untuk mencari judul skripsi yang di inginkan
Wednesday, January 16, 2013
Bahaya Games Online Terhadap Kesehatan Mental | contoh makalah
Game on-line
sebagai salah satu jenis hiburan terbaru, yang menyediakan fitur-fitur
terbaru yang jumlahnya sangat beragam, menimbulkan fenomena dan
masalah terbaru bagi generasi ini. sebagai sarana hiburan, game on-line memang tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah ketergantungan pada aktivitas nge-games bagi sebagian orang.
Jika anda memperhatikan dan berkunjung pada beberapa warung internet (warnet), bahkan ada warnet khusus untuk layanan games on-line, maka anda akan melihat bahwa kebanyakan dari pengguna dan pengakses internet adalah pecandu games on-line. Para pecandu games on-line sebagian besar merupakan usia anak-anak dan usia remaja. Bisa dibayangkan, bagaimana efek games on-line bagi pertumbuhan psikologis mereka.
Aktivitas game on-line
merupakan akses terbanyak yang berbahaya bagi perkembangan anak dan
remaja setelah akses konten-konten pornografi. Jika konten pornografi,
oleh pemerintah dianggap berbahaya, maka games on-line merupakan akses yang legal, bahkan beberapa penyedia layanan internet, menyediakan khusus untuk konten khusus games on-line.
Dari segi mana games on-line
berbahaya secara psikologis? Seperti yang sudah di sebutkan sekilas
diatas, bahwa yang berbahaya adalah ketergantungan pada aktivitas nge-games. Bahkan banyak anak, yang sengaja menyisihkan uang jajan mereka demi bisa bermain games on-line. Ketergantungan pada aktivitas nge-games,
akan mengurangi aktivitas positif yang seharusnya dijalani oleh anak
pada usia perkembangan mereka. Bahkan banyak kasus yang terlihat bahwa,
ketergantungan pada aktivitas nge-games berlanjut pada usia dewasa (masa kuliah). Anak yang mengalami ketergantungan pada aktivitas games, akan
mengurangi waktu belajar dan waktu untuk bersosialisasi dengan teman
sebaya mereka. Jika ini berlangsung terus menerus dalam waktu lama, di
pekirakan anak akan menarik diri pada pergaulan sosial, tidak peka
dengan lingkungan, bahkan bisa membentuk kepribadian asosial, dimana
anak tidak mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
Sebagian pengguna games mengatakan bahwa, games bisa mengasah otak mereka, bagaimana harus memecahkan masalah yang ada dalam games, dan meng-upgrade kemampuan mereka setiap hari, yang tidak semua orang bisa melakukannya. Pada dasarnya, kemahiran dalam games
hanya karena sering mengulang-ngulang, tidak ada sisi kemapuan yang
nyata yang bisa ditunjukkan dalam dunia nyata. Perlu diketahui bahwa,
kita hidup dalam dunia sosial yang nyata, bukan dalam dunia maya.
Penyelesaian masalah pada dunia maya, bahkan tidak bisa di praktekkan
dalam dunis sosial nyata. Keahlian dalam dunia nyata adalah sebuah
kehidupan yang sebenarnya. Dunia maya hanyalah sebagai sarana
mempermudah dan sarana belajar, ataupun hanya sebagai sekedar sebagai
sarana hiburan, bukan sebagai focus utama dalam kehidupan. Mungkin ini
berbeda dengan teman-teman yang memang menjalankan bisnis secara on-line.
Yang benar adalah, bisa mengatur waktu antara aktivitas nge-games dengan aktivitas dunia nyata. Jangan lari tinggalkan aktivitas dunia nyata, yang merupakan tempat utama dalam bermain games.
Ketergantungan remaja pada aktivitas games on-line memerlukan
perhatian dari berbagai pihak, baik pemerintah, orang tua ataupun
pengusaha yang bergerak pada layanan internet. Jangan sampai keberadaan games on-line membuat generasi ini tidak mempunyai kemampuan apa-apa, kecuali kemapuannya dalam bermain games.
sumber
http://anugrahterindahku.blogspot.com/2012/03/fenomena-bahaya-games-online-terhadap.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2
SELAMAT DATANG
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM KLIK
KUMPULAN JUDUL Keperawatan KLIK
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH KLIK
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH KLIK
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
kami adalah jasa pencari referensi ILMIAH
hub.0857-351-08864
terimakasih telah berkunjung
KUMPULAN JUDUL TESIS MANAJEMEN
KUMPULAN JUDUL TESIS STUDI AGAMA ISLAM
KUMPULAN JUDUL Keperawatan
KUMPULAN JUDUL Tesis PAI USA
KUMPULAN JUDUL TESIS AHWAL SYAHSHIYAH
KUMPULAN JUDUL TESIS PENDIDIKAN GURU MADRASAH
MOHON MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU DANGAN IKlAN :-)
sekiranya mengganggu segera di tutup saja
alhamdulilah, blog dikunjungi 400 orang / hari :-)
hub.0857-351-08864
No comments:
Post a Comment