SILAHKAN GUNAKAN FASILITAS "SEARCH" pojok kanan atas
untuk mencari judul skripsi yang di inginkan

pemesanan => Hub: 0857-351-08864

Friday, October 18, 2013

Penulis : -
Kode     :157
Judul     :  Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 13 Malang
 -------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah


Matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu
contoh adalah perhitungan pada transaksi jual beli dipasar sampai penghitungan
bahasa mesin pada komputer, dari hal-hal yang sangat sederhana sampai pada
hal-hal yang sangat kompleks. Matematika berperan sangat penting dalam
persiapan untuk memberikan bekal agar dapat berfungsi secara efektif dalam
jaman  teknologi  pada  setiap  aspek  kehidupan  bersama.  Kurikulum
pembelajaran matematika di sekolah mengatakan bahwa tujuan diberikannya
pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa sanggup menghadapi
perubahan keadaan di dalam masyarakat yang selalu berkembang melalui
latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat,
jujur, efisien dan efektif.
Menurut Hudojo (1988 : 1) matematika merupakan disiplin ilmu yang
mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Salah satu
kekhasannya  adalah  bersifat  abstrak,  deduktif  dan  aksiomatik.  Karena
kekhasannya tersebut, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam belajar
matematika,  padahal  matematika  mempunyai  peranan  penting  dalam
pengembangan IPTEK. Menurut Hudojo (1994 : 2) matematika merupakan
pengetahuan yang ensensial sebagai dasar untuk bekerja seumur hidup dalam
eraglobalisasi. Dengan demikian, penguasaan tertentu terhadap matematika
diperlukan bagi siswa sebagai bekal mamasuki abad globalisasi.



1



2
Persepsi merupakan proses  yang menyangkut  masuknya  pesan atau
informasi ke dalam otaknya, sehingga manusia dapat mengadakan interaksi
dengan lingkungan melalui panca indranya
(Slameto, 1995 :102). Perespsi
merupakan  soal  bagaimana  individu  melihat  lingkungan  sesuai  dengan
kepentingan atau sudut pandangnya sendiri hal itu penting atau tidak.Proses
tersebut   terjadi saat indera   manusia   menangkap   stimulus   dan
mengasimilasikannya dengan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.Dari beberapa perbedaan pengetahuan yang dimiliki oleh beberapa individu tersebut maka muncul suatu  persepsi yang    berbeda  dari setiap  individu tentang memaknai matematika.
Setiap guru memahami bahwa tidak semua siswa dapat mempelajari apa-
apa yang ingin dicapai oleh setiap guru. Pembelajaran individual bukanlah
semata-mata  pembelajaran  yang  hanya  ditujukan  kepada  seorang  saja,
melainkan dapat ditujukan kepada sekelompok siswa atau kelas, namun dengan
mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan siswa, sehingga pembelajaran itu
memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing siswa secara optimal.
Dalam pembahasan tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil
belajar siswa di sekolah terdapat karakteristik siswa berhubungan dengan
perilaku belajarnya di kelas. Yang dimaksud dengan perilaku belajar di kelas
adalah segala aktifitas siswa di kelas yang ada kaitannya dengan pembelajaran,
misalnya, memperhatikan (mendengarkan dan menyimak ) penjelasan guru,
membaca materi pelajaran, mencatat penjelasan guru, mengajukan pertanyaan
dan  melakukan diskusi kelas.  Slameto (1995 : 103)  menyatakan  bahwa,
karakteristik siswa meliputi berbagai hal, misal inteligensi, bakat, motivasi,
kelas sosial, tingkat aspirasi, persepsi dan sikap. Tinggi atau rendahnya hasil



3
belajar  siswa  dan positif atau negatifnya  perilaku  belajar  siswa  di  kelas
berkaitan dengan karakteristik siswa tersebut. Dengan demikian rendahnya hasil
belajar siswa dan banyaknya kejadian perilaku negatif siswa ketika belajar di
kelas. Misalnya, membolos, tidak membuat tugas, dan tidak mendengarkan
penjelasan guru, ada kaitannya dengan karakteristik siswa, salah satunya adalah
persepsi.
Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan diatas maka perlu kiranya diteliti masalah “ Pengaruh persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar matematika”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, rumusan masalah yang diambil adalah :
1. Bagaimana persepsi siswa tentang matematika di SMP Muhammadiyah I
    
Malang?
2. Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang matematika  dengan hasil
    
belajar matematika di SMP Muhammadiyah I Malang ?

No comments:

Post a Comment

1

2










                 KLIK

translet