Penulis : -
Kode :208
Judul :
studi pemikiran ir. sukarno : antara realitas dan
konsepsi pendidikan islam di indonesia
-------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sejarah
Islam telah banyak menunjukan tentang pengaruh tokoh Islam Dalam setiap masa
atau kurun waktu selalu ada pemikiran -pemikiran Islam yang mempengaruhi pola
pemikiran umat untuk melakukan
perubahan. Para tokoh-tokoh ini sudah ada sejak masa Nabi SAW, seperti
Sayyidina Ali Bin Abi Thalib, Umar Bin Khattab, Abu Bakar Assidiq, Zaid Bin
Tsabit, Ibnu Abbas, dan lain-lain.Dan lebih nampak jelas bahwa ada pengaruh
dalam perkembangan Islam lebih lanjut ketika masa Khulafaurrasyidin sampai
masa-masa berikutnya, sebagaimana ditemukan dalam sejarah panjang perkembangan
Islam.
Seperti tokoh-tokoh perubahan Islam
lainya Soekarno memiliki pemikiran-pemikiran tersendiri tentang Islam,
khususnya di Indonesia. Jamaluddin AL-Afghani, Muhammad Bin Abdul Wahab,
KH.Rais Dahlan, KH. Hasjim As’ary, dan lain-lain adalah tokoh-tokoh perubahan
Islam pada zamanya dengan situasi dan kondisi yang khas dari situasi dan
kondisi lainya.
Ini
mengandung maksud keadaan situasi dan kondisi para tokoh pemikir Islam tersebut
sangat berpengaruh pada corak pemikiran tentang Islam. Kesemua upaya
pembaharuan (pemikiran) itu dilakukan bukan untuk “kegenitan” pembaharuan itu sendiri, melainkan untuk menjadi satu
bagian dari kerja besar mewujudkan kemaslahatan(kepentingan rakyat)
Jadi
pembaharuan adalah sebuah kemestian dalam mengikuti perkembangan situasi dan
kondisi zaman yang selalu berubah seiring dengan berbagai kemajuan yang terjadi
pada masyarakat muslim, tentu pemikiranya pun akan mengikuti perubahan tersebut
dengan berbagai element-element pengaruhnya.
Contoh Skripsi
Soekarno adalah aktivis Muslim yang gigih berjuang
untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dari belenggu imperalisme yang membuat
bangsa Indonesia semakin lemah/hancur. Karena bangsa Indonesia mayoritas Islam,
tentunya Soekarno memiliki pemikiran dan
pemahaman Islam yang tinggi. Bukti yang bisa dipakai adalah diterimanya
Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia dalam memplokamirkan kemerdekaan
Indonesia, dan sekaligus mendapat gelar”waliyul
Amri Dlaruri Bis-Sawkah” pada tahun 1954 sebagai bukti kepercayaan umat
Islam terhadap beliau.
Didalam perjalanan
anak bangsa nama Ir. Sukarno tidak lepas dari dialektika rakyat Indonesia mulai
dari pengagum beliau yang tergabung
dalam sukarnois sampai penghujatnya. Kita ketahui masa pengabdian Ir.
Sukarno pada bangsa Indonesia sejak tahun
1918 masa muda sampai wafatnya 21
Juni 1970 sudah memformulasikan pikiran-pikiran brylian. Pikiran-pikiran itu
menjadi kesaksian sejarah perjalanan kemanusiaan. Pikiran ini meluncur melalui
tulisan, ucapan dan tindakan yang baik semua dikatakan sebagai ajaran Ir.
Sukarno.
Tokoh Soekarno
sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama tentu mengalami pergolakan pemikiran sosial,
politik dan pendidikan sebelum atau sesudah kemerdekaan. Dan terbukti secara
empiris bahwa Soekarno mampu membuktikan
fahamnya untuk menyatukan seluruh element bangsa Indonesia. Element-elemnet
masyarakat tersebut berasal dari latar belakang sosial, ekonomi, agama yang
berbeda-beda.Mengenai pemikiran Soekarno
tentang politik nasional ataupun mengenai pemikiran Soekarno telah banyak literatur yang membahasnya.
Akan tetapi
menurut penulis belum banyak buku
ataupun karya tentang Soekarno
yang mengupas serta menitik beratkan pada bagaimana pemikiran Soekarno
tentang Islam dan lebih jauh lagi tentang pendidikan Islam di Indonesia
Contoh Skripsi
B. RUMUSAN MASALAH.
Refleksi dari latar belakang masalah
tersebut menunjukkan tentang wacana pemikiran Ir. Soekarno terhadap Islam
sangat mendalam apalagi dalam hal pendidikannya. Tetapi interaksi aktif
dari wacana tersebut masih mengandung
problem yang mendasar, baik dari sisi falsafah, konsep dan juga praksis
operasionalnya. Yaitu problem nilai epistimologi juga ontologi. Untuk itu
penulis tertarik sekali mengintegrasikan makna-makna pemikiran Ir. Soekarno
tentang pendidikan Islam ini dengan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana
Pemikiran Islam Soekarno ?
2. Bagaimana
Pemikiran Soekarno tentang realitas don konsepsi pendidikan Islam di Indonesia?
C.TUJUAN PENELITIAN
Dalam penelitian ini penulis
mempunyai tujuan. Adapun tujuan itu adalah:
1. Untuk mengetahui Pemikiran Soekarno
tentang Islam
2. Untuk mengetahui pemikiran Soekarno tentang
realitas dan konsepsi pendidikan islam di Indonesia
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar, 50.000,- MURAH Meriah
Anda tidak repot lagi mencari referensi.
Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware:
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html
No comments:
Post a Comment