANCAR ZAT CAIR PADA RESERVOIR
pysic t 67          PEMANFAATAN TIMER DIGITAL DENGAN SAKLAR OTOMATIS GABUNGAN SENSOR CAHAYA DAN SENSOR BUNYI UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN GESEK UDARA GERAK JATUH BEBAS PADA BERBAGAI SUHU
pysic t 68          SOLUSI PERSAMAAN RICCI FLOW DENGAN METODA PERTURBASI UNTUK METRIK SIMETRI BOLA EMPAT DIMENSI
pysic t 69          PENERAPAN FISIS DARI SOLUSI PERSAMAAN RICCI FLOW DALAM RUANG EMPAT DIMENSI BERSIMETRI BOLA
pysic t 70          PENINGKATAN EFEKTIFITAS DEFOAMER SILIKA (SiO2) YANG DILAPISKAN PADA HDPE (HIGH DENSITY POLYETHYLENE)
pysic t 71          PENGEMBANGAN ALAT UKUR TEMPERATUR GAS BERBASIS SIFAT GELOMBANG ULTRASONIK DENGAN MIKROKONTROLLER
pysic t 72          PENGEMBANGAN REAKTOR DAN KATALIS Cu/ZnO/Al2O3/SiO2 UNTUK REAKSI STEAM REFORMING METHANOL DAN SIMULASI PEMAKAIANNYA PADA MOTOR BAKAR INTERNAL
pysic t 73          OPTICAL AND LOCALIZATION PROPERTIES OF CYLINDRICAL AGGREGATES
pysic t 74          STUDI STRUKTUR ELEKTRONIK MOLEKUL AZOBENZENE DAN DERIVATIFNYA
pysic t 75          SINTESIS TINTA LUMINISENS DARI Y2O3 DIDOPE DENGAN EUROPIUM YANG DIDISPERSIKAN DALAM LARUTAN POLIVINIL ALKOHOL
pysic t 76          STUDI TRANSFER RADIONUKLIDA Cs-134 DARI TANAH KE TANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas)
pysic t 77          RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKUR RESISTIVITAS METODE FOUR-POINT PROBE BERBASIS SoC LOG112 DAN C8051F006

BIAYA KUSUS TESIS PASCA
@ 75RIBU /1 SKRIPSI
PAKET HEMAT
@200RIBU (3-4 SKRIPSI)
Bank BNI No. Rek: 02-001-557-41 a/n sdr: Muhammad Tajuddin



pysic t 78          CLAYS AS TEMPLATE FOR ASSEMBLING HIGHLY ORDERED TWO-DIMENSIONAL C60-BASED HYBRID MATERIALS USING THE LANGMUIR BLODGETT APPROACH
pysic t 79          SIMULASI ALIRAN FLUIDA DALAM SISTEM MICROELECTROMECHANICAL MENGGUNAKAN LATTICE BOLTZMANN EQUATION
pysic t 80          PEMBUATAN SERAT KOMPOSIT PET/TiO2 DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK EKSTRUSI ROTASI
pysic t 81          PRELIMINARY STUDY ON THE MAGNETIC PROPERTIES OF TECTONIC AND MAAR LAKES SEDIMENT FROM INDONESIA
pysic t 82          PEMBUATAN MODUL PADA EMPIRE UNTUK MENGHITUNG DISTRIBUSI MASSA PRODUK FISI
pysic t 83          SIMULASI FABRIKASI SERAT NANO (NANOFIBER) DENGAN TEKNIK PEMINTALAN ELEKTRIK (ELECTROSPINNING)
pysic t 84          RANCANG BANGUN METER C-V BERBASIS SoC C8051F006
pysic t 85          SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOPORI KARBON DARI TEMPURUNG KELAPA DAN MEMBRAN ELEKTROLIT PVA SEBAGAI DIVAIS EDLC
pysic t 86          LENSA GRAVITASI PADA GELOMBANG GRAVITASI
pysic t 87          BIDIRECTIONAL EIGENMODE PROPAGATION (BEP) SIMULATION OF OPTICAL ADD-DROP MULTIPLEXER (OADM) BASED ON ASYMMETRIC BRAGG COUPLER
pysic t 88          DESAIN DAN PEMBUATAN SENSOR GETARAN FREKUENSI RENDAH BERBASIS KOIL DATAR
pysic t 89          REALIZING WHITE POLYMER LIGHT-EMITTING DIODE THROUGH 2 POLYMERS BLEND : FABRICATION & CHARACTERIZATION
pysic t 90          KARAKTERISTIK STRUKTUR, SIFAT MAGNETIK DAN PHOTOLUMINESCENCE SrxCo3-xO4 HASIL SINTESIS DENGAN METODE SONOKIMIA
pysic t 91          PERBANDINGAN METODE LATTICE BOLTZMANN MODEL LTRT DAN LBGK UNTUK PEMODELAN PERSAMAAN ADVEKSI DIFUSI
pysic t 92          FIGURE OF MERIT CHARACTERIZATION OF THERMOELECTRIC MATERIAL: DETERMINATION OF COPPER FIGURE OF MERIT IN THE TEMPERATURE RANGE FROM 50 K TO 300 K.


====================================
Kami hanya jasa pencari referensi ilmiah…

semua yang ada di blog ini bukan milik kami…
Kami hanya membantu mencarikan file yang sudah ada di internet.

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH I MALANG

Penulis : -
Kode     : 211
Judul     :  PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH I MALANG
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah


Matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu
contoh adalah perhitungan pada transaksi jual beli dipasar sampai penghitungan
bahasa mesin pada komputer, dari hal-hal yang sangat sederhana sampai pada
hal-hal yang sangat kompleks. Matematika berperan sangat penting dalam
persiapan untuk memberikan bekal agar dapat berfungsi secara efektif dalam
jaman  teknologi  pada  setiap  aspek  kehidupan  bersama.  Kurikulum
pembelajaran matematika di sekolah mengatakan bahwa tujuan diberikannya
pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa sanggup menghadapi
perubahan keadaan di dalam masyarakat yang selalu berkembang melalui
latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat,
jujur, efisien dan efektif.
Contoh Skripsi
Menurut Hudojo (1988 : 1) matematika merupakan disiplin ilmu yang
mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Salah satu
kekhasannya  adalah  bersifat  abstrak,  deduktif  dan  aksiomatik.  Karena
kekhasannya tersebut, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam belajar
matematika,  padahal  matematika  mempunyai  peranan  penting  dalam
pengembangan IPTEK. Menurut Hudojo (1994 : 2) matematika merupakan
pengetahuan yang ensensial sebagai dasar untuk bekerja seumur hidup dalam
eraglobalisasi. Dengan demikian, penguasaan tertentu terhadap matematika
diperlukan bagi siswa sebagai bekal mamasuki abad globalisasi.



1




2
Persepsi merupakan proses  yang menyangkut  masuknya  pesan atau
informasi ke dalam otaknya, sehingga manusia dapat mengadakan interaksi
dengan lingkungan melalui panca indranya
(Slameto, 1995 :102). Perespsi
merupakan  soal  bagaimana  individu  melihat  lingkungan  sesuai  dengan
kepentingan atau sudut pandangnya sendiri hal itu penting atau tidak.Proses
tersebut   terjadi saat indera   manusia   menangkap   stimulus   dan
mengasimilasikannya dengan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.Dari beberapa perbedaan pengetahuan yang dimiliki oleh beberapa individu tersebut maka muncul suatu  persepsi yang    berbeda  dari setiap  individu tentang memaknai matematika. Contoh Skripsi

=================================== ===========
file full asli dan rapi sesuai dengan aslinya klik ;pemesanan
==============================================
Setiap guru memahami bahwa tidak semua siswa dapat mempelajari apa-
apa yang ingin dicapai oleh setiap guru. Pembelajaran individual bukanlah
semata-mata  pembelajaran  yang  hanya  ditujukan  kepada  seorang  saja,
melainkan dapat ditujukan kepada sekelompok siswa atau kelas, namun dengan
mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan siswa, sehingga pembelajaran itu
memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing siswa secara optimal.
Dalam pembahasan tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil
belajar siswa di sekolah terdapat karakteristik siswa berhubungan dengan
perilaku belajarnya di kelas. Yang dimaksud dengan perilaku belajar di kelas
adalah segala aktifitas siswa di kelas yang ada kaitannya dengan pembelajaran,
misalnya, memperhatikan (mendengarkan dan menyimak ) penjelasan guru,
membaca materi pelajaran, mencatat penjelasan guru, mengajukan pertanyaan
dan  melakukan diskusi kelas.  Slameto (1995 : 103)  menyatakan  bahwa,
karakteristik siswa meliputi berbagai hal, misal inteligensi, bakat, motivasi,
kelas sosial, tingkat aspirasi, persepsi dan sikap. Tinggi atau rendahnya hasil

3
belajar  siswa  dan positif atau negatifnya  perilaku  belajar  siswa  di  kelas
berkaitan dengan karakteristik siswa tersebut. Dengan demikian rendahnya hasil
belajar siswa dan banyaknya kejadian perilaku negatif siswa ketika belajar di
kelas. Misalnya, membolos, tidak membuat tugas, dan tidak mendengarkan
penjelasan guru, ada kaitannya dengan karakteristik siswa, salah satunya adalah
persepsi.
Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan diatas maka perlu kiranya diteliti masalah “ Pengaruh persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar matematika”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, rumusan masalah yang diambil adalah :
1. Bagaimana persepsi siswa tentang matematika di SMP Muhammadiyah I
    
Malang?
2. Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang matematika  dengan hasil
    
belajar matematika di SMP Muhammadiyah I Malang ? 
==============================================
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware: 
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html

Friday, October 18, 2013

Penulis : -
Kode     :157
Judul     :  Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 13 Malang
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah


Matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu
contoh adalah perhitungan pada transaksi jual beli dipasar sampai penghitungan
bahasa mesin pada komputer, dari hal-hal yang sangat sederhana sampai pada
hal-hal yang sangat kompleks. Matematika berperan sangat penting dalam
persiapan untuk memberikan bekal agar dapat berfungsi secara efektif dalam
jaman  teknologi  pada  setiap  aspek  kehidupan  bersama.  Kurikulum
pembelajaran matematika di sekolah mengatakan bahwa tujuan diberikannya
pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa sanggup menghadapi
perubahan keadaan di dalam masyarakat yang selalu berkembang melalui
latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat,
jujur, efisien dan efektif.
Menurut Hudojo (1988 : 1) matematika merupakan disiplin ilmu yang
mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Salah satu
kekhasannya  adalah  bersifat  abstrak,  deduktif  dan  aksiomatik.  Karena
kekhasannya tersebut, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam belajar
matematika,  padahal  matematika  mempunyai  peranan  penting  dalam
pengembangan IPTEK. Menurut Hudojo (1994 : 2) matematika merupakan
pengetahuan yang ensensial sebagai dasar untuk bekerja seumur hidup dalam
eraglobalisasi. Dengan demikian, penguasaan tertentu terhadap matematika
diperlukan bagi siswa sebagai bekal mamasuki abad globalisasi.



1



2
Persepsi merupakan proses  yang menyangkut  masuknya  pesan atau
informasi ke dalam otaknya, sehingga manusia dapat mengadakan interaksi
dengan lingkungan melalui panca indranya
(Slameto, 1995 :102). Perespsi
merupakan  soal  bagaimana  individu  melihat  lingkungan  sesuai  dengan
kepentingan atau sudut pandangnya sendiri hal itu penting atau tidak.Proses
tersebut   terjadi saat indera   manusia   menangkap   stimulus   dan
mengasimilasikannya dengan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.Dari beberapa perbedaan pengetahuan yang dimiliki oleh beberapa individu tersebut maka muncul suatu  persepsi yang    berbeda  dari setiap  individu tentang memaknai matematika.
Setiap guru memahami bahwa tidak semua siswa dapat mempelajari apa-
apa yang ingin dicapai oleh setiap guru. Pembelajaran individual bukanlah
semata-mata  pembelajaran  yang  hanya  ditujukan  kepada  seorang  saja,
melainkan dapat ditujukan kepada sekelompok siswa atau kelas, namun dengan
mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan siswa, sehingga pembelajaran itu
memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing siswa secara optimal.
Dalam pembahasan tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil
belajar siswa di sekolah terdapat karakteristik siswa berhubungan dengan
perilaku belajarnya di kelas. Yang dimaksud dengan perilaku belajar di kelas
adalah segala aktifitas siswa di kelas yang ada kaitannya dengan pembelajaran,
misalnya, memperhatikan (mendengarkan dan menyimak ) penjelasan guru,
membaca materi pelajaran, mencatat penjelasan guru, mengajukan pertanyaan
dan  melakukan diskusi kelas.  Slameto (1995 : 103)  menyatakan  bahwa,
karakteristik siswa meliputi berbagai hal, misal inteligensi, bakat, motivasi,
kelas sosial, tingkat aspirasi, persepsi dan sikap. Tinggi atau rendahnya hasil



3
belajar  siswa  dan positif atau negatifnya  perilaku  belajar  siswa  di  kelas
berkaitan dengan karakteristik siswa tersebut. Dengan demikian rendahnya hasil
belajar siswa dan banyaknya kejadian perilaku negatif siswa ketika belajar di
kelas. Misalnya, membolos, tidak membuat tugas, dan tidak mendengarkan
penjelasan guru, ada kaitannya dengan karakteristik siswa, salah satunya adalah
persepsi.
Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan diatas maka perlu kiranya diteliti masalah “ Pengaruh persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar matematika”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, rumusan masalah yang diambil adalah :
1. Bagaimana persepsi siswa tentang matematika di SMP Muhammadiyah I
    
Malang?
2. Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang matematika  dengan hasil
    
belajar matematika di SMP Muhammadiyah I Malang ?

1

2










                 KLIK

translet