SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Monday, March 26, 2012

penerapan pengajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa | Contoh Skripsi


Penulis : -
Kode     :156
Judul     :  penerapan pengajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di sma negeri 1 kec. kertosono kab. nganjuk.
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
         Belajar merupakan pengalaman hidup sehari-hari dalam bentuk apapun,
berlangsung seumur hidup, bagi siapa saja, kapan saja dan di mana saja, baik di
sekolah, maupun di luar sekolah dalam waktu yang tak dapat ditentukan
sebelumnya. Sehingga definisi “belajar” telah memunculkan multi tafsir di
kalangan para ilmuan dalam merumuskan sesuai dengan latar belakang dan sudut
pandang masing-masing. Namun secara institusional (kelembagaan), belajar
dipandang sebagai proses “validasi” atau pengabsahan terhadap penguasaan
siswa atas materi-materi yang dipelajari.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang penting setelah keluarga
berfungsi membantu keluarga untuk mendidik anak-anak dalam mendapatkan
pengetahuan yang tidak mereka dapatkan dalam keluarga. Di sekolah, anak-anak
diserahkan oleh orang tua kepada “guru” sebagai pendidik professional dalam
memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan, jiwa beragama kepada anak dan
sebagainya. Selain itu, lembaga ini sangat berperan aktif dalam mencetak
generasi baru yang militan, yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan
kehidupan di masyarakat. Dengan demikian, hasil belajar tampak merupakan
sebagai wujud terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat
diamati dan diukur dalam bentuk perubahan sikap dan keterampilan.
Contoh Skripsi
           Untuk mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif
dan efisien, salah satu komponen penentu dalam kegiatan ini adalah guru. Guru
harus mampu memberikan stimulus, motivasi dan metode pengajaran yang tepat
sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya
pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang
dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah
atau keluarganya.
Di sekolah, setiap siswa pada prinsipnya berhak memperoleh peluang
untuk mencapai prestasi akademik yang memuaskan. Namun dari kenyataan
sehari-hari tampak jelas bahwa siswa itu memiliki perbedaan, baik perbedaan
dalam hal kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga,
kebiasaan dan pendekatan belajar yang terkadang sangat mencolok antara
seorang siswa dengan siswa lainnya, yang mengakibatkan kemajuan dan prestasi
belajar siswa dalam satu kelas hasilnya tidak sama. Ada siswa yang cepat
menangkap materi, ada yang sedang, juga ada yang lambat.Contoh Skripsi
Dalam proses pembelajaran di sekolah, sering ditemukan beberapa siswa
yang mengalami hambatan belajar, sulit meraih prestasi dasar di sekolah, padahal
telah mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh. Bahkan ditambah belajar
tambahan di rumah, tapi hasilnya tetap kurang memuaskan. Sehingga siswa
terkesan lambat melakukan tugas yang berhubungan dengan kegiatan belajar.
Akibatnya, siswa yang mengalami kesulitan belajar mereka tampak cemas, pemalas, mudah putus asa, acuh tak acuh, terkadang disertai sikap menentangContoh Skripsi
orang tua, guru, atau siapa saja yang mengarahkan pada proses belajar.1
Fenomena kesulitan belajar yang dialami siswa biasanya tampak jelas dari
menurunnya prestasi akademik atau prestasi belajarnya. Selain prestasi akademik,
kesulitan belajar juga dapat dilihat dari perilakunya, diantarnya seperti pemalas,
mudah putus asa dan lain sebagainya. Ada dua sumber utama siswa mengalami
kesulitan belajar, yaitu berasal dari dirinya sendiri dan dari luar diri siswa. Dari
dalam diri siswa bisa berupa gangguan otak, gangguan panca indra, cacat fisik
dan gangguan psikis. Sedangkan penyebab dari luar siswa berupa keadaan
keluarga, sarana dan prasarana sekolah, dan kondisi sosial masyarakat.2
Untuk mencegah dan mengatasi sebab-sebab kesulitan belajar siswa,
perlu kerjasama antara siswa, orang tua dan sekolah. Bagi guru, banyak alternatif
yang dapat diambil dalam mengatasi kesulitan belajar siswanya, seperti
mengadakan remedial teaching (pengajaran perbaikan). Pengajaran remedial
bertujuan untuk memperbaiki sebagaian atau seluruh kesulitan belajar yang
dialami siswa melalui perbaiakan keseluruhan proses pembelajaran dan
kepribadian siswa. Dengan demikian, gejala sekecil apapun dicari solusinya yang
tepat. Sehingga., penyebab kesulitan belajar siswa bisa ditelusuri oleh guru
hingga kemudian dilakukan perbaikan.
Di SMA Negeri 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk, proses belajar setiap
individu tidak dapat selalu berlangsung secara wajar, kadang individu belajar
secara lancar, kadang tidak. Siswa mengalami hambatan belajar, adakalanya
siswa dapat belajar dengan cepat dan menangkap apa yang akan dipelajari,
kadang terasa amat sulit. Sehingga siswa sulit meraih prestasi dasar di sekolah,
padahal telah mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh. Bahkan ditambah
belajar tambahan di rumah, tapi hasilnya tetap kurang memuaskan.
Berdasarkan paparan latar belakang diatas, maka penulis akan
mengadakan penelitian dengan judul “Penerapan Pengajaran Remedial Dalam
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kec. Kertosono Kab.
Nganjuk.”

 
B. RUMUSAN MASALAH
Dari ulasan latar belakang masalah tersebut di atas, penulis mengambil
beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kec. Kertosono Kab.
Nganjuk?
2. Apa kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri 1 Kec.
Kertosono Kab. Nganjuk ?
3. Bagaimana penerapan pengajaran remedial di SMA Negeri 1 Kec.
Kertosono Kab. Nganjuk dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa?

=================================== 
DAPATKAN FILE nya Dengan menghubungi admin
Anda dapat memiliki word/file aslinya
Silahkan download file aslinya setelah menghubungi admin….. klik disini
 Hanya mengganti biaya administrasi pengelolaan webite sebesar,  50.000,- MURAH Meriah
                                                     Anda tidak repot lagi mencari referensi.
                                                     Di jamin asli.contohmakalah
winrar sortware: 
http://www.ziddu.com/download/17271885/wrar390.exe.html



Penting untuk di ingat pada seluruh visitor, bahwa semua file yang ada di blog ini tidak murni milik kami, untuk itu dalam mengambil data dari file tersebut harus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang baku, mohon di jadikan referensi. Admin tidak mendukung aksi plagiatisme dan jika ada plagiatisme, itu bukan tanggung jawab kami. Kepada semua pemilik file yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat. Dan kesuksesan selalu bersama Mu. contohmakalah

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet